Cukup 6 Cara untuk Mengatasi Ghost Touch HP

Kini pasar handphone didominasi oleh perangkat telepon genggam yang berteknologi touch screen. Teknologi ini memungkinkan pengguna dapat mengoperasikan perangkat HP melalui sentuhan saja. Pengguna ponsel hanya perlu menyentuh layar HP untuk memberikan perintah tertentu. Bagi pengguna, teknologi touch screen ini tentu sangat membantu dalam memakai dan mengoperasikan HP. Anda tidak perlu lagi bersusah payah menekan tombol keypad.

Namun kenyataannya teknologi touch screen justru lebih banyak mengalami masalah. Salah satu masalah yang sering dialami pengguna yaitu layarnya bergerak sendiri padahal pengguna sama sekali tidak menyentuh layar HP tersebut. Layar HP bergerak-gerak tidak karuan serta melakukan berbagai aktivitas sendiri tanpa perintah yang diberikan oleh pengguna. Kasus ini kerap disebut ghost touch. Dampaknya sangat mengganggu pengguna HP touch screen.

cara-mengatasi-ghost-touch.jpg

Lantas, apa sih solusi-solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kasus sentuhan hantu ini?

  1. Membersihkan Layar

Tak jarang kasus ghost touch menimpa pada layar HP yang kondisinya kotor. Ada noda membandel berukuran cukup besar yang menempel di layar sehingga direspons oleh sistem HP sebagai sebuah perintah. Maka solusi untuk mengatasi masalah ini yaitu membersihkan permukaan layar menggunakan kain lap hingga semua kotoran yang melekat di sana hilang semuanya.

  1. Mengeringkan Layar

Butiran-butiran air yang menempel di permukaan layar HP juga bisa menyebabkan terjadinya ghost touch loh. Semakin banyak jumlah air yang membasahi bagian atas layar, maka semakin gila pula kasus ghost touch yang menimpa. Walau kelihatannya sepele tetapi permukaan HP memang tidak boleh terkena air. Anda harus segera mengeringkannya memakai kain lap yang bersih.

  1. Memperbaiki Screen Guard

Posisi screen guard yang terlalu menempel dengan posisi layar utama juga dapat menyebabkan terjadinya ghost touch. Layar ponsel menjadi terlalu sensitif terhadap semua sentuhan yang diterimanya. Begitu pula saat Anda memberikan satu sentuhan, layar menangkap perintah tersebut sebagai banyak sentuhan sehingga menimbulkan ghost touch. Anda harus memperbaiki posisi screen guard tersebut.

  1. Mengganti Layar

Jika ghost touch terjadi terus-menerus, bisa jadi kalau kondisi layar HP memang sudah rusak. Layar tersebut sudah tidak mampu menangkap perintah Anda dengan baik. Saat Anda memberikan perintah A, layar malah meresponsnya dengan hasil B, C, atau D. Kesalahan merespons perintah ini terjadi beberapa kali secara berturut-turut. Anda bisa mencoba mengganti layar HP untuk memperbaikinya.

  1. Mengganti Charger

Beberapa kasus menyebutkan kalau ghost touch sering terjadi pada saat baterai HP sedang diisi ulang (charging). Pengguna tetap mengoperasikan HP meskipun perangkat tengah dices. Namun yang terjadi ialah pengguna tidak bisa memakai HP dengan baik sebab respons yang dilakukan oleh HP berbeda dari perintah yang diberikan. Besar kemungkinannya charger tersebut sudah rusak dan perlu diganti.

  1. Mengklaim Garansi

Tidak menutup kemungkinan di antara sekian banyaknya produk smartphone yang diciptakan oleh pabrik, satu di antaranya mengalami kecacatan. Kalau sedang apes, justru Anda bisa saja mendapatkan produk yang mengalami cacat pabrik tersebut. Tapi untungnya semua produk ponsel telah dilengkapi garansi. Jika Anda mengalami kasus ghost touch pada HP yang baru dibeli, jangan ragu untuk menukarkannya.