HP Sulit Menangkap Sinyal? Cobain 7 Solusi Ini!

Anda membutuhkan HP untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Handphone memungkinkan Anda tetap bisa berhubungan dengan orang lain yang posisinya berada di tempat yang jauh. Anda benar-benar membutuhkan HP tersebut. Sehingga ketika HP sulit mendapatkan sinyal, Anda pun merasa kesal bukan main. Apalagi jika posisi Anda memang sedang butuh sekali dengan HP tersebut, HP yang tak bisa menangkap sinyal tidak ada gunanya.

Kenyataannya adalah bukan hanya Anda seorang yang pernah mengalami masalah HP yang sulit menangkap sinyal. Hampir semua pengguna handphone pernah merasakannya. Tidak peduli apakah dia sedang berada di area perkotaan atau daerah yang terpencil, masalah ini bisa saja menimpa diri Anda. Penyebabnya bisa disebabkan oleh perangkat itu sendiri maupun layanan dari operator yang memang sedang mengalami masalah.

hp-sulit-menangkap-sinyal.jpg

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah klasik ini, di antaranya :

Berpindah ke Ruangan Terbuka

Kekuatan sinyal akan melemah saat melewati tembok bangunan. Tidak heran kalau HP Anda mengalami kesulitan dalam menangkap sinyal apabila Anda saat ini berada di dalam rumah. Jika sekarang Anda berada di dalam kamar tidur, cobalah Anda berpindah ke ruangan lain yang lebih terbuka misalnya ruang tamu atau teras. Seharusnya HP Anda bisa menangkap sinyal lebih baik ketika berada di ruangan ini.

Letakkan HP di Atas Wajan Besar

Tahukah Anda, wajan biasa saja bisa dimanfaatkan untuk memperkuat sinyal? Benar sekali bahwa wajan tersebut bisa memantulkan sinyal yang diterimanya. Adapun area yang paling banyak menerima pantulan sinyal adalah tepat di bagian tengah-tengah wajan. Anda bisa mencoba meletakkan wajan secara miring. Kemudian letakkan HP Anda persis di bagian tengah. Maka HP pun bisa menangkap sinyal dengan lebih baik.

Lakukan Pengisian Ulang Daya Baterai

Baterai ibaratnya seperti tenaga bagi kita. Saat kita lemas, tubuh pun menjadi tidak berdaya serta tak bisa melakukan pekerjaan dengan benar. Begitu pula dengan handphone. Ketika daya listrik di dalam baterai HP tersisa sedikit, performanya akan melemah. HP tak bisa menangkap seluruh sinyal yang diterimanya dengan baik. HP pun sulit menangkap sinyal. Satu-satunya jalan keluar ialah mengisi ulang baterainya.

Putuskan Sinyal HP Sementara Waktu

Jika HP bisa mengalami error apabila RAM dipaksa menampung pekerjaan yang begitu banyak, mengapa komponen penangkap sinyal tidak? Komponen ini pun bisa mengalami error ketika kondisinya sedang kacau. Biasanya Anda mengatasi RAM yang error dengan melakukan restart HP. Namun saat penangkap sinyal error, Anda tidak perlu me-restart HP tersebut. Anda cukup menyalakan mode airplane sementara waktu, lalu memadamkannya. Hal ini membuat komponen harus menangkap sinyal dari awal lagi.

Hilangkan Semua Penghalang Antena

Sebenarnya smartphone masih menggunakan antena untuk menangkap sinyal telepon. Tetapi antena tersebut dipasang pada posisi yang tersembunyi sehingga tak merusak penampilannya. Karena keberadaannya tak terlihat, tidak sedikit pengguna HP yang telah menghalangi antena tersebut secara tidak sengaja. Anda juga mungkin melakukannya? Cobalah periksa di mana posisi antena pada HP Anda dan pastikan kondisinya tidak terhalangi oleh apapun.

Gantilah Komponen Antena HP

Bukan tidak mungkin justru komponen penangkap sinyal alias antena HP Anda sudah rusak. Maka jalan keluar satu-satunya yang dapat diambil yaitu mengganti komponen tersebut. Kami sarankan Anda bisa melakukan klaim garansi produk jika masih berlaku. Namun apabila masa garansinya sudah habis, tidak ada salahnya Anda memperbaiki HP tersebut di pelayanan resminya. Tidak disarankan untuk memperbaiki HP di tempat service abal-abal.

Pindah ke Operator yang Lain

Tidak selamanya operator dapat memberikan pelayanan yang baik, termasuk soal sinyal yang dipancarkan oleh tower. Seiring dengan berjalannya waktu, kekuatan tower tersebut dalam memancarkan sinyal akan melemah. Jika performa sinyal yang sudah melemah ini tidak segera ditangani oleh pihak provider akibatnya pengguna mengalami kesulitan dalam mendapatkan sinyal. Anda harus berpindah ke Operator lainnya.