Cara Upgrade SIM Card Biasa ke 4G dengan Gratis

Tanpa terasa teknologi komunikasi kini sudah berkembang sangat pesat. Alat komunikasi yang ada sekarang jauh lebih canggih daripada sekadar telepon. Untuk mendukung perkembangan teknologi komunikasi, perangkat keras (hardware) yang digunakan oleh user pun harus ikut berkembang dimulai dari bagian yang paling kecil. SIM card misalnya. Perangkat berisi data telepon ini juga harus di-upgrade agar kinerjanya semakin baik.

Untuk meng-upgrade SIM card biasa ke SIM card yang sudah berbasis teknologi 4G, prosesnya mudah sekali kok. Bahkan Anda pun dapat melakukannya secara gratis. Kami yakin sebagian besar dari Anda belum pernah mencoba upgrade SIM card sendiri. Oleh sebab itu, kami akan berusaha memberikan panduan langkah-langkah sedetail mungkin. Hal ini semata-mata kami lakukan untuk mempermudah Anda dalam mengganti SIM card tersebut.

cara-upgrade-sim-card.jpg

Adapun cara melakukan upgrade SIM card adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan SIM card yang akan di-upgrade, KTP sesuai data registrasi telepon, dan HP yang biasa digunakan untuk mengoperasikan SIM card tersebut. Jika SIM card belum teregistrasi, coba registrasi terlebih dahulu melalui *444#.
  2. Pergilah ke kantor cabang pelayanan konsumen terdekat sesuai dengan nama provider yang Anda gunakan. Contohnya Grapari untuk Telkomsel, Gerai Indosat untuk Indosat, dan XL center untuk XL.
  3. Sampaikan maksud dan tujuan kedatangan Anda ke petugas yang berjaga bahwa Anda ingin melakukan upgrade SIM card dari kartu SIM biasa menjadi kartu SIM 4G. Di sini Anda mungkin diminta untuk mengantre bila konsumen yang datang cukup banyak.
  4. Setelah tiba giliran Anda, sampaikan kembali kepada petugas bahwa Anda ingin meng-upgrade SIM card. Nantinya Anda akan diminta menyerahkan SIM card lama beserta KTP yang sesuai dengan data registrasi SIM card tersebut.
  5. Biarkan petugas memeriksa informasi data yang terdapat pada SIM card. Kemudian petugas tadi akan mencocokkannya dengan data pada KTP. Pada langkah ini, Anda sebaiknya sabar menunggu petugas tersebut bekerja.
  6. Lalu petugas akan menanyakan tentang 5 nomor telepon yang terakhir kali Anda hubungi, baik melalui sambungan telepon maupun pesan singkat (SMS). Silakan Anda bisa mengeceknya di daftar riwayat pada HP yang biasa digunakan.
  7. Sampai di sini petugas akan melakukan verifikasi untuk memastikan bahwa SIM card tersebut memang benar-benar milik Anda. Jika Anda lolos verifikasi, petugas tersebut kemudian akan menerbitkan kartu 4G baru.
  8. Ikuti instruksi petugas saat memandu Anda melakukan pergantian dari kartu lama ke kartu 4G. Pada langkah ini, prosesnya berbeda-beda sesuai dengan provider yang Anda gunakan. Tetapi Anda jangan khawatir karena cukup mengikuti instruksi petugas.
  9. Setelah proses upgrade selesai, kadang-kadang petugas akan menawarkan Anda untuk mengisi ulang pulsa minimal senilai Rp 20 ribu. Silakan Anda bayarkan uang sebanyak Rp 20 ribu kepada petugas. Selanjutnya SIM card baru Anda akan terisi pulsa.
  10. Terima SIM card 4G baru Anda. Kemudian pasang ke HP. Ubahlah jaringan teleponnya ke mode LTE, lalu aktifkan mobile data. Jika pada status jaringan Anda tampil notifikasi 4G/LTE, maka proses upgrade SIM card yang Anda lakukan sudah berhasil. Tenang, proses ini tidak akan menghilangkan pulsa dan kuota data yang sebelumnya sudah ada di SIM card yang lama.