Cara Mengatasi Layar HP yang Berkedip-kedip, Dijamin Berhasil!

Teknologi canggih yang disematkan ke dalam smartphone tidak menjamin jika perangkat ini anti-rusak. Kerusakan bisa saja menimpa smartphone tersebut, khususnya bila terkena air, terjatuh dari ketinggian, atau terkena tumbukan yang keras. Sebenarnya sih layar smartphone ini jarang sekali mengalami rusak. Kerusakan ringan biasanya baru muncul setelah masa pemakaian lebih dari 2-3 tahun. Tapi dalam kasus tertentu, layar HP yang baru dibeli bisa saja mengalami kerusakan secara tiba-tiba.

Ada berbagai kerusakan yang dapat menjangkiti layar smartphone. Contohnya yaitu tampilan layar HP yang menjadi berkedip-kedip. Layar ponsel yang normal seharusnya mampu menghasilkan tampilan yang stabil tanpa kedip-kedip. Sedangkan bila layar tersebut mengalami error, maka tampilannya bakal menjadi berkedip-kedip tidak beraturan. Anda harus segera memperbaikinya. Selain dapat mengganggu kenyamanan, masalah ini juga merusak mata Anda kalau dibiarkan terus terjadi.

mengatasi-layar-hp-berkedip.jpg

Jika layar HP Anda tiba-tiba berkedip-kedip, maka solusi-solusi yang dapat diambil di antaranya :

Lakukan Reset ke Pengaturan Pabrik

Reset ke setelan pabrik merupakan solusi mudah untuk mengatasi berbagai masalah pada smartphone. Bahkan untuk masalah yang menimpa bagian layar pun, solusi yang simpel ini acap kali berhasil menjadi obatnya. Bukan tidak mungkin layar HP Anda nampak berkedip-kedip karena ada masalah pada sistem. Misalnya adanya bug, sistem yang tidak stabil, atau error pada sistem yang bertugas mengontrol tingkat kecerahan layar HP. Maka tak ada salahnya ada mencoba solusi ini.

Cek Kondisi Layar Melalui Safe Mode

Mode aman (safe mode) adalah mode pada smartphone di mana sistem operasi bekerja pada kondisi yang minimal. Di dalam mode aman ini hanya fitur-fitur HP yang penting saja yang bekerja. Sehingga jika error pada layar HP Anda terjadi akibat bentrokan yang terjadi antar fitur HP atau sistem, maka di dalam safe mode ini seharusnya error tersebut tidak bakal terjadi. Jika di safe mode layar HP tidak berkedip, artinya kerusakan terjadi karena crash pada sistem. Namun bila layar tetap berkedip-kedip, tandanya LCD HP tersebut memang sudah rusak.

Matikan Pengaturan Kecerahan Otomatis

Pada produk smartphone keluaran terbaru, pengguna dapat memilih opsi supaya sistem HP mengatur sendiri tingkat kecerahan yang ditampilkan oleh layar sesuai dengan kondisi di sekitarnya. Fitur ini tentu sangat membantu kita. Dengan mengaktifkannya, layar HP akan menampilkan gambar dengan tampilan yang pas, tidak terlalu cerah maupun terlalu redup. Tetapi jika fitur ini mengalami error, kecerahan layar HP bisa berganti-ganti tak menentu sehingga membuatnya terlihat berkedip-kedip. Silakan matikan saja opsi ini apabila bermasalah.

Lakukan Pengaturan di Opsi Pengembang

Opsi pengembang merupakan opsi lanjutan pada smartphone bersistem operasi android. Opsi ini memungkinkan pengguna dapat melakukan pengaturan tingkat lanjut pada HP. Akan tetapi, bila Anda melakukan kesalahan saat mengatur di opsi pengembang ini, maka dampaknya bisa sangat fatal. Layar yang berkedip-kedip saja masih tergolong sebagai dampak yang ringan. Anda bisa mengatasi layar HP yang berkedip-kedip dengan mematikan overlay HW di kolom rendering. Tindakan ini akan memaksa sistem HP Anda memakai GPU untuk menampilkan gambar.

Istirahatkan HP untuk Sementara Waktu

Beberapa produk smartphone akan mengalami panas yang luar biasa apabila pengguna memakainya terlalu lama atau memaksanya bekerja terlalu keras. Saking panasnya HP tersebut, bahkan suhu panas ini bisa dirasakan sampai ke layar HP. Awalnya sih panas ini tidak menyebabkan masalah apapun. Tetapi jika terus dibiarkan, layar HP Anda bisa bermasalah loh. Misalnya tampilan layar tersebut menjadi kedip-kedip karena mengalami panas secara berlebihan. Guna mengatasinya, cobalah Anda mengistirahkan HP untuk sementara waktu agar suhunya menjadi normal kembali.