Cara Mengatasi HP Kena Air biar Tidak Rusak

Bagaimana cara mengatasi HP kena air biar tidak rusak? HP merupakan salah satu perangkat yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan kita sehari-hari. HP akan memudahkan kita dalam menghubungi dan berkomunikasi dengan orang lain. Oleh sebab itu, kita biasa membawa HP ke mana pun kita pergi. Saat bekerja, hangout bareng teman-teman, sedang makan, atau sekadar nongkrong, HP selalu berada di samping kita. Bahkan saat mandi atau berenang di kolam pun perangkat selular ini terus dibawa.

Apabila HP Anda tiba-tiba terkena air atau masuk ke dalam air secara tidak sengaja, maka Anda harus mengambilnya secepat mungkin. Setelah itu copot semua perangkat yang dapat dilepaskan dengan mudah seperti baterai, kartu SIM, dan kartu memori eksternal. Kemudian Anda bisa menggoyang-goyangkan HP tersebut untuk membantu mengeluarkan air dari dalam casing. Kibas-kibaskan HP selama beberapa kali dengan gerakan yang kuat untuk memastikan semua air sudah keluar.

cara-mengatasi-hp-kena-air.jpg

Setelah semua upaya di atas telah Anda lakukan, selanjutnya Anda bisa meneruskannya dengan langkah-langkah di bawah ini!

  1. Bukalah casing HP terlebih dahulu menggunakan toolkit yang sesuai. Kemudian lepaskan bagian mainboard ponsel dengan membuka semua murnya. Lalu keringkan permukaan HP tersebut memakai kertas tisu. Gosok terus sampai seluruh bagian HP kembali kering. Anda juga bisa menggunakan kipas angin atau hairdryer untuk membantu mengeringkannya. Setelah itu, cobalah pasang kembali komponen-komponen HP seperti semula. Dengan membaca basmallah, silakan Anda nyalakan HP. Biasanya solusi ini cukup ampuh mengatasi HP yang kena air.
  2. Apabila trik di atas tidak berhasil, Anda masih bisa mencoba solusi lain. Caranya yaitu bungkuslah HP memakai kertas koran sampai tertutup rapat. Kemudian jemur di bawah terik sinar matahari. Biasanya dibutuhkan waktu seharian penuh agar komponen-komponen di dalam HP bisa mengering dengan sempurna. Sinar matahari diharapkan dapat memicu penguapan air yang mungkin masuk di dalam HP. Kemudian air tadi akan diserap oleh kertas koran yang juga membantu penguapan. Diharapkan dengan keringnya HP Anda maka bisa menyala kembali.
  3. Jika kebetulan HP Anda terkena air saat malam hari atau ketika kondisi cuaca sedang hujan, secara praktis Anda pun tidak mungkin menjemurnya. Sebagai langkah alternatif, Anda bisa mengubur HP yang basah tadi ke dalam beras. Anda cukup menggali lubang di tumpukan beras, lalu masukkan HP ke dalamnya. Setelah itu timbun kembali HP dengan bulir-bulir beras sampai tertutup penuh. Perlu Anda ketahui, beras memiliki sifat higroskopis yang membuatnya mampu menyerap air di dalam ponsel sehingga HP Anda bisa mengering dengan cepat.
  4. Selain trik-trik di atas, Anda juga masih bisa memperbaiki HP yang kena air dengan trik berikut ini. Anda hanya perlu memasukkan ponsel tersebut ke dalam kantung plastik. Lalu tambahkan silica gel sebanyak mungkin ke dalam kantung plastik tadi. Berikutnya tinggal ikat saja kantung plastik tersebut agar terbungkus rapat. Kemampuan silica gel ini sangat hebat dalam menyerap uap air sehingga dapat mengeringkan HP dalam waktu yang sangat singkat. Silakan Anda aktifkan kembali HP setelah dirasa kondisinya sudah kering sempurna.