Cara Pakai Wireless Charger yang Benar

Teknologi wireless charging adalah sebuah teknologi yang memungkinkan kita dapat mengisi ulang daya listrik di dalam baterai tanpa menggunakan kabel. Jadi hubungan antara baterai dan charger tersebut melalui jaringan wireless, nirkabel, atau tanpa kabel. Sebenarnya bukan murni tanpa kabel karena charger-nya sendiri masih dilengkapi kabel power. Sambungan tanpa kabel (wireless) hanya terjadi antara charger dengan baterai.

Sebenarnya wireless charger bukanlah teknologi baru. Bahkan produk alat pencukur jenggot (electric razor) dan sikat gigit elektrik sudah lama menggunakannya. Namun pamor teknologi ini meningkat pesat saat perusahaan teknologi telepon seluler juga mengadopsinya. Produk ponsel keluaran terbaru kini menggunakan charger berteknologi wireless. Tentunya inovasi ini merupakan sebuah kabar gembira bagi pengguna smartphone.

cara-pakai-wireless-charger.jpg

Seperti kita tahu, ponsel pintar saat ini sangat payah dalam urusan baterainya. Kapasitas daya listrik yang dapat disimpan oleh baterai tersebut tidak mampu mengimbangi tugas-tugas yang harus dilaksanakan oleh HP itu sendiri. Akibatnya baterai pun menjadi boros. Padahal waktu pemakaian HP belum mencapai 24 jam, tetapi Anda dipaksa harus menge-charge lagi karena daya listrik di baterai sudah menipis. Keberadaan wireless charger akan sangat membantu.

Wireless charger membuat Anda tidak perlu repot lagi saat akan mengisi ulang daya listrik di dalam baterai HP. Cara menggunakannya mudah sekali kok.

  1. Pastikan terlebih dahulu kalau HP Anda telah mendukung teknologi wireless charging. Anda bisa mencari tahu di buku manual yang menyertainya.
  2. Pasanglah kabel power wireless charger ke stop kontak. Maka otomatis charger ini akan aktif dan siap memancarkan medan listrik.
  3. Buka casing belakang HP Anda, lalu tempelkan kartu bawaan charger di baterai. Kartu ini merupakan koil elektromagnetik yang berfungsi untuk menerima arus listrik.
  4. Tempatkan smartphone Anda di atas wireless charger. Proses pengisian daya listrik ke baterai pun langsung dimulai. Sekarang Anda hanya perlu menunggunya.
  5. Wireless charger bekerja dengan mengirimkan medan listrik yang selanjutnya akan diterima oleh kartu. Kemudian sistem di HP akan membuat baterai mampu menerima listrik dari kartu ini.