Cara Mengatasi HP Android yang Sering Restart Sendiri

Bagaimana cara mengatasi HP android yang sering restart sendiri? Masalah ini pada dasarnya terjadi lantaran RAM terlalu sibuk sehingga tidak mampu melakukan operasi-operasi yang diperintahkan oleh user. Akhirnya sistem pun mengambil jalan tengahnya yaitu mengosongkan kapasitas memori di dalam RAM. Solusi yang diambil oleh sistem tersebut ialah menyegarkan kembali perangkat dengan melakukan restart.

Penyebab RAM terlalu sibuk yang paling utama adalah kapasitas penyimpanan yang dimilikinya cukup kecil sehingga antrean data-data yang harus diprosesnya begitu padat. Jumlah data tersebut akan semakin bertambah manakala user tidak mau menunggu proses yang dilakukan oleh RAM. User terus mengotak-atik HP androidnya yang justru mengakibatkan penambahan antrean data yang mesti diproses oleh RAM.

hp-android-sering-restart.jpg

Penyebab lainnya adalah sistem operasi yang mengalami kesalahan. Ini biasanya terjadi ketika Anda melakukan rooting untuk membuka hak akses administrator di Android OS. Anda lantas mengikuti tutorial yang ada di internet untuk memodifikasi tampilan HP tanpa mengetahui pasti apakah fungsi sebenarnya dari perintah yang Anda coba. Hingga pada akhirnya ada sistem yang tidak berjalan dengan semestinya karena sudah Anda rubah.

Faktor hardware juga bisa menjadi pemicu HP android Anda sering restart sendiri. Contohnya kerusakan yang terjadi pada ROM, memori eksternal, atau perangkat kamera. Akibat dari kerusakan ini, sistem pun tidak bisa mengakses perangkat keras tersebut. Kalau dipaksakan, sistem pun akan berhenti beroperasi dan mengalami hang. Satu-satunya jalan keluar yang bisa diambil oleh sistem tersebut adalah melakukan restart sendiri.

Ada beberapa solusi yang bisa Anda coba untuk mengatasi HP yang mengalami masalah seperti ini. Di antaranya yaitu :

  1. Biarkan HP Beristirahat

Apabila HP android dilengkapi dengan baterai yang berjenis removal, silakan cabut baterai tersebut untuk sementara waktu. Jika perlu, lepaskan juga memori eksternal dari slotnya. Biarkan HP beristirahat selama 3-5 menit. Kemudian pasang baterai dan memori eksternal HP ke tempatnya semula. Lalu coba nyalakan HP android Anda dan perhatikan hasilnya.

  1. Bersihkan Cache dan Data

Bisa jadi HP Anda sering restart karena kapasitas penyimpan di bagian ROM sudah terlalu penuh. Oleh sebab itu, disarankan melakukan pembersihan cache secara berkala. Caranya masuk settings, lalu applications, lalu all, lalu klik aplikasi yang ingin dibersihkan dengan menekan clear cache dan clear data. Namun sebelum melakukan pembersihan ini, Anda harus mencatat username dan password aplikasi ya biar tidak lupa.

  1. Update Aplikasi Terbaru

Pengembang aplikasi juga manusia biasa yang dapat melakukan kesalahan. Salah satu dampak yang paling sering terjadi ialah aplikasi tidak berjalan secara efektif. Aplikasi tersebut terlalu banyak menghabiskan memori di RAM dan meninggalkan file sampah di ROM. Itu sebabnya, kami sarankan Anda melakukan update aplikasi ke versi terbaru  melalui Play Store jika sudah tersedia.

  1. Hapus Aplikasi Tidak Berguna

Anda harus bisa membedakan mana aplikasi yang Anda butuhkan dan mana pula yang tidak diperlukan. Anda tidak benar-benar membutuhkan suatu aplikasi manakala aplikasi tersebut tidak pernah dibuka dalam kurun waktu 3 hari terakhir. Lebih baik hapus saja aplikasi tersebut untuk membuat kapasitas penyimpanan di HP menjadi lega. Salah satu contoh aplikasi yang tidak berguna adalah aplikasi penghemat baterai.

  1. Gantilah Memori Eksternal

Apakah HP Anda sering melakukan restart sendiri ketika Anda mencoba untuk mengakses file-file yang tersimpan di dalam memori eksternal? Jika iya, maka kemungkinan besar kartu memori eksternal yang menjadi penyebabnya. Mungkin saja kartu tersebut sudah rusak, mengalami korsleting, atau tidak sesuai dengan HP Anda. Solusinya cuma satu yakni mengganti kartu memori eksternal dengan yang baru.

  1. Lakukan Partisi Wipe Cache

Sebelumnya kami peringatkan bahwa ini merupakan langkah advance sehingga boleh dikerjakan apabila Anda sudah mengerti betul apa itu sistem operasi android. Untuk melakukan partisi wipe cache, Anda harus masuk ke recovery mode terlebih dahulu. Kemudian pilih opsi wipe cache partition. Langkah ini akan menghapus seluruh cache dan file tersembunyi yang tersimpan di HP.

  1. Coba Hard Reset HP

Sama seperti tips keenam, hard reset juga termasuk solusi tingkat advance. Jadi Anda harus tahu betul bagaimana Android OS bekerja sebelum mencobanya. Kesalahan dalam melakukan hard reset dapat mengakibatkan HP mati total. Adapun cara hard reset HP android dimulai dengan masuk ke recovery mode. Setelah itu, pilih opsi wipe data/factory reset. Tunggu sebentar sampai sistem berhasil melakukan hard reset. Terakhir Anda tinggal memilih opsi reboot system now.