Cara Memperbaiki Suara Speaker HP yang Kecil

Bagaimana cara memperbaiki suara speaker HP yang kecil? Anda mungkin saat ini tengah mengalami masalah tersebut? Sebelum kami beritahukan solusinya, coba deh Anda ingat-ingat lagi apakah kegiatan yang terakhir kali Anda lakukan dengan HP tersebut sebelum speakernya rusak? Hal ini penting sekali untuk diketahui sebab kemungkinan besar masalah tersebut timbul karena kesalahan Anda sendiri. Contohnya melakukan uprade sistem operasi atau menginstal aplikasi-aplikasi tertentu juga dapat membuat suara speaker mengecil.

Semua pemilik HP tentunya menginginkan ponsel yang dimilikinya mempunyai performa yang gahar. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, muncul masalah-masalah baru pada HP tadi. Salah satunya yaitu suara speaker hp yang tiba-tiba mengecil tanpa suatu alasan yang jelas. Lantas Anda pun mencoba menambah volumenya, tetapi HP tersebut tetap mengeluarkan suara yang kecil. Bahkan ketika Anda berusaha mengubah tingkat volume ke posisi yang paling tinggi, HP masih mengeluarkan suara yang kecil, tidak seperti masih baru.

speaker-hp-menjadi-kecil.jpg

Di bawah ini solusi-solusi untuk memperbaiki suara speaker HP yang kecil, antara lain :

  1. Periksa sekali lagi untuk memastikan bahwa posisi volume HP sudah berada di tingkat yang paling besar. Kemudian cek di menu pengaturan guna memastikan setelan suara untuk telepon, media, dan notifikasi sudah diatur pada posisi maksimal. Pastikan pula tombol volume tersebut masih berfungsi normal.
  2. Cobalah padamkan HP Anda dengan menekan tombol power off. Setelah itu, cabut seluruh perangkat tambahan yang terpasang di HP tersebut seperti baterai, kartu SIM, dan kartu memori eksternal. Diamkan ponsel selama 1-3 jam. Lalu coba nyalakan kembali. Cek apakah suaranya sudah kembali normal atau belum.
  3. Lakukan proses pembersihan cache yang tersimpan di dalam memori internal HP Anda. Caranya masuklah ke dalam menu Setting lalu Application Manager. Berikutnya bersihkan cache yang tersimpan di aplikasi-aplikasi tersebut satu per satu. File cache yang terlalu banyak akan membebani HP sehingga fungsinya tidak normal.
  4. Apabila Anda sebelumnya melakukan root terhadap HP, cobalah melakukan unroot. Hal ini disebabkan proses rooting juga dapat mengakibatkan performa salah satu komponen HP berkurang. Tidak menutup kemungkinan pula speaker HP menjadi rusak akibat Anda salah dalam melakukan root HP.
  5. Factory reset pun dapat dijadikan solusi untuk memulihkan kembali performa speaker HP Anda. Factory reset akan mengembalikan kondisi ponsel benar-benar seperti baru lagi. Semua sistem yang ada di dalam HP tersebut kembali pulih seperti sedia kala dengan settingan bawaan pabrik.
  6. Speaker yang mengeluarkan suara kecil mungkin juga disebabkan rusaknya speaker tersebut. Untuk memeriksanya, silakan Anda bisa mengecek menggunakan headphone atau earphone. Pasanglah perangkat ini pada HP, lalu coba dengarkan suaranya. Bila suara yang keluar dari headphone/earphone norma artinya speaker rusak.
  7. HP dengan merek lokal biasanya kerap mengalami kerusakan tanpa sebab. Misalnya suara speaker yang tiba-tiba kecil ketika Anda melakukan sambungan telepon, tetapi saat memutar musik suaranya kembali normal. Jika beruntung, Anda bisa mengatasi hanya dengan memasak earphone namun suara tetap dialihkan ke speaker.