Cara Mengecat Casing HP Sendiri

Casing merupakan bagian tak terpisahkan dari handphone. Casing ibaratnya sebagai pakaian bagi HP. Casing akan memberikan penampilan tertentu bagi HP sekaligus melindungi komponen-komponennya. Casing sengaja dibuat dengan model yang bermacam-macam agar pengguna dapat memilihnya sesuai dengan tepat sesuai keinginan. Namun kalau Anda tetap tidak puas terhadap pilihan model casing yang tersedia, coba saja mewarnainya sendiri.

Yap, kita memang dapat mengecat casing HP sesuka hati. Opsi ini bisa dipilih saat Anda menginginkan casing HP yang unik dan berbeda dari lainnya. Misalnya casing dengan nama Anda, logo tertentu, atau desain kreatif yang lain. Ukuranya yang kecil membuat proses pengecatan HP ini bisa dilakukan dengan mudah. Namun di sisi lain, Anda juga harus mengerjakannya dengan teliti agar goresan kuasnya bisa membentuk gambar seperti yang kita mau.

cara-mengecat-casing-hp.jpg

Mau mengecat casing HP Anda sendiri? Yuk, ikuti panduannya di bawah ini!

Alat dan Bahan :

  • Cat akrilik
  • Kuas
  • Ampelas
  • Coating
  • Selotip
  • Pensil

Langkah-langkah :

  1. Lepaskan casing bagian belakang ponsel Anda yang akan diwarnai ulang. Lepaskan dengan hati-hati. Kebanyakan casing saat ini memang memiliki ukuran yang sangat tipis dan terpasang rapat sekali.
  2. Haluskan permukaan casing yang akan dicat terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan ampelas nomor 1000 atau ampelas yang ukurannya paling halus. Gosoklah permukaan casing memakai ampelas ini dengan gerakan searah dan berulang-ulang.
  3. Terapkan cat dasar ke seluruh permukaan casing. Disarankan untuk menerapkan cat ini dengan lapisan yang tipis saja agar hasilnya rata. Lakukan penerapan cat dasar sebanyak 2 kali dengan jeda waktu 1-2 jam.
  4. Cek terlebih dahulu apakah kondisi cat dasar sudah kering atau belum? Jika sudah, silakan Anda bisa membuat sketsa gambar di atas casing ini. Buatlah gambar dengan desain sesuka hati Anda memakai pensil.
  5. Sekarang waktunya untuk menutupi bagian-bagian di luar gambar kita menggunakan selotip. Hal ini dilakukan agar bagian tersebut tidak terkena cat. Tutuplah bagian ini dengan rapat. Pastikan tak ada celah sedikit pun.
  6. Aplikasikan cat akrilik pada bidang yang berisi gambar. Anda bisa mewarnainya sesuai dengan imajinasi Anda sendiri. Biar hasilnya nanti rata, terapkan cat ini dengan lapisan yang tipis saja. Kuaskan sebanyak 2-3 kali lapisan. Tunggu hingga kering.
  7. Lepaskan semua selotip yang telah terpasang di casing HP Anda. Kini waktunya untuk memasang selotip di bidang yang telah diwarnai. Sehingga saat mengecat bidang yang belum diwarnai, maka bidang yang sudah diwarnai tidak ikut terkena cat.
  8. Kuaskan cat akrilik ke bidang yang belum diwarnai. Gerakkan kuas ini membentuk huruf W agar permukaannya tidak menggelembung. Oleskan cat ini secara merata dengan goresan yang tipis saja. Buatlah sebanyak 2-3 kali lapisan. Biarkan mengering.
  9. Tahap akhir adalah mengaplikasikan cat khusus untuk coating. Ada dua jenis tampilan yang bisa dipilih yaitu glossy dan matte. Glossy untuk tampilan mengkilap. Sedangkan matte untuk tampilan yang padat dan natural.
  10. Semprotkan bahan coating ini secara merata ke seluruh permukaan casing. Semprotlah dengan lapisan yang tipis saja dari jarak 30 cm. Setelah terbentuk lapisan pertama, semprotkan sekali lagi coating ini agar hasilnya lebih bagus.

Nah, sekarang casing HP menjadi lebih kece dari sebelumnya!