Cara Mengatasi iPhone yang Mati Total Karena Kehabisan Baterai

Seperti kita tahu, iPhone merupakan produk smartphone yang mewah. Harganya jauh melebihi ponsel pintar lain yang memiliki spesifikasi yang mirip. iPhone adalah smartphone yang berharga mahal. Bahkan model terbaru dari iPhone ini dibanderol dengan harga lebih dari Rp 18 juta. Sehingga sungguh sayang sekali apabila smartphone Anda mengalami kendala hingga membuatnya tidak bisa dinyalakan alias mati total. Apalagi kalau penyebabnya sangat sepele yaitu baterainya habis sampai 0  persen.

Smartphone iPhone memang memakai baterai non-removable. Sehingga apabila baterainya mengalami error, maka sulit bagi kita untuk mengatasinya. Kenyataannya masalah pada baterai ini bisa menimpa iPhone kalau kapasitas baterainya habis sampai 0 persen. Dampaknya yaitu martphone ini sama sekali tidak dapat dinyalakan jika baterainya benar-benar habis. Bahkan Anda juga tak bisa mengecas baterai iPhone tadi. Tentu ini merupakan masalah yang sangat menjengkelkan walau nampaknya sepele.

mengatasi-iphone-mati-total.jpg

Dari pengalaman pribadi kami, ada beberapa solusi yang dapat Anda coba untuk memperbaiki iPhone yang mati total karena kehabisan baterai.

Kasus : iPhone Sama Sekali Tidak Bisa Dihidupkan

Solusi :

Anda bisa mencoba melakukan charging terhadap iPhone tersebut. Lakukan proses pengecasan paling tidak selama 30 menit sehingga paling tidak ada sedikit energi yang masuk ke dalam baterai iPhone yang akan membantunya menyala. Kemudian Anda bisa menekan tombol power dan home secara bersama-sama selama 3-5 menit. Tekan terus kedua tombol ini tanpa boleh terlepas sama sekali. Sembari Anda berdoa agar ada sebuah kesempatan untuk tombol tersebut menyalakan iPhone baterainya sudah terisi daya listrik, meskipun sedikit. Solusi ini kenyataannya cukup ampuh loh.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan solusi yang lain. Caranya yaitu Anda bisa mengecas iPhone yang mati total seperti biasa. Setelah 30 menit berlalu, Anda tekan tombol powernya sampai keluar tampilan berupa indikator baterai dengan strip berwarna merah dan tipis yang menandakan kalau kapasitas baterainya tinggal sedikit. Biarkan iPhone ini tetap terpasang dengan charger meski tidak bisa mengecas. Biarkan sampai iPhone mati sendiri serta tampilan layarnya berubah menjadi blank/hitam kembali.

Setelah iPhone mati, segera saja Anda tekan tombol power dan homenya selama 8 detik lalu lepaskan. Sehingga di layar akan muncul pertanyaan apakah iPhone tersebut akan dimatikan? Jawab saja dengan menyentuh pilihan yes. Tunggu beberapa saat sampai iPhone padam. Lalu Anda cabut charger dari stop kontak. Tunggu selama 10 detik, lantas pasang lagi charger tersebut. Maka smartphone akan menyala seperti biasa.

Kasus : iPhone Menyala Sampai Logo Lalu Mati Lagi

Solusi :

Kasus ini umumnya terjadi lantaran sistem operasi pada smartphone tersebut sudah rusak. Sistem di dalam iPhone sudah mengalami crash sehingga Anda perlu melakukan instal ulang iOS atau update iOS ke versi yang terbaru. iPhone tida mampu menyala karena tidak ada sistem yang menangani pekerjaan yang harus dilakukannya. Akhirnya iPhone pun akan menyala sampai logo, kemudian mati dan menyala sampai logo lagi dan mati lagi.

Adapun langkah-langkah untuk memperbaikinya adalah sebagai berikut :

  1. Bukalah iTunes di Komputer
  2. Sambungkan iPhone dengan komputer
  3. Tekan dan tahan tombol home pada iPhone sampai muncul indikator untuk menghubungkannya dengan iTunes
  4. Setelah muncul indikator connet to iTunes maka iPhone pun secara otomatis akan terdeteksi oleh komputer
  5. Dari sini silakan Anda bisa melakukan restore atau update iOS agar iPhone terisi dengan sistem kembali

Kasus : iPhone Mati Total dan iTunes Bisa Mendeteksi iPhone Tersebut

Solusi :

Beruntung jika iPhone Anda yang mati total masih dapat dideteksi oleh software iTunes yang terpasang di komputer. Pasalnya Anda bisa memperbaiki masalah iPhone yang mati total tersebut dengan mudah. Satu-satunya jalan keluar yaitu Anda bisa melakukan restore iOS sehingga iPhone pun terpasangi sistem yang baru. Solusinya kurang lebih seperti di atas, tekanlah tombol home sampai iTunes mendeteksi iPhone kita meskipun kondisinya tidak menyala.

Apabila iTunes tetap tidak mampu mendeteksi keberadaan iPhone kita, Anda bisa mencoba solusi di bawah ini :

  1. Tekan tombol power dan home pada iPhone secara bersama-sama selama 20-30 detik untuk memastikan kondisinya benar-benar sudah mati
  2. Nyalakan komputer dan bukalah software iTunes
  3. Sambungkan iPhone dengan komputer lalu segera lepaskan tombol powernya
  4. Berarti sekarang Anda masih menekan tombol home pada iPhone
  5. Tunggulah beberapa saat hingga iTunes mendeteksi keberadaan iPhone tersebut

KESIMPULAN

Saat iPhone Anda mati total karena kehabisan daya baterai dan tidak bisa dicas sama sekali, maka Anda tidak boleh langsung mengklaim bahwa baterainya sudah rusak. Sebab kenyataannya kebanyakan faktor yang menyebabkan iPhone tersebut mati akibat sistemnya yang rusak. Sistem tersebut mengalami kerusakan sebagai imbas dari iPhone yang mati mendadak sampai akhirnya mengalami crash. Solusi yang paling ampuh untuk mengatasi masalah ini yaitu melakukan pemulihan sistem operasi iOS pada iPhone sehingga dapat bekerja kembali secara normal.