Cara Mengubah Keyboard QWERTY Menjadi ABCDE di Android

Rata-rata smartphone yang diproduksi saat ini menggunakan layar berteknologi touchscreen. Cukup dengan menyentuh bagian layarnya saja, kita bisa memberikan perintah tertentu ke HP tersebut. Sedangkan untuk sistem operasinya biasa memakai Android OS atau iOS. Pengguna smartphone benar-benar dimanjakan dengan kedua sistem operasi ini. Untuk urusan memberi masukan/input data, kita bisa menggunakan keyboard yang berbasis QWERTY.

Berbeda dengan handphone jaman dulu yang selalu dilengkapi dengan tombol fisik berbasis ABCDE, smartphone masa kini selalu memakai keyboard digital QWERTY. Tidak peduli apakah itu smartphone buatan Samsung, Xiaomi, Nokia, Apple, Huawei, Oppo, dan lain-lain, keyboard QWERTY ini selalu digunakan. Kelebihan keyboard QWERTY yaitu kita bisa memasukkan data jauh lebih cepat, terutama bagi orang yang sudah terbiasa menggunakannya.

cara-mengubah-keyboard-hp.jpg

Tapi bagi sebagian orang lagi keyboard QWERTY merupakan sebuah malapetaka. Apalagi buat orang yang memang jarang menggunakan keyboard QWERTY, rasanya sulit sekali untuk dapat mengetikkan sebuah kata. Kalau Anda termasuk salah satu orang yang kurang nyaman apabila harus menggunakan keyboard QWERTY, tenang saja karena Anda bisa mengubah keyboard di HP menjadi keyboard digital yang berbasis ABCDE.

Manfaatkan Fitur Bawaan

Untuk keperluan mengubah keyboard dari tipe QWERTY menjadi ABCDE, Anda bisa memakai fitur bawaan yang sudah dimiliki oleh smartphone. Beberapa produsen HP memang sengaja menanamkan fitur ini pada produk buatannya untuk membantu pengguna yang merasa tidak nyaman memakai keyboard berbasis QWERTY. Contohnya Samsung yang selalu menyediakan opsi ini pada produk smartphone yang dikeluarkannya.

Jika kebetulan Anda juga merupakan pengguna HP Samsung, Anda bisa mengubah keyboard standar dari semula yaitu keyboard QWERTY diubah menjadi keyboard ABC mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

Settings – Local and Text – Samsung Keypad – Potrait Keypad Types – 3 x 4 Keypad

Instal Aplikasi Keyboard

Kalau smartphone Anda tidak mempunyai pilihan untuk mengatur tipe keyboard yang ingin digunakan, Anda tidak perlu risau. Anda tetap masih bisa kok mengubah keyboard QWERTY yang terasa tidak nyaman bagi Anda menjadi keyboard tipe ABCDE yang tampilannya lebih sederhana. Caranya tidak lain yaitu memasang aplikasi pihak ketiga. Beruntung saat ini sudah banyak tersedia aplikasi yang berfungsi sebagai keyboard custom untuk HP.

Silakan Anda tinggal masuk ke Play Store. Kemudian lakukan pencarian dengan mengetikkan kata keyboard di kolom pencarian, lalu klik gambar simbol kaca lup. Tunggu beberapa saat. Maka akan tampil berbagai aplikasi yang bisa Anda pakai untuk mengubah tampilan keyboard HP. Pilihlah aplikasi yang mampu menampilkan keyboard ABCDE. Jangan lupa memilih aplikasi yang mempunyai rating tertinggi. Setelah itu,Anda bisa menginstal aplikasi tersebut serta mengaktifkan keyboard-nya.