Cara Mengatasi Tidak Bisa Instal Aplikasi di iPhone

Bagaimana cara mengatasi tidak bisa instal aplikasi di iPhone? Ponsel pintar kini sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok umat manusia. Kebutuhan sehari-hari kita sudah sangat bergantung pada smartphone. Dari sekadar mengetahui waktu, membaca berita, mendengarkan lagu, menonton film, mengobrol dengan teman, sampai mengoperasikan peralatan rumah tangga. Anda juga merasakannya kan?

iPhone sebagai ponsel pintar yang berteknologi canggih mempunyai pengguna yang sangat banyak di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan bukanlah smartphone biasa. Smartphone buatan Apple ini selalu hadir dengan inovasi-inovasi baru yang berhasil membuat berdecak kagum penggunanya. Pengembangannya tidak hanya sebatas pada hardware baru, tetapi juga pada iOS yang notabene menjadi sistem operasi premium bagi iPhone.

cara-mengatasi-gagal-instal.jpg

Tetapi sistem selalu mempunyai kekurangan. Tidak ada satu pun sistem di dunia ini yang benar-benar sempurna dan 100% aman. Pasti ada bug yang dimiliki oleh sistem tersebut. Demikian pula dengan iOS. iOS memiliki sejumlah kelemahan terutama pada segi aksesibilitasnya. Hal ini membuat pengguna iOS terlalu bergantung pada server. Meskipun maksud dibuatnya begitu bagus, tetapi tidak sedikit orang awam yang mengalami kendala.

Salah satu masalah yang kerap menimpa pengguna iPhone baru adalah tidak bisanya menginstal suatu aplikasi di ponselnya. Padahal sumber aplikasi tersebut sudah berasal dari layanan resmi App Store. Tetapi proses instalasi aplikasi baru ini terus mengalami kegagalan. Adapun bunyi pesan kegagalan yang ditampilkan yaitu Unable to Download App (app) could not be installed at this time. Bagaimanakah cara mengatasinya?

Langkah 1. Hapus Aplikasi yang Gagal

Anda mungkin sudah mencoba melakukan retry instal aplikasi yang dimaksud namun tetap gagal diinstal. Kalau begitu mending langsung hapus saja aplikasi tersebut. Caranya adalah sentuh aplikasi tadi lalu tahan sampai muncul tanda silang (x) di atasnya. Setelah itu, Anda tekan tanda silang (x) tadi untuk menghapus aplikasi. Aplikasi yang telah gagal instal ini sebaiknya dihapus saja untuk memperbesar peluang hasil solusi yang kami berikan.

Langkah 2. Login ke App Store

App Store merupakan toko aplikasi resmi milik Apple. Toko ini dibuka khusus untuk pengguna iPhone dan iPod. Anda membutuhkan akun untuk bisa mendownload aplikasi di App Store. Ada aplikasi yang gratis, tetapi ada pula aplikasi yang berbayar. Kabar baiknya untuk membuat akun di App Store benar-benar gratis. Setelah Anda berhasil membuat akun di App Store, silakan login ke dalamnya dengan memasukkan username dan password yang benar.

Langkah 3. Login ke iCloud

iCloud adalah layanan media penyimpanan data yang berbasis online milik Apple. Jadi setiap pengguna iPhone wajib mempunyai setidaknya satu buah akun iCloud. Jika Anda memiliki aplikasi A, lalu menghapusnya, dan mencoba menginstal aplikasi A lagi melalui App Store, maka kemungkinan besar Anda akan mengalami kegagalan. Namun cukup dengan login ke iCloud menggunakan akun yang sama dipakai untuk login ke App Store, aplikasi sudah bisa diinstal kembali.

Ketiga langkah di atas merupakan solusi yang sudah kami coba sendiri untuk mengatasi iPhone gagal menginstal suatu aplikasi. Hasilnya benar-benar terbukti manjur. Anda cukup menerapkan ketiga cara di atas, maka aplikasi yang diinginkan bisa diinstal lagi ke dalam iPhone dengan lancar. Apabila Anda masih mengalami kegagalan, kami sarankan untuk meng-upgrade iOS ke versi terbaru atau melakukan instalasi ulang. Tujuannya untuk menghapus antrean data download yang mungkin masih terekam oleh sistem sehingga mengakibatkan proses download baru selalu gagal.