Cukup 3 Cara Memperbaiki Layar HP yang Bergaris!

Smartphone memang mempermudah kehidupan kita. Tapi sepintar apapun smartphone yang dimiliki, produk tersebut pasti bisa mengalami kerusakan. Salah satunya yaitu kerusakan yang menimpa pada layar HP. Seperti kita ketahui, mayoritas HP kini dilengkapi dengan layar yang mengusung teknologi touchscreen. Artinya kita hanya perlu menyentuh layar HP saja untuk mengoperasikannya. Sayangnya layar inilah bagian dari HP yang paling rawan rusak.

Ada banyak kerusakan yang dapat menimpa bagian layar ponsel. Contohnya yaitu munculnya garis pada layar HP tersebut. Kebanyakan masalahnya ialah kemunculan garis vertikal, tetapi tidak menutup kemungkinan garis horizontal pula. Meskipun tidak mempengaruhi kinerja HP, namun keberadaan garis ini dapat mengganggu pandangan Anda saat menggunakan ponsel. Grafis yang ditampilkan oleh layar menjadi tidak terlihat sempurna lagi.

memperbaiki-layar-hp-bergaris.jpg

Jangan biarkan masalah ini terus berlarut-larut sebab tidak menutup kemungkinan munculnya garis pada layar merupakan gejala awal kerusakan yang akan menimpa layar HP. Anda harus menemukan penyebabnya terlebih dahulu agar bisa memperbaikinya dengan tepat. Berikut ini faktor-faktor yang dapat menyebabkan layar HP memunculkan garis yang mengganggu.

  1. HP terjatuh dari ketinggian
  2. HP terkena benturan cukup keras
  3. HP tertekan oleh benda dengan kuat
  4. Software HP mengalami error
  5. Layar mengalami kerusakan ringan

Adapun tindakan-tindakan yang dapat diambil apabila handphone Anda bergaris adalah :

Solusi 1. Kembalikan ke Pengaturan Awal

Tidak menutup kemungkinan kemunculan garis pada layar HP disebabkan oleh sistem operasi yang mengalami error. Beberapa file di dalamnya mengalami crash sehingga menyebabkan tampilan pada layar sedikit tidak benar. Garis tersebut tidak sengaja ditampilkan oleh file yang bermasalah. Kalau masalah ini terjadi, Anda tinggal mengembalikan pengaturan HP ke setting awal pabrik. Setelah dilakukan upaya factory reset, maka garis tidak muncul lagi.

Solusi 2. Atur Ulang Pemasangan Layar

HP yang terjatuh dari ketinggian, terkena benturan keras, atau tertekan oleh tenaga yang kuat menyebabkan posisi layarnya agak bergeser. Hal ini mengakibatkan munculnya garis akibat posisi layar HP yang tidak tepat. Anda harus memperbaikinya kembali untuk menyelesaikan masalah tersebut. Cobalah bongkar bagian depan HP Anda dengan hati-hati. Kemudian atur ulang posisi pemasangan layar ke tempat yang benar sesuai dudukannya.

Solusi 3. Ganti Layar yang Sudah Rusak

Bukan tidak mungkin kemunculan garis aneh pada layar touchscreen dikarenakan kondisinya yang sudah rusak. Ciri-cirinya yaitu garis pada layar tersebut berukuran cukup tebal. Artinya sudah banyak pixel pada layar yang tidak berfungsi/mati. Jika Anda terganggu dengan keberadaan garis aneh tadi, maka Anda sebaiknya mengganti layarnya dengan yang baru. Pilihlah produk layar HP yang orisinal supaya kualitas grafis yang ditampilkannya tetap terjaga.