Cara Mengembalikan File yang Sudah Dihapus Permanen

Semua data yang kita simpan di dalam media penyimpanan di komputer atau ponsel disebut sebagai file. File ini mencakup seluruh data yang ada di perangkat. Meskipun tidak terlihat, tapi file ini begitu penting. Semua barang-barang digital Anda disimpan dalam bentuk file. Data-data yang berisi memori hidup dan kenang-kenangan juga berupa file. Begitu pula jika Anda bekerja menggunakan komputer, semua hasil kerja Anda adalah file.

Oleh sebab itu, file merupakan barang yang sangat berharga. Bahkan tak jarang nilai suatu file jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga perangkat yang digunakan untuk membuatnya. Anda bisa membuat file yang harganya mencapai miliaran rupiah memakai komputer atau HP dengan harga kurang dari Rp 5 juta. Jadi Anda harus benar-benar memperhatikan keberadaan file tersebut. Pastikan Anda mengelolanya dengan baik agar file-file ini lebih tertata.

Salah satu upaya yang perlu dilakukan dalam mengelola file adalah menghapus file-file yang sudah tidak diperlukan lagi. File seperti ini disebut sebagai file sampah. File sampah sudah tak ada harganya lagi sehingga hendaknya dibuang saja. Anda perlu menghapus file-file sampah ini secara berkala untuk menjaga kapasitas ruang penyimpanan memori pada perangkat tersebut tetap lapang. Namun kadang-kadang kita melakukan kesalahan saat menghapus file. File yang sebenarnya masih bernilai justru tidak sengaja Anda hapus.

cara-mengembalikan-file-hilang.jpg

File yang Anda hapus biasanya akan berpindah tempat ke folder Recycle Bin. Anda masih bisa mengembalikannya cukup dengan menekan tombol restore file tersebut. Namun apabila file tadi dihapus secara permanen, maka Anda tidak akan menemukannya lagi di Recycle Bin. Anda perlu trik khusus untuk memulihkannya. Di sini Anda membutuhkan bantuan software pihak ketiga. Kami sarankan Anda bisa menggunakan software Recuva.

Recuva adalah software yang berfungsi untuk mengembalikan file yang telah dihapus secara permanen. Software ini sangat ampuh dalam memulihkan kembali file-file yang sudah hilang dari harddisk. Perlu kami ingatkan, Recuva merupakan software premium. Ini artinya Anda harus membayar untuk bisa menggunakan software ini. Namun Anda tidak perlu khawatir sebab Recuva menyediakan free trial selama 7 hari. Anda bisa memakainya secara gratis selama seminggu. Kami rasa waktu ini sudah lebih dari cukup bagi Anda untuk mengembalikan file yang telah menghilang.

Berikut ini langkah-langkah mengembalikan file menggunakan Recuva selengkapnya :

    1. Anda bisa mendownload Recuva terlebih dahulu di website resminya di https://www.ccleaner.com/recuva. Silakan Anda bisa memilih plan pembayaran yang sesuai. Tak perlu cemas sebab Recuva juga menyediakan free trial.
    2. Setelah selesai melakukan instalasi software Recuva, selanjutnya Anda tinggal membuka software ini dengan mengeklik icon Recuva di desktop atau melalui menu Start.
    3. Setelah muncul jendela Recuva Wizard, Anda bisa memilih Next untuk melanjutkan proses.

cara-menggunakan-recuva.jpg

Pada bagian ini, Anda bisa menentukan tipe file yang ingin dicari menggunakan Recuva. Apakah itu gambar, musik, dokumen, video, file kompres, atau email? Silakan Anda bisa memilihnya sesuai keinginan. Jika ingin mencari semua tipe file, silakan pilih All Files. Kemudian klik Next.

cara-memakai-recuva.jpg

Di sini Anda ditawari apakah ingin harddisk virtual terlebih dahulu atau tidak. Disk ini akan memaksimalkan peluang Anda untuk dapat memulihkan file yang telah dihapus. Anda bisa memilihnya Iya atau Tidak sesuai kebutuhan.

mengembalikan-file-memakai-recuva.jpg

Langkah berikutnya Anda harus menentukan posisi file yang sudah terhapus tersebut sebelumnya ada di mana. Jika Anda masih mengingatnya, Anda bisa menentukan langsung posisi tepat dari file tadi. Hal ini akan memperbesar peluang bagi Anda untuk bisa mengembalikannya dengan cepat. Namun bila Anda sudah lupa, pilih saja opsi I’m not sure agar Recuva mencarinya di seluruh sistem komputer.

cara-mengembalikan-file.jpg

Sebelum mengeklik start untuk memulai proses pencarian file yang telah hilang, kami sarankan Anda mengaktifkan Deep Scan. Tujuannya supaya Recuva melakukan proses pencarian secara mendalam sehingga peluang file tersebut ditemukan menjadi lebih besar.

cara-memulihkan-file.jpg

Proses pencarian file pun dimulai. Pada tahap ini, Anda hanya perlu menunggu proses tersebut sampai selesai.

memulihkan-file-di-recuva.jpg

Ini adalah contoh hasil pencarian dari software Recuva.

hasil-pencarian-recuva.jpg

Anda bisa memulihkan file dengan menandai kotak check list pada file yang dimaksud. Setelah itu, klik tombol Recover. Maka akan tampil jendela Browse For Folder. Silakan Anda bisa menentukan posisi file akan dikembalikan di folder mana. Kemudian klik tombol OK untuk memulai proses pengembalian file.

cara-mengembalikan-file-yang-hilang.jpg

Jadi mulai sekarang Anda tidak perlu bingung lagi untuk mengatasi masalah file yang sudah menghilang. Karena pada hakikatnya filet tersebut tidak benar-benar hilang. Anda masih bisa mengembalikannya menggunakan Recuva.