Cara Mengganti Touchscreen Smartphone yang Benar

Smartphone masa kini sudah menggunakan teknologi layar sentuh (touchscreen). Teknologi ini memungkinkan kita sebagai pengguna dapat memberikan perintah kepada sistem ponsel hanya melalui sentuhan di permukaan layarnya saja. Kita tak perlu menekan tombol fisik sama sekali. Cukup sentuh saja bagian layarnya, maka smartphone tersebut akan langsung memberi respons. Teknologi ini tentu jauh lebih praktis dan memudahkan kita.

Jika layar smartphone sudah tidak mampu lagi menanggapi sentuhan Anda dengan tepat atau malah tidak merespons sama sekali, kemungkinan besar kondisinya telah rusak. Kemungkinan layarnya yang mengalami kerusakan. Sayangnya layar touchscreen yang sudah terlanjur rusak sulit untuk diperbaiki. Jalan keluar yang lebih mudah yaitu menggantinya dengan touchscreen yang baru. Bagaimana caranya? Silakan ikuti panduan di bawah ini!

cara-mengganti-touchscreen-smartphone.jpg

Alat dan Bahan :

  • Touchscreen baru
  • Alat pencongkel
  • Obeng yang sesuai
  • Kuas
  • Tisu

Langkah-langkah :

  1. Membuka Housing Belakang

Mulailah dengan melepaskan casing bagian belakang. Lalu dilanjutkan dengan melepas baterai, SD Card, dan semua SIM Card yang terpasang di ponsel. Kemudian lepaskan semua sekrup yang menahan housing memakai obeng yang sesuai. Setelah itu, Anda bisa melepaskan housing bagian belakang. Untuk melepas housing ini, Anda membutuhkan alat pencongkel khusus yang bisa dibeli di www.alatperabotan.com. Sebagai alternatif, Anda pun dapat menggunakan bekas kartu SIM atau kartu ATM.

Perhatikan dengan baik housing belakang tersebut. Ada celah yang sangat sempit yang bisa kita manfaatkan untuk mencongkelnya. Caranya yaitu selipkan alat pencongkel ke bagian celah ini. Tekan dengan tenaga yang kuat, kemudian congkel ke atas. Tak perlu takut pecah sebab housing ini memiliki struktur yang sangat kokoh. Namun Anda harus tetap berhati-hati. Lanjutkan sampai seluruh bagian housing belakang terangkat.

  1. Melepas Touchscreen Lama

Sama seperti saat melepaskan housing bagian belakang, Anda juga memerlukan alat pencongkel khusus untuk melepaskan touchscreen tersebut. Caranya masih sama. Silakan Anda selipkan alat ini di celah-celah antara touchscreen dan body ponsel. Lalu tekan ke dalam dengan tenaga yang kuat dan angkat ke atas memakai tenaga yang kuat. Lanjutkan ke bagian samping kanan dan kiri ponsel.

Ketika hendak melepaskan touchsreen bagian atas, Anda harus melakukannya dengan sangat hati-hati. Pasalnya di bagian ini terdapat kabel fleksibel yang menghubungkan layar touchscreen ini dengan mesin ponsel. Kabel ini sangat tipis dan rapuh sehingga mudah sekali terputus apabila terkena alat pencongkel. Usahakan Anda tidak terlalu dalam saat memasukkan alat ini. Kemudian congkel dengan hati-hati. Setelah touchscreen berhasil dilepaskan, lanjutkan dengan melepaskan kabel fleksibel di mesin.

  1. Memasang Touchscreen Baru

Bersihkan bagian permukaan layar LCD smartphone memakai kuas. Sapukan kuas ini untuk menghilangkan partikel-partikel debu yang ada di layar. Bersihkan pula bagian area di sekitarnya. Setelah itu, bersihkan sekali lagi permukaan LCD memakai tisu sampai kondisinya benar-benar bersih. Tidak boleh ada kotoran atau bahkan sidik jari yang menempel di permukaannya supaya LCD ini dapat bekerja dengan baik.

Bukalah touchscreen yang baru dari dalam kemasannya. Usahakan Anda jari Anda jangan sampai mengenai permukaan touchscreen tersebut, terutama pada bagian layarnya. Pasanglah kabel fleksibel touchscreen ini terlebih dahulu ke slot yang ada di dalam mesin. Pastikan kabel terpasang dengan benar dan seluruh pinnya menancap kuat di slot. Barulah kemudian Anda bisa memasang kembali body touchsreen ini. langkah terakhir yaitu memasang housing belakang smartphone.