Cara Mengatasi Samsung Galaxy J5 yang Bootloop

Samsung Galaxy J5 merupakan salah satu smartphone unggulan dari pabrikan Samsung. Smartphone ini memiliki keunggulan yaitu spesifikasinya yang gahar namun dibanderol dengan harga yang terjangkau. Jika dibandingkan iPhone 5 maupun iPhone 5s, harga Samsung Galaxy J5 ini jauh lebih murah. Samsung versi J memang ditujukan untuk konsumen kelas medium-low. Oleh sebab itu, Samsung Galaxy J5 ini pun sengaja dibanderol dengan harga yang lumayan murah.

Akan tetapi, Samsung J5 juga bisa mengalami masalah. Salah satu permasalahan yang cukup fatal yaitu bootloop. Apa itu bootloop? Bootloop adalah error yang dialami oleh smartphone Android karena gagal melakukan booting. Tandanya yaitu smartphone tersebut melakukan booting atau restart berkali-kali. Smartphone tidak mampu mengakses sistem operasi karena kerusakan yang menimpa sistemnya. Hal ini berakibat pada smartphone yang tidak dapat digunakan.

cara-mengatasi-samsung-j5-bootloop.jpg

Cara mengatasi smartphone yang bootloop dapat dilakukan dengan solusi-solusi di bawah ini!

FORMAT FACTORY RESET

Solusi pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi smartphone yang bootloop yaitu melakukan format factory reset. Tujuan utama dari proses ini adalah memulihkan kondisi sistem ke awal lagi seperti pada smartphone yang baru dibeli. Bootloop memang kerap terjadi lantaran sistem mengalami kerusakan. Dengan mengembalikan kondisi sistem ke awal lagi, maka Anda dapat mengatasi kerusakan tersebut. Sistem pun menjadi seperti baru lagi.

Berikut ini tata cara melakukan format factory reset pada Samsung Galaxy J5 :

  1. Tekan tombol power, volume down, dan home secara bersama-sama sampai smartphone menyala. Setelah tampil logo Samsung, segera lepaskan ketiga tombol ini. Kemudian tunggulah beberapa saat sampai ponsel memasuki recovery mode.
  2. Kini smartphone barada di dalam recovery mode. Arahkan kursor ke bawah dengan menekan tombol volume down sampai ke pilihan ke Wipe Data Factory Reset. Kemudian tekana tombol power untuk memilihnya.
  3. Konfirmasi pilihan Anda dengan mengarahkan kursor ke Yes, lalu tekan tombol power untuk mengekseskusinya. Setelah itu, Anda tinggal menunggu beberapa saat sampai sistem melakukan format factory reset. Setelah selesai, Anda bisa memilih reboot system now.

mengatasi-samsung-j5-bootloop.jpg

FLASH

Cara mengatasi Samsung J5 yang mengalami bootloop juga dapat dilakukan menggunakan teknik flash. Kalau di komputer atau laptop, metode flash ini sama seperti menginstal ulang sistem operasi. Sehingga dengan menginstal ulang sistem operasi Android pada smartphone Galaxy J5 Anda, maka ponsel pintar tersebut mampu melakukan booting lagi dengan sempurna. Sejauh ini metode flash terbilang sangat efektif untuk mengatasi kasus smartphone yang terkena bootloop.

Berhubung proses flashing Samsung Galaxy J5 ini lumayan panjang, maka kami akan mecoba memberi panduannya pada artikel yang akan datang. Kami akan berusaha untuk menjelaskannya sedetail mungkin. Tidak lupa kami juga akan melampirkan gambar-gambar tentang urutan langkah-langkahnya sehingga lebih mudah dimengerti oleh orang awam. Silakan Anda bisa membacanya pada artikel-artikel terkait di bawah ini. Terima kasih banyak.