Cara Mengecek Kualitas HP Samsung Bekas

Bagaimana cara mengecek kualitas HP Samsung bekas? Ini merupakan pertanyaan yang pertama kali muncul di benak Anda ketika ingin membeli sebuah handphone bekas pakai. HP memang dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Oleh sebab itu, Anda ingin membeli produk second hand dengan harapan bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Namun tentu saja Anda tetap menginginkan produk HP yang kualitasnya bagus. Setidaknya HP tersebut masih berfungsi normal dan tidak cepat rusak.

Memang benar Anda harus teliti pada saat membeli smartphone bekas. Tidak menutup kemungkinan kalau HP incaran Anda ini sudah mengalami kecacatan yang sengaja disembunyikan oleh penjualnya. Sebagai calon pembeli, Anda harus lebih pintar daripada penjual supaya tidak tertipu. Jangan pernah terburu-buru saat mengecek HP bekas tadi. Jika Anda sudah terlanjur membeli HP yang cacat, penyesalan di akhir tidak ada gunanya. Anda harus memeriksa keaslian HP tersebut serta kualitasnya.

cara-mengecek-hp-samsung-bekas.jpg

MENGECEK KEASLIAN HP

Adapun ciri-ciri HP Samsung yang asli antara lain :

  1. Kode IMEI yang ada di stiker belakang HP sama dengan kode IMEI yang tampil jika Anda melakukan dial *#06#.
  2. Cek keaslian tipe HP dengan melakukan dial ke *#1234#. Informasi model yang muncul di layar harus sama dengan keterangan di setiker belakang HP.
  3. Cek sekali lagi keaslian tipe melalui pilihan Tentang Perangkat di menu Pengaturan. Perhatikan baik-baik informasi yang tertera.
  4. Periksa keabsahan spesifikasi HP tersebut melalui aplikasi CPU-Z. Anda bisa mendownloadnya di Play Store.
  5. Hubungkan HP ke komputer yang sudah terinstal Samsung USB Driver for Mobile Phones. Pastikan komputer mampu mengenali HP dengan benar.

MENGECEK KUALITAS HP

Samsung sudah menyiapkan menu khusus bagi pengguna untuk mengecek kualitas HP buatannya bernama HW Module Test. Hanya saja fitur ini memang sengaja disembunyikan agar tidak disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Tujuan lainnya yaitu untuk menghindari kesalahan yang dilakukan oleh pengguna awam. Cara mengakses menu tersebut, Anda hanya perlu membuka menu Phone. Kemudian tekan *#0*#. Selanjutnya layar akan mengeluarkan tampilan HW Module Test seperti gambar di bawah ini.

cara-mengecek-kondisi-hp-samsung.jpg

Kami akan mencoba menjelaskan maksud dari masing-masing tombol di HW Module Test.

Langkah 1. Mulailah dengan memeriksa kualitas warna yang mampu dihasilkan oleh layar HP. Anda bisa menekan tombol Red, Green, dan Blue secara bergantian. Jika warna merah, hijau, dan biru yang tampil memenuhi layar HP, maka layar tersebut berarti normal.

Langkah 2. Periksa mikrofon dengan menekan tombol Receiver. Setelah Anda menekan tombol ini, layar seketika akan berubah menjadi putih. Kemudian keluar suara melengking. Jika suara yang muncul terdengar menyambung dan tidak putus-putus artinya mikrofon masih bagus.

Langkah 3. Selanjutnya Anda bisa mengecek apakah fitur getar pada HP masih bekerja atau tidak. Silakan tekan tombol Vibration. Ponsel selanjutnya akan bergetar. Getaran HP yang bagus harus lancar dan tidak tersendat-sendat.

Langkah 4. Pemeriksaan dim layar untuk mengetahui kinerja layar tersebut dalam menampilkan warna. Anda bisa menekan tombol Dimming. Apabila kemudian layar menampilkan warna merah, hijau, dan biru dengan komposisi yang sama, layar masih bagus.

Langkah 5. Kinerja kamera bisa Anda cek dengan menekan tombol Mega Cam. Berikutnya layar akan berubah ke mode kamera. Silakan Anda mencoba mengambil beberapa potret untuk memastikan performa kamera tidak ada kendala sama sekali.

Langkah 6. Pengecekan sensor HP dalam mengenali perintah-perintah yang diberikannya bisa Anda lakukan dengan menekan tombol Sensor. Perhatikan tanda yang ditampilkan oleh layar yang menunjukkan bagaimana sistem membaca perintah yang diterimanya.

Langkah 7. Sensitivitas layar pun tidak boleh luput dari pemeriksaan Anda. Silakan Anda menekan tombol Touch untuk mengeceknya. Usap layar sesuai dengan pola yang ditampilkan. Ketika pola sudah terisi penuh dengan warna hijau, seharusnya layar akan kembali.

Langkah 8. Cobalah mematikan HP untuk sementara waktu dengan menekan tombol Sleep di layar. HP pun seketika akan langsung mati untuk sementara waktu. Untuk menyalakannya kembali, Anda cukup menekan tombol power satu kali saja.

Langkah 9. Periksa pula kemampuan speaker dalam mengeluarkan suara melalui tombol Speaker. Speaker pun akan membunyikan sebuah lagu dengan volume maksimal. Anda bisa menilai kondisi speaker ini melalui kualitas suara yang terdengar.

Langkah 10. Jangan lupa untuk mengecek tombol fisik yang terdiri dari tombol Menu, tombol Home, dan tombol Back. Silakan pilih kotak Subkey untuk mengeceknya. Setiap kali Anda menekan tombol-tombol ini, layar akan langsung berubah warna.