Cara Mengatasi Layar HP yang Gelap dan Tidak Bisa Terang

Smartphone masa kini mempunyai body yang sangat tipis dan menawan. Desainnya sengaja dibuat slim untuk memberikan nuansa elegan yang penuh dengan kemewahan. Namun di balik desain smartphone yang memang menarik sekali ini terdapat kerangka HP dengan struktur yang tidak terlalu kokoh. Bahkan beberapa produk HP mempunyai body yang sangat ringkih sehingga mudah patah dan rusak. Apalagi jika ponsel tersebut jatuh dari ketinggian, lalu menimpa permukaan yang keras.

Salah satu dampak yang dapat ditimbulkan akibat HP Anda terjatuh dari ketinggian dan menimpa benda-benda yang keras yaitu ponsel tersebut akan mengalami kerusakan terutama pada bagian layarnya. Jenis kerusakan ini memang banyak menimpa HP yang baru saja terjatuh. Termasuk smartphone Anda pun sekarang sedang mengalaminya. Dampak yang paling parah yaitu layar HP menjadi mati total. Sedangkan untuk dampak yang lebih ringan, penampilan layar HP menjadi gelap dan tidak bisa dicerahkan lagi.

layar-hp-gelap.jpg

Kasus kerusakan di mana layar ponsel menjadi gelap sebenarnya bukan dikarenakan oleh gangguan pada layar LCD. Akan tetapi, kerusakan ini terjadi lantaran error yang menimpa sistem penerangan smartphone. Kerusakan ini ditandai dari layar LCD yang menjadi gelap karena lampu penerangannya tidak menyala sehingga pengguna mengalami kesulitan untuk melihat tampilan pada layar tersebut. Kita harus melihatnya di dekat lampu yang terang supaya gambar di LCD ini terlihat, meskipun penampilannya tetap samar.

Bagi Anda yang bukan merupakan teknisi smartphone, Anda masih bisa memperbaiki kerusakan semacam ini menggunakan kiat-kiat sebagai berikut!

Cek Pengaturan Penerangan Layar

Bukan tidak mungkin masalah layar yang nampak gelap dan sangat mengganggu ini ternyata disebabkan oleh faktor yang sepele. Tidak lain yaitu adanya pengaturan penerangan layar LCD yang diatur menjadi non-aktif. Maka tak heran kalau layar pun terlihat gelap tanpa adanya lampu penerangan yang menyinari. Solusinya cobalah Anda masuk ke menu Pengaturan, lalu sentuhlah pada bagian Tampilan. Aktifkan lagi pengaturan penerangan LCD dengan menggesernya ke posisi on.

Kembalikan ke Pengaturan Pabrik

Tampilan layar LCD pun bisa menjadi gelap akibat kerusakan yang terjadi pada software atau sistem operasi Android smartphone tersebut. Kerusakan ini juga bisa timbul akibat pengaturan yang salah atau crash yang terjadi pada beberapa aplikasi yang terpasang di HP. Solusi mudah untuk memperbaikinya yaitu balikkan pengaturan smartphone ke setelan pabrik.

Cara mereset HP Android dapat dilakukan dengan menekan opsi kembalikan ke pengaturan pabrik di menu Pengaturan. Kalau HP meminta password, cobalah salah satu kata sandi bawaan berikut ini 1122, 1234, 12345, atau 0000. Lantas smartphone Anda akan melakukan restart secara otomatis. Kemudian setelah HP menyala kembali, layarnya akan langsung nampak terang kembali.

Perbaiki Posisi Layar Smartphone

LCD ponsel juga bisa menjadi gelap secara tiba-tiba akibat posisi layarnya tidak terpasang dengan erat. Biasanya masalah ini disebabkan oleh posisi baut-baut penyangga layar LCD tersebut yang sudah kendur. Untuk mengeceknya, Anda bisa menekan-nekan layar LCD dengan pelan.

Jika saat ditekan layar LCD dapat menyala secara normal berarti memang posisi layarnya sudah kendur. Anda bisa membongkar smartphone tersebut untuk membetulkan posisi layar ini. Anda juga harus mengencangkan semua baut penyangga sehingga layar HP bisa bekerja secara normal kembali.

Gantilah Layar yang Sudah Rusak

Cobalah Anda dekatkan HP Anda yang layarnya tidak menyala ke lampu yang sinarnya cukup terang. Bila Anda sama sekali tidak melihat adanya gambar yang ditampilkan oleh layar HP tersebut, meskipun samar-samar sekalipun, artinya ialah kondisi layar ini benar-benar sudah rusak. Layar LCD smartphone yang telah rusak tidak dapat diperbaiki. Satu-satunya jalan keluar agar smartphone Anda bisa bekerja normal kembali yaitu Anda harus mengganti layarnya dengan yang baru.