Cara Memperbaiki Lampu Flash HP yang Mati

Bagaimana cara memperbaiki lampu flash HP yang mati? Fitur lain dari HP yang paling banyak digunakan oleh pengguna adalah kamera. HP sekarang selalu identik dengan perangkat kamera yang bisa dibawa dengan mudah. Jadi Anda bisa mengambil potret kapan pun dan di mana pun sesuka hati. Jangan salah karena kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera HP tidak kalah dengan kamera digital hingga kamera profesional.

Hal ini tidak terlepas dari adanya lampu flash yang melengkapi fungsi kamera HP tersebut. Dengan adanya lampu flash tersebut, Anda bisa menghasilkan foto yang mempunyai kualitas lebih baik pada saat kondisi cuaca sedang gelap atau malam hari. Lampu flash ini akan menyala sesaat sebelum sistem di kamera HP mengambil foto. Hasilnya adalah foto yang tercipta tampak lebih terang daripada kondisi sebenarnya.

memperbaiki-lampu-flash-hp.jpg

Oleh karena itu, lampu flash merupakan fitur yang sangat penting untuk mendukung fungsi kamera HP. Sayangnya lampu ini bisa mati sehingga tidak dapat bekerja lagi. Setidaknya terdapat dua faktor yang menyebabkan lampu flash mati, di antaranya :

Penyebab I. Lampu Flash sudah Mati Total

Anda harus menyadari kalau semua perangkat di dunia ini bisa mengalami kerusakan. Semuanya memiliki batas masa pakai, di mana ketika masa pakainya sudah habis maka perangkat tersebut pasti mati total. Tidak terkecuali pula dengan lampu flash di HP Anda. Lampu flash tersebut bisa benar-benar mengalami kerusakan sehingga menyebabkan tidak dapat berfungsi lagi. Satu-satunya jalan keluar untuk mengatasi masalah ini yaitu mengganti lampu flash yang rusak dengan lampu baru.

Penyebab II. Lampu Flash Tidak Mendapatkan Listrik

Untuk dapat bekerja, lampu flash di ponsel membutuhkan energi listrik yang sesuai dengan kebutuhannya. Listrik tadi akan mengaktifkan lampu flash sehingga bisa menyala pada saat diperlukan. Apabila lampu flash tidak mendapatkan listrik sesuai dengan yang dibutuhkannya, dijamin lampu ini tidak akan menyala. Tanpa energi listrik yang diperlukannya, lampu tersebut tidak akan menyala walaupun sebenarnya masih berfungsi.

Ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk memastikan bahwa lampu flash benar-benar mati atau tidak. Caranya adalah Anda bisa menyalakan lampu flash melalui menu kamera di HP. Coba juga mengaktifkan lampu flash dengan menyalakan fitur senter yang ada. Jika lampu flash tidak kunjung menyala juga artinya lampu tersebut memang sudah rusak. Kerusakannya bisa terjadi karena lampu tersebut mati atau pengaturan yang salah.

Ikuti solusi berikut ini untuk memperbaikinya!

  1. Hapus Cache Perangkat Kamera

Kamera HP juga menghasilkan cache di setiap operasionalnya. Lama-kelamaan jumlah cache tersebut akan bertambah semakin banyak sehingga dapat mengakibatkan salah satu fitur kamera tidak berfungsi. Hal ini terjadi lantaran kamera mengalami hang atau tidak responsif lagi. Solusinya Anda bisa mencoba menghapus cache kamera melalui menu pengaturan. Hapuslah cache ini secara berkala untuk menjaga fungsi semua fitur yang melengkapi kamera tersebut.

  1. Hapus Aplikasi yang Memakai Flash

Silakan Anda bisa mencoba semua aplikasi yang menggunakan lampu flash untuk mendukung fungsinya, kecuali aplikasi kamera bawaan. Hapus aplikasi-aplikasi tersebut melalui menu pengaturan. Selanjutnya Anda bisa melakukan restart HP untuk menyegarkan sistem operasinya. Setelah HP dalam kondisi siaga, Anda bisa membuka menu kamera dan mengaktifkan lampu flashnya. Seharusnya cara ini dapat mengatasi masalah lampu flash yang mati.

  1. Ganti Lampu Flash yang Baru

Jika Anda sudah mencoba semua solusi di atas tetapi lampu flash kamera masih tetap mati, hal ini menandakan kalau lampu flash tersebut sudah mati total. Tidak ada solusi lain yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki lampu flash yang mati total. Satu-satunya jalan keluar yang bisa ditempuh ialah Anda bisa melepas lampu flash yang telah rusak tadi, kemudian memasang lampu flash baru. Pastikan spesifikasi lampu flash pengganti sama dengan lampu flash yang lama.