Cara Menyambungkan HP ke Speaker Aktif Bluetooth

Handphone masa kini merupakan perangkat elektronik serba bisa. Ada banyak pekerjaan yang dapat dilakukan oleh HP, bukan hanya sebagai alat komunikasi jarak jauh semata. Anda bahkan bisa memakainya sebagai perangkat multimedia. Contohnya seperti memutar musik, menyetel film, atau memainkan video, HP mampu melakukannya. Menggunakan HP sebagai perangkat multimedia memang sangat praktis dan bisa dibawa ke mana pun.

Namun agar suara yang terdengar semakin mantap dan menggelegar, Anda bisa menyambungkan HP tersebut ke speaker. Di zaman modern ini, Anda tidak harus menggunakan kabel untuk menghubungkan HP ke speaker. Anda pun bisa memanfaatkan media nirkabel atau wireless sebagai penghubungnya. Salah satunya yaitu bluetooth. Kini sudah banyak tersedia produk speaker bluetooth di pasaran dengan harga yang terjangkau.

cara-memakai-speaker-bluetooth.jpg

Cara menggunakan speaker bluetooth ini mudah sekali kok. Anda bisa langsung mencoba menyambungkan HP dengan speaker tersebut. Nah, begini caranya!

Nyalakan Speaker Bluetooth

Anda bisa memulainya dengan menyalakan speaker terlebih dahulu. Umumnya terdapat tombol power pada speaker tersebut yang berfungsi untuk menghidupkan dan memadamkan perangkat speaker. Anda tinggal menekannya satu kali saja atau menggesernya ke posisi on. Tanda speaker sudah menyala yaitu lampu indikatornya hidup serta terdengar suara nada awal. Ketika speaker telah menyala, maka secara otomatis fitur bluetooth yang melengkapinya pun langsung aktif.

Aktifkan Fitur Bluetooth di HP

Di sini kita menggunakan bluetoth sebagai media penghubung wireless untuk menggantikan peran dari kabel. Sehingga smartphone yang akan digunakan untuk berhubungan dengan speaker bluetooth pun harus mendukung fitur bluetooth. HP tersebut harus memiliki fitur bluetooth ini. Berikutnya Anda perlu menyalakan fitur bluetoth yang ada di HP. Anda bisa masuk ke menu pengaturan, lalu aktifkan bluetooth dengan menggeser tombolnya ke posisi on. Tunggu beberapa saat. Bluetooth di HP pun berhasil menyala.

Biarkan HP Mencari Speaker

Sesaat setelah Anda menyalakan bluetooth di HP, sistem HP lantas akan melakukan pencarian perangkat-perangkat bluetooth lain yang ada di sekitarnya. Hasil pencariannya akan ditampilkan pada kolom khusus yang berisi nama-nama perangkat bluetooth yang berhasil ditemukan. Lalu nama bluetooth yang manakah yang merupakan speaker Anda? Biasanya nama bluetooth speaker akan sesuai dengan merek atau nomor seri dari speaker tersebut. Anda bisa mencocokkannya. Jika sudah ketemu, Anda tinggal klik nama bluetooth itu. Alhasil HP pun akan langsung terkoneksi dengan speaker melalui bluetooth.

Mulailah Menyetel Lagu

Tanda kalau HP sudah berhasil tersambung dengan speaker bluetooth adalah muncul keterangan tersambung (connected) di bawah nama bluetooth pada layar HP. Untuk membuktikannya, Anda bisa memainkan sebuah file lagu. Jika benar HP Anda sudah berhasil tersambung dengan speaker bluetooth, seharusnya suara akan keluar dari speaker tersebut. Sedangkan speaker bawaan HP tidak akan mengeluarkan suara. Pengaturan volume suara bisa dilakukan dari HP atau tombol pengatur suara yang ada di speaker.