Cara Mencegah Baterai HP Menggelembung

HP menggunakan baterai sebagai sumber energinya. Di dalam baterai terdapat energi kimia yang bisa diubah menjadi energi listrik oleh komponen elektronik pada HP. Saat ini semua HP menggunakan baterai yang bisa diisi ulang sel-sel elektrolit di dalamnya. Hal ini memungkinkan baterai tersebut bisa digunakan berulang-ulang kali. Jika energi di dalam baterai sudah habis, Anda tinggal mengisinya kembali menggunakan charger listrik.

Baterai yang dayanya bisa diisi lagi membuat kita dapat menggunakannya berulang-ulang kali. Tetapi kita sebagai pengguna pun harus merawatnya dengan baik supaya baterai tadi tidak cepat mengalami kerusakan. Tak jarang ditemukan kasus yaitu baterai yang menggelembung atau hamil akibat penggunanya lalai dalam merawat baterai. Pengguna melakukan proses charging secara asal-asalan sehingga mengakibatkan sel-sel di dalam baterai rusak.

cara-merawat-baterai-hp.jpg

Baterai yang menggelembung merupakan salah satu pertanda rusaknya baterai tersebut. Hal ini biasanya akan diikuti dengan gejala ngedrop yaitu daya listrik pada baterai akan cepat sekali habis. Agar kondisi buruk ini tidak terjadi, Anda bisa merawat baterai HP dengan cara berikut!

  1. Isi Daya Baterai dengan Benar

Baterai harus diisi kembali dayanya menggunakan charger. Proses ini sebenarnya sangat sederhana, tetapi banyak orang yang melakukan kesalahan saat menge-charge baterai. Proses yang benar adalah silakan Anda pasang charger pada stop kontak terlebih dahulu, barulah kemudian pasang kabel USB ke konektor HP. Usahakan HP dalam kondisi padam. Selanjutnya Anda tinggal menunggu sampai baterai terisi penuh.

  1. Hindari Memakai Charger Palsu

Kenyataannya produk charger yang beredar di pasaran ada yang asli dan palsu. Tentu saja harga produk charger palsu jauh lebih murah dibandingkan dengan charger asli. Biasanya charger palsu ini dibanderol mulai dari harga Rp 20 ribuan. Sayangnya meski banyak pengguna yang sudah tahu risiko memakai charger palsu, tidak sedikit yang masih tetap memilihnya karena tergoda dengan harga yang murah. Kalau bisa hindari memakai charger palsu sebab energi yang dihasilkan tidak sesuai dengan spesifikasi.

  1. Charging dalam Waktu yang Tepat

Proses charging membutuhkan waktu yang cukup lama. Baterai baru membutuhkan waktu charging sekitar 2-3 jam. Bagi pengguna yang tidak sabar, tentu waktu tunggu ini akan terasa sangat lama. Akibatnya mereka biasa mencabut charger meskipun baterai sudah terisi penuh. Mulai sekarang hindari kebiasaan buruk ini. Anda harus menunggu proses charging sampai kapasitasnya terisi 100 persen. Setelah baterai terisi penuh, Anda juga harus segera melepaskan charger.

  1. Jangan Memakai HP saat Dicharging

Kebiasaan buruk lainnya yang sering dilakukan oleh pengguna yang memiliki watak tidak sabar adalah menggunakan HP ketika sedang diisi ulang baterainya. Hal ini membuat daya listrik yang sudah masuk ke dalam HP akan keluar lagi dengan cepat. Akibatnya sel-sel elektrolit di dalam baterai yang menjadi taruhannya. Hindarilah kebiasaan menggunakan HP ketika sedang di-charging baterainya, meski Anda hanya sekadar mengecek notifikasi sekalipun.

  1. Lakukan Charging saat Tinggal Sedikit

Waktu yang paling tepat untuk melakukan proses charging adalah ketika kapasitas baterai tersebut tinggal sedikit berkisar antara 30-35 persen. Hindari menggunakan HP saat kapasitasnya sudah berada di bawah 20 persen. Sebisa mungkin Anda juga harus menghindari melakukan proses charging manakala kapasitas baterai masih cukup banyak. Semakin sering Anda mengisi ulang daya baterai tersebut, maka semakin cepat pula baterai tadi akan mengalami kerusakan.

  1. Hindari Menggunakan Power Bank

Menurut kami power bank merupakan salah satu penyebab kerusakan baterai. Apalagi jika Anda menggunakan power bank yang bukan asli. Mengapa demikian? Sama seperti poin keempat di atas, kebanyakan orang tetap menggunakan HP saat sedang dicharge memakai power bank. Akibatnya sel-sel di dalam baterai tersebut pun cepat mengalami kerusakan. Jadi kalau bisa minimalkan penggunaan Anda terhadap power bank. Lebih baik bawalah charger asli karena sekarang sudah banyak fasilitas umum yang menyediakan stop kontak listrik gratis.