Cara Mengatasi Layar Blank Putih Pada Smartphone Lipat

Seolah-olah belum puas dengan teknologi touchscreen pada smartphone, produsen ponsel pintar terus melakukan inovasi. Kini tersedia pula produk smartphone touchscreen dengan layar yang dapat dilipat. Fitur ini memungkinkan layar ponsel tersebut bisa dibuat menjadi lebih besar atau lebih kecil sesuka hati kita cukup dengan melipat atau membuka lipatannya. Namun karena masih merupakan teknologi yang baru, produk smartphone dengan layar lipat dibanderol dengan harga yang sangat mahal.

Beberapa pengguna smartphone berlayar lipat mengaku kalau ponsel dengan kemampuan ini acap kali mengalami masalah pada layarnya. Entah apa penyebab sebenarnya, tiba-tiba saja tampilan layar ponsel tersebut menjadi blank. Layar smartphone ini menunjukkan tampilan yang putih sepenuhnya. Tidak ada apapun selain warna putih yang memenuhi layar ponsel. Kasus ini biasanya dikenal dengan nama blank. Bagaimana ya cara mengatasi layar smartphone lipat yang mengalami blank?

mengatasi-layar-blank-smartphone-lipat.jpg

Kami mempunyai sejumlah solusi yang patut Anda coba untuk memperbaiki layar smartphone lipat yang mengalami blank.

Coba Restart Paksa HP Dahulu

Anda bisa mulai memperbaikinya dengan solusi yang paling sederhana. Cobalah lakukan restart paksa terhadap smartphone tersebut. Mungkin saja penyebab layar smartphone menjadi blank dikarenakan sistem operasi Android yang terlalu sibuk dalam menangani perintah dan tugas. Karena tidak didukung oleh kapasitas RAM yang optimal, akibatnya tampilan layar pun menjadi blank. Untuk merestart paksa smartphone, Anda bisa melepaskan baterainya, lalu pasang kembali. Sedangkan untuk smartphone dengan baterai non-removable, Anda bisa menekan dan menahan tombol power selama 30 detik.

Ganti LCD, Mungkin Sudah Rusak

Masalah yang menimpa layar smartphone memang kemungkinan besar disebabkan oleh kondisi layar ini yang sudah rusak. Layar tersebut sudah bermasalah sehingga tak mampu menampilkan gambar dengan normal. Walaupun layar smarpthone Anda nampak mulus, bukan berarti sel-sel penyusunnya tidak rusak. Tak ada salahnya Anda coba mengganti layar smartphone tersebut dengan yang baru. Pasanglah layar ini pada posisi yang semestinya. Pastikan LCD sudah terpasang dengan benar, kemudian nyalakan HP Anda. Selamat kalau cara ini berhasil mengatasi layar yang blank.

Periksa Kondisi Kabel Fleksibel

Pada umumnya, produk smartphone dengan layar yang bisa dilipat menggunakan kabel fleksibel sebagai penghubung antara layar yang satu dengan layar lainnya. Kabel fleksibel ini diletakkan di posisi yang cukup tersembunyi sehingga tak terlihat jelas dari luar dan tidak mengganggu desain smartphone. Bila kabel fleksibel ini rusak, kabel terputus dari komponen HP, atau justru bagian dalam kabel ini yang sudah terputus, dampaknya akan menimpa layar. Layar smartphone menjadi blank putih saja atau mati total. Cobalah periksa kondisi kabel fleksibel ini, dan lakukan perbaikan bila perlu.

Cek Kondisi IC Layar Smartphone

Terdapat IC khusus yang bertugas untuk mengolah gambar dan menyalurkannya ke layar smartphone. IC ini biasanya dihubungkan langsung dengan kabel LCD. Penampilan layar LCD smartphone sangat dipengaruhi oleh IC ini. Contohnya bila IC ini mengalami kerusakan atau error sedikit saja, pasti tampilan layar smartphone akan bermasalah. Mungkin saja warna yang tampil di layar menjadi tidak semestinya, layar berwarna hitam putih, atau bahkan layar tersebut mengalami blank total. Coba Anda melakukan pengecekan terhadap kondisi IC ini. Lakukan perbaikan atau penggantian untuk mengatasinya.