Cara Mengatasi Layar HP yang Berubah Menjadi Ungu

Smartphone zaman sekarang selalu dilengkapi dengan layar yang berwarna. Bahkan kualitas warnanya tinggi sekali yaitu QHD (). Dengan kemampuan ini, layar smartphone mampu menghasilkan penampilan yang nyata. Seolah-olah Anda sedang melihat suatu panorama secara langsung, meski Anda sebenarnya melihat pemandangan tersebut melalui layar ponsel. Tentunya dengan dukungan layar berkualitas tinggi ini, Anda pun bakal merasa semakin nyaman menggunakan smartphone.

Namun suatu hari Anda dibuat bingung sendiri atas perubahan yang menimpa layar smartphone Anda. Bagaimana tidak? Entah apakah penyebabnya. Tiba-tiba layar HP Anda berubah warna menjadi ungu. Dalam kondisi yang normal, layar ponsel seharusnya berwarna bening sehingga penampilannya terlihat jelas. Tapi berbeda dengan layar smartphone yang kini berubah warna menjadi ungu. Sehingga gambar apapun yang ditampilkan oleh layar tersebut, warnanya menjadi keungu-unguan.

layar-hp-menjadi-ungu.jpg

Sebaiknya Anda tetap tenang ketika mengalami masalah layar HP yang tiba-tiba menjadi berwarna ungu. Anda masih bisa mengatasinya menggunakan solusi-solusi di bawah ini!

Cobalah Scan dengan Antivirus

Bukan tak mungkin perubahan yang menimpa layar smartphone Anda sehingga menjadi berwarna ungu disebabkan oleh serangan virus yang nakal, atau mungkin juga malware. Sebab faktanya memang ada sejumlah virus/malware tertentu yang dapat mengubah penampilan layar, namun tidak merusak hardware-nya. Untuk mengatasi serangan ini, Anda bisa menginstal antivirus yang berkualitas di smartphone Anda. Lalu cobalah lakukan proses scanning secara menyeluruh. Syukurlah kalau cara ini langsung mengembalikan penampilan layar HP Anda menjadi normal kembali.

Bersihkan Soket LCD Smartphone

Berubahnya warna layar HP Anda juga mungkin disebabkan oleh kondisinya yang kotor, terutama pada bagian soket LCD tersebut. Partikel-partikel kotoran biasanya dapat memasuki bagian soket LCD apabila kondisinya sudah kendur. Alhasil warna yang ditampilkan oleh layar smartphone tersebut pun tak sesuai dengan semestinya. Cobalah Anda membersihkan soket beserta layar HP dari partikel-partikel kotoran yang menempel. Buka terlebih dahulu cashing HP memakai obeng. Setelah itu, bersihkan soket dan layar HP sampai kondisinya benar-benar bersih dan bebas dari kotoran.

Ganti LCD HP yang Sudah Rusak

Paling gawat adalah penyebab layar HP Anda tiba-tiba berwarna ungu dikarenakan kondisinya LCD-nya yang sudah rusak. Kerusakan LCD HP memang tidak selalu ditandai oleh matinya LCD tersebut. Gejala seperti LCD yang tidak mampu menampilkan warna dengan benar juga bisa menjadi pertanda awal jika LCD Anda telah mengalami kerusakan fatal. Sayangnya LCD yang sudah rusak tidak dapat diperbaiki lagi. Satu-satunya solusi yaitu menggantinya dengan LCD yang baru. Hati-hati saat memasang LCD ini karena biasanya bentuknya sangat tipis dan cukup rawan rusak.

Gantilah IC MTK yang Bermasalah

Kalau Anda sudah mencoba memasang LCD smartphone yang baru namun masalah ini tidak kunjung sembuh berarti sumber penyebabnya bukan terletak pada LCD yang rusak. Satu-satunya komponen yang patut dicurigai menjadi penyebab utama layar HP Anda berubah ungu yaitu IC yang berhubungan dengan warna. Namanya yaitu IC MTK. IC ini bertugas untuk mengatur pengelolaan warna pada ponsel pintar. Jika IC ini bermasalah, maka warna yang ditampilkan layar menjadi ngawur. Berhubung proses mengganti IC MTK ini sangat sulit, mintalah bantuan orang yang ahli untuk melakukannya.