Cara Mengatasi HP yang Kemasukan Air

Bagaimana cara mengatasi HP yang kemasukan air? Di era modern seperti sekarang, HP sudah menjadi barang yang paling penting bagi kita semua, setelah dompet. HP memungkinkan kita tetap terhubung dengan orang-orang yang kita kenal. Fitur yang serba canggih juga membuat HP di masa sekarang bukan sekadar perangkat untuk menelepon, tetapi perangkat dengan kemampuan yang banyak sekali. Ada pemutar file multimedia yang siap menghibur Anda, kamera sebagai ajang bernarsis ria, game untuk melepas kepenatan, dan lain-lain.

Jadilah HP selalu ada di dalam saku celana atau tas yang kita bawa. Namun jika Anda tidak berhati-hati, ponsel bisa mengalami kecelakaan yang tak terduga. Misalnya HP yang sedang asyik Anda bawa tiba-tiba terjatuh di genangan air. Kondisi cuaca yang berubah secara mendadak menjadi hujan deras juga sangat berbahaya bagi kesehatan HP Anda. Komponen-komponen elektronik di dalamnya bisa mengalami korsleting akibat terkena air. Akibat yang paling buruk adalah HP tersebut akan mati total.

mengatasi-hp-kemasukan-air.jpg

Di bawah ini merupakan panduan khusus bagi Anda yang kini HP-nya basah karena kemasukan air.

  1. Jangan pernah mencoba menyalakan langsung HP yang kondisinya basah. Yang benar, Anda harus segera melepaskan baterai, kartu sim, dan kartu memori di dalamnya. Tujuannya tidak lain untuk menghindari kerusakan lebih lanjut akibat hubungan listrik arus pendek serta mengamankan data-data yang tersimpan di kartu sim dan kartu memori.
  2. Siapkan peralatan obeng lengkap yang bisa dipakai untuk melepaskan sekrup pada HP Anda. Anda dapat membeli peralatan seperti ini di www.alatperabotan.com. Lepaskan semua sekrup yang menahan posisi casing HP. Anda harus jeli sebab ukuran sekrup-sekrup ini kecil sekali. Simpanlah semua sekrup tersebut di tempat yang aman supaya tidak hilang.
  3. Cobalah mengeringkan semua bagian HP Anda menggunakan kertas tisu yang kering. Gosok permukaan part tersebut dengan hati-hati agar tidak menimbulkan goresan. Apabila Anda mempunyai hairdryer, gunakanlah untuk mempercepat proses pengeringannya. Posisikan hairdryer ini dari jarak 30 cm dari HP.
  4. Berikanlah perhatian yang lebih pada bagian LCD HP Anda. Komponen ini rentan mengalami kerusakan akibat air karena filamen di dalamnya tidak tahan terhadap kelembaban air. Jika dibiarkan basah terlalu lama, LCD tadi akan memunculkan flek hitam.
  5. Beberapa komponen penyusun HP mungkin bisa Anda jemur di bawah sinar matahari supaya kondisinya benar-benar kering. Tetapi sinar matahari yang terlalu panas juga dapat menyebabkan kerusakan semakin parah akibat radiasi yang dimilikinya. Solusi yang paling aman untuk mengeringkan komponen HP adalah merendamnya di dalam beras. Biarkan selama 6-7 jam sampai kondisinya kering sempurna.
  6. Setelah yakin semua komponen elektronik HP Anda sudah benar-benar kering, kini waktunya untuk merakitnya kembali. Pasanglah komponen-komponen tersebut dengan betul. Pastikan tidak ada satu komponen pun yang ketinggalan karena dapat menyebabkan kinerja HP menjadi tidak optimal. Barulah kemudian pasang kembali sekrup-sekrup untuk menahan posisi casing HP.
  7. Cobalah nyalakan HP Anda kembali. Jika layar bisa hidup dengan normal berarti HP Anda dalam keadaan yang baik-baik saja. Jangan lupa untuk mencoba fungsi beberapa fitur HP tersebut seperti telepon, suara, kamera, video, dan lain-lain untuk memastikan semuanya normal.