Cara Mengatasi HP Oppo yang Cepat Panas dengan Mudah

Smartphone kini menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi manusia. Berkat ponsel pintar ini, kita bisa melakukan percakapan dari jarak yang jauh serta fungsi-fungsi lain yang jauh lebih kompleks ketimbang perangkat telepon tradisional. Naiknya kebutuhan masyarakat akan smartphone mendorong para pebisnis untuk memproduksinya. Salah satunya yaitu Oppo yang merupakan pabrikan telepon asal China. Kini Oppot telah berhasil menjadi salah satu merek smartphone terbaik di Indonesia.

Smartphone merek Oppo dikenal memiliki harga yang ramah di kantung. Harga smartphone ini tak segila iPhone yang harganya begitu mahal. Walaupun smartphone Oppo dibanderol dengan harga yang murah, tetapi produk ini bukanlah smartphone murahan. Kenyataannya smartphone buatan Oppo ini memiliki spesifikasi dan fitur yang tidak kalah canggihnya dengan produk-produk smartphone premium. Sehingga Oppo bisa menjadi salah satu alternatif pilihan yang tepat jika Anda ingin membeli HP baru.

hp-oppo-cepat-panas.jpg

Tapi sayangnya pengguna HP Oppo sering mengeluh perangkat smartphone miliknya cepat panas. Ketika baru saja digunakan, smartphone tersebut tiba-tiba memanas begitu cepat. Apa sih penyebab masalah ini bisa terjadi? Bagaimana pula solusi untuk mengatasinya?

Lepaskan Case Smartphone

Jika HP Anda dilengkapi dengan case tambahan, maka bisa jadi faktor yang menyebabkannya memanas dengan cepat ialah case tersebut. Pemasangan case memang dapat membuat penampilan HP nampak lebih menarik. Case ini juga bisa melindungi smartphone bila suatu saat terjatuh secara tidak sengaja. Namun di sisi lain, case ini dapat menghambat sirkulasi udara di ponsel, terutama kalau Anda memakai softcase. HP pun menjadi cepat panas karena panas yang dihasilkannya tidak tersalurkan dengan baik serta tidak diredam. Cobalah Anda melepaskan case tersebut agar suhunya tidak tertahan.

Padamkan Fitur Tidak Perlu

Smartphone mempunyai fungsi yang sangat kompleks. Untuk mendukung fungsi-fungsi ini, smartphone pun ditanami dengan berbagai fitur yang jumlah banyak sekali. Tetapi sebagai pengguna HP biasa, Anda hanya membutuhkan sebagian kecil dari fitur tersebut. Maka lebih baik Anda padamkan saja fitur yang tidak diperlukan daripada cuma membebani kinerja ponsel. Contohnya seperti fitur bluetooth, WiFi, GPS, sinkronisasi, mobile data, dan mobile hotspot. Aktifkan fitur-fitur ini hanya saat akan digunakan saja. Kemudian setelah selesai, Anda harus segera mematikannya.

Aktifkan Mode Penghematan

Jangan sia-siakan fitur yang telah dibuat oleh Oppo agar pengguna bisa menghemat pemakaian baterai pada smartphone miliknya. Anda dapat mengaktifkan mode penghematan daya pada baterai tersebut agar kinerjanya lebih ringan sehingga kondisinya tidak cepat memanas. Anda bisa mengaktifkan mode ini melalui menu Pengaturan lalu pilih Perlindungan Konsumsi Daya Cerdas. Setelah itu, pilihlah Hemat Baterai Kostum atau Perlindungan Konsumsi Daya Sesuaian. Silakan pilih Penghemat Daya atau Pengoptimalan Baterai untuk menyalakan mode hemat ini.

Istirahatkan Smartphone Dulu

Wajar sekali bila smartphone tiba-tiba menjadi panas dengan cepat sekali ketika Anda menggunakannya untuk melakukan suatu pekerjaan yang berat. Misalnya yaitu mendownload file yang ukurannya besar, melakukan streaming video, bermain game online, melakukan video call, dan lain-lain. Merupakan suatu kewajaran apabila HP Oppo milik Anda cepat panas kalau Anda menggunakannya untuk tugas-tugas tersebut. Satu-satunya jalan keluar untuk mengatasinya yaitu berhentilah dulu menjalankan pekerjaan ini. Lantas istirahatkan HP Anda selama beberapa saat.

Pastikan Sinyalnya Stabil

Sinyal yang buruk juga bisa mengakibatkan suatu smartphone memanas dengan cepat. Di jaringan yang buruk dan tidak stabil, smartphone harus bekerja lebih keras lagi untuk mencari sinyal, menangkap, dan menyambung dengannya. Ponsel tersebut juga mesti meningkatkan daya pemancarnya agar tetap bisa berinteraksi dengan stasiun pemancar terdekat. Akibatnya prosesor pun mengalami kelebihan beban sehingga berdampak pada panas berlebih yang dihasilkannya. Sebaiknya Anda beralih ke mode jaringan yang lebih rendah karena biasanya lebih stabil. Contohnya dari 4G ke 3G untuk sementara waktu.

Matikan Aplikasi Tak Berguna

Anda harus pintar dalam menggunakan smartphone ya. Pasalnya smartphone ini memiliki kemampuan yang tidak terbatas. Dukungan aplikasi-aplikasi tambahan terus meningkatkan kemampuan smartphone dalam melaksanakan tugasnya. Namun Anda mesti ingat bahwa setiap Anda membuka aplikasi, maka aplikasi tersebut pasti akan membebani prosesor dan memakan memori RAM. Artinya semakin banyak aplikasi yang terbuka, maka semakin keras pula pekerjaan yang harus dilakukan oleh HP meski aplikasi tadi tidak digunakan. Sebaiknya Anda matikan saja aplikasi yang memang sedang tidak dipakai.

Lakukan Scan dengan Antivirus

Ada kemungkinan smartphone menjadi cepat panas karena disebabkan oleh serangan virus. Virus tadi memaksa sistem HP untuk terus-menerus bekerja padahal kita sedang tidak menggunakannya. Salah satu ciri-ciri HP yang terserang virus yaitu alokasi pemakaian RAM yang terlalu tinggi dan sangat tidak wajar. Meskipun HP sedang tidak digunakan, tetapi karena RAM-nya terus dipaksa bekerja oleh si virus nakal ini, maka suhu ponsel pun mengalami peningkatan yang sangat tajam. Maka wajar saja apabila HP tersebut pun cepat panas.