HP Panas Saat Dicas, Apa Penyebabnya?

Cas atau charge perlu dilakukan secara berkala terhadap HP Anda untuk mengisi ulang energi listrik ke dalam baterainya. Bagaimana pun HP membutuhkan daya listrik sebagai tenaganya. Di sini dibutuhkan baterai yang menjadi media penyimpanan energi listrik. Untungnya saat ini sudah ditemukan baterai yang dapat diisi ulang (rechargable battery). Baterai tersebut bisa digunakan berulang-ulang kali. Anda hanya perlu mengecas kembali.

Namun tidak selamanya proses pengecasan (charging) baterai HP ini berjalan dengan mulus. Kadang-kadang ada suatu masalah yang terjadi sehingga membuat Anda bingung sendiri. Contohnya yaitu suhu ponsel tiba-tiba menjadi panas sekali ketika sedang dicas. Anehnya lagi energi listrik di dalam baterainya tidak bertambah. Padahal Anda merasa yakin kalau sudah melakukan pengecasan dalam waktu yang cukup lama. Ada apa ya?

hp-panas-saat-dicas.jpg

Di bawah ini faktor-faktor yang bisa menyebabkan HP menjadi sangat panas saat dicas!

  1. Baterai Mungkin sudah Rusak?

Anda harus mencurigai baterai terlebih dahulu. Bukan tidak mungkin baterai pada HP tersebut sudah mengalami kerusakan. Hal ini ditandai dengan suhunya yang tiba-tiba menjadi panas diikuti dengan kapasitas di dalamnya yang tidak bertambah. Beberapa baterai juga akan menggelembung apabila mengalami kerusakan. Anda bisa mencoba mengganti baterai yang lama dengan baterai baru, dan lihat hasilnya.

  1. Ada Komponen yang Korslet

HP memang sudah dirakit menggunakan mesin. Tetapi masalah pada komponen yang menyusunnya masih bisa terjadi. Salah satu tanda adanya masalah pada komponen penyusun HP yaitu suhu handphone yang tiba-tiba menjadi panas, terutama pada saat dicas. Hal ini sering kali disebabkan adanya komponen yang korslet. Masalah ini biasanya diikuti oleh tidak berfungsinya beberapa fitur HP.

  1. Penggunaan Charger yang Tidak Sesuai

Semua produk handphone telah dilengkapi charger bawaan yang benar-benar sesuai. Jika charger ini rusak, Anda terpaksa membeli charger yang baru. Usahakan belilah charger yang sesuai dengan spesifikasi HP. Walaupun charger mempunyai bentuk yang sama, namun kemampuan yang dimilikinya berbeda-beda. Ada charger yang mampu mengisi baterai lebih cepat tetapi menghasilkan panas berlebih.

  1. Aplikasi yang Berjalan di Background

Smartphone sekarang jauh lebih canggih dari sekadar telepon seluler. Hal ini berkat banyaknya aplikasi yang dapat dipasang di HP. Beberapa aplikasi ini dapat berjalan di latar belakang (background) sehingga pengguna tetap terhubung meski HP didiamkan. Tetapi dampak negatifnya aplikasi ini mengonsumsi banyak energi listrik. HP Anda bisa menjadi sangat panas akibat aplikasi ini terus berjalan ketika sedang dicas.

  1. Tegangan Listrik Tidak Stabil

Tegangan listrik yang tidak stabil bisa menjadi mimpi buruk bagi pengguna handphone. Bukan tak mungkin temperatur HP bisa menjadi sangat panas sampai HP tiba-tiba mati  akibat tegangan listrik yang tidak stabil. Sayangnya sebagai pengguna, Anda sulit untuk mendeteksi tegangan listrik yang tidak stabil. Salah satu tanda yang bisa Anda rasakan yaitu HP menjadi sangat panas ketika dicas.

  1. Kelemahan HP itu Sendiri

Percaya atau tidak, ada beberapa produk HP yang dibuat dengan spesifikasi yang tidak terlalu sempurna. Misalnya kemampuan HP yang begitu tinggi tidak diimbangi dengan dukungan energi listrik dan memori penyimpanan yang memadai. Akibatnya suhu HP tersebut cepat sekali naik ketika melakukan suatu pekerjaan. Bisa jadi HP Anda juga memiliki masalah yang sama, di mana HP tersebut sudah lemah dari awal.