Cara Mengatasi Kamera HP yang Tidak Bisa Fokus

Smartphone zaman sekarang bukan hanya berfungsi sebagai alat komunikasi jarak jauh semata, tetapi perangkat ini juga mempunyai fungsi sebagai alat multimedia. Dengan dukungan kamera yang dimiliki, kita bisa memanfaatkannya untuk memotret foto atau merekam video melalui kamera ponsel. Bahkan tak tanggung-tanggung, kemampuan kamera HP saat ini sudah setara dengan kamera digital. Ada pula fitur auto focus yang membuat hasil gambarnya semakin hidup dan bernyawa.

Namun bagaimana jika kamera smartphone Anda yang jelas-jelas dilengkapi dengan kemampuan auto focus tiba-tiba tidak bisa menghasilkan gambar dengan efek auto focus? Hasil gambarnya pun tak dapat mempunyai kualitas yang tinggi. Gambar bidikan kamera ponsel tersebut nampak biasa-biasa saja dan cenderung datar. Maka satu-satunya jalan keluar ialah Anda harus segera memperbaiki fitur auto focus ini supaya kemampuan kemera HP Anda menjadi normal kembali dan bagus.

kamera-hp-tidak-bisa-fokus.jpg

Ada beberapa kemungkinan mengapa kamera HP Anda tidak bisa fokus, antara lain :

  1. Jarak kamera ke objek terlalu dekat. Setiap kamera mempunyai jarak fokus minimum antara lensa dan objek. Misalnya bila jarak fokus minimun lensa kamera Anda adalah 30 cm, maka foto tidak bisa fokus kalau kamera ditempatkan 20 cm dari objek.
  2. Posisi titik fokus tidak berhimpit dengan objek yang hendak difoto. Solusinya Anda bisa memilih lagi titik fokus yang tepat. Usahakan kali ini lokasi titik fokus tersebut berhimpitan dengan objek foto.
  3. Objek yang ingin difokuskan tidak kontras atau tidak mempunyai bentuk yang jelas. Contohnya Anda tak bisa memotret langit tanpa awan, tembok berwarna polos, atau tempat yang berkabut menggunakan auto focus.
  4. Objek yang menjadi fokus utama terlalu gelap akibat kondisi cahaya di lingkungan sekitarnya terlalu lemah. Anda bisa mengatasinya dengan memakai flash, senter, lampu pembantu, atau alat-alat bantu penerangan lainnya.
  5. Objek yang hendak difokuskan terus bergerak atau justru kamera HP Anda yang sedikit bergerak saat pengambilan foto dilakukan. Untuk memotret objek foto yang bergerak memang memerlukan keterampilan tinggi. Sedangan untuk mengatasi HP yang bergerak, Anda bisa memakai tripod.

Untuk mengatasi kamera HP yang tidak bisa fokus, Anda bisa menggunakan solusi-solusi di bawah ini!

  • Hapus Cache

Anda dapat mencoba menghapus cache yang terdapat di dalam aplikasi kamera. Bukan tidak mungkin, cache yang dihasilkan oleh aplikasi ini sudah terlalu banyak sehingga kinerjanya pun menjadi tidak normal. Selain itu, menghapus cache juga akan mengembalikan setelah di kamera layaknya setelan bawaan oleh pabrik. Sehingga kalau ada kesalahan setting yang menyebabkan kamera tidak bisa fokus, masalah ini pasti langsung bisa teratasi.

  • Setting Manual

Beberapa produk smartphone memerlukan penyetingan secara manual untuk membuat kamera yang dimilikinya mampu bekerja sesuai yang kita inginkan. Termasuk untuk pengaturan fokus HP pun membutuhkan penyetelan secara manual. Di satu sisi, setting manual ini akan menaikkan performa kamera. Namun di sisi lain, kamera HP akan mengalami masalah apabila pengaturan yang dilakukan keliru. Anda bisa membaca buku manualnya lagi.

  • Factory Reset

Factory reset merupakan metode sederhana yang dapat mengatasi berbagai masalah pada HP. Pada dasarnya, factory reset bertujuan untuk mengembalikan sistem smartphone ke keadaan semula layaknya HP baru dan belum pernah sama sekali diatur atau diisi file tambahan. Kamera smartphone yang tidak bisa fokus juga bisa teratasi dengan melakukan factory reset. Disarankan untuk melakukan backup data terlebih dahulu sebelum mengaktifkan factory reset ini.

  • Update Sistem

Untuk meningkatkan performa smartphone buatannya sekaligus menjamin kenyamanan bagi para pengguna, pihak produsen ponsel meluncurkan update sistem smartphone secara berkala. Sebagai pengguna, Anda sebaiknya melakukan update sistem ini setiap kali ada pemberitahuan yang muncul sehingga kinerja HP tetap optimal. Saat kamera HP Anda bermasalah sehingga tak bisa fokus, cobalah melakukan update terbaru pada sistemnya.

  • Lakukan Flash

Anda sudah mencoba melakukan update sistem HP ke versi yang paling baru, tetapi masalah di kameranya tetap tidak teratasi? Atau bahkan masalah ini muncul setelah mengupdate sistem HP? Ya mungkin saja versi sistem kali ini memiliki bug yang membuat kamera tidak dapat fokus. Selain menunggu update sistem ponsel yang lebih baru lagi, Anda bisa melakukan flash untuk mengatasi permasalahan ini.