Cara Memperbaiki Speaker HP yang Terkena Air

Sebagai perangkat elektronik, handphone sama sekali tak boleh terkena air. Bahkan setetes air pun harus dijaga agar tidak sampai mengenai perangkat ini. Mengapa? Air dapat menyebabkan korsleting listrik pada handphone. HP Anda akan langsung rusak apabila tercebur ke dalam air. Sedangkan jika hanya terkena air sedikit saja, mungkin hanya komponen-komponen tertentu saja yang akan mengalami masalah. Speaker misalnya.

Yap, speaker HP biasanya akan bermasalah apabila sampai terkena air. Gejala-gejala awalnya yaitu speaker tersebut mengeluarkan bunyi kresek-kresek saat kita sedang menelepon atau memutar lagu. Bunyi ini akan terlihat semakin jelas manakala kita menaikkan volume speaker ke tingkat yang paling maksimal. Beberapa pengaturan speaker juga tidak bisa berfungsi lagi. Bahkan jika kondisinya sudah parah, speaker tidak dapat berbunyi sama sekali.

speaker-hp-terkena-air.jpg

Ada baiknya saat handphone terkena cipratan air, Anda segera mematikannya supaya tidak terjadi korsleting listrik pada komponen-komponen di dalamnya. Barulah kemudian Anda bisa melakukan langkah-langkah di bawah untuk mengantisipasi terjadinya masalah yang serius!

  1. Jemurlah di Bawah Sinar Matahari

Sebenarnya ada cara mudah untuk mengatasi speaker handphone yang terkena air. Apakah itu? Tidak lain yaitu Anda hanya perlu menjemurnya saja. Proses penjemuran akan mengeringkan kondisi HP sehingga bebas dari air. Sebelumnya, Anda perlu melepas semua bagian HP yang dapat dilepaskan. Jemurlah ponsel di tempat yang terbuka agar terkena sinar matahari secara langsung. Usahakan posisi hadap layar terbalik supaya tidak rusak akibat terkena sinar ultraviolet terlalu lama.

  1. Masukkan ke Dalam Tumpukan Beras

Jika kebetulan kondisi cuaca sedang turun hujan atau Anda harus segera pergi ke suatu tempat sehingga tidak mungkin bisa menjemur ponsel yang baru terkena air tersebut, maka Anda bisa mengambil jalan alternatifnya. Cobalah masukkan ponsel yang basah ini ke dalam tumpukan beras. Usahakan semua bagian handphone Anda terkubur oleh beras. Perlu Anda ketahui, beras memiliki kemampuan menyerap kelembaban. Diharapkan HP Anda akan mengering setelah dikubur memakai beras.

  1. Keringkan Menggunakan Kipas

Masalah speaker yang terkena air kemudian rusak juga bisa diatasi menggunakan kipas angin. Anda bisa menggunakan kipas angin biasa atau mini. Dengan kemampuan yang dimilikinya, kipas tersebut akan menghembuskan angin yang cukup kencang tepat ke arah HP sehingga kondisinya menjadi kering. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, Anda bisa membongkar casing HP terlebih dahulu. Biarkan speaker HP tersebut terkena angin dari kipas selama 1-2 jam.

  1. Bersihkan Speaker dari Kotoran

Kondisi speaker yang terkena air pasti akan menjadi basah. Akibatnya speaker yang basah ini mudah sekali ditempeli kotoran. Khususnya partikel-partikel debu dengan mudah akan menempel di permukaan speaker ini. Tentu saja keberadaan kotoran tersebut dapat mengurangi performa speaker dan merusak suara yang dihasilkannya. Anda perlu membersihkan speaker HP. Bagaimana caranya? Gunakan cotton bud serta jarum peniti/klip kertas untuk mengangkat kotoran dari speaker.

  1. Gantilah Speaker Handphone

Jika Anda sudah menerapkan solusi-solusi di atas, tetapi performa speaker yang baru saja terkena air tidak pulih kembali, maka tandanya kondisi speaker tersebut sudah rusak. Anda tidak bisa memperbaiki speaker tersebut karena ukurannya kecil sekali. Satu-satunya jalan keluar yang dapat diambil yaitu menggantinya dengan speaker yang baru. Gunakan produk speaker yang orisinal sehingga kualitasnya terjamin bagus.