HP Sulit Terhubung WiFi? 5 Solusi di Bawah Ini akan Membantumu

Internet sekarang sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat perkotaan. Berkat internet, aktivitas kita menjadi semakin mudah. Bahkan pekerjaan kita pun sangat terbantu karena internet. Sayangnya biaya pemakaian internet di Indonesia masih tergolong mahal. Sehingga kita pun memerlukan trik tersendiri untuk menyiasati harga internet yang mahal tersebut. Salah satunya yaitu memanfaatkan layanan WiFi, baik layanan WiFi umum, WiFi gratisan, maupun WiFi private.

Bagi pengguna smartphone, WiFi bukanlah barang yang baru. Bahkan Anda sendiri sering memakainya sehari-hari untuk menghemat kuota data yang dimiliki. Saat ini memang ada banyak sekali area hotspot di lingkungan perkotaan. Ada hotspot yang gratis, namun tidak sedikit pula yang berbayar atau kita perlu membeli sesuatu terlebih dahulu agar dapat ikut terhubung ke layanan ini. Cuma masalahnya kadang-kadang smartphone kita tidak bisa terhubung meski password-nya sudah benar.

mengatasi-hp-sulit-terhubung-wifi.jpg

Apabila Anda juga mengalami masalah yaitu HP sulit terhubung melalui jaringan WiFi, cobalah kiat-kiat di bawah ini untuk mengatasinya!

Kiat 1. Periksa Koneksi Jaringannya Dahulu

Bukan tidak mungkin penyebab HP Anda tidak bisa terhubung WiFi sebenarnya ditimbulkan oleh faktor yang sepele. Misalnya yaitu fitur WiFi di smartphone ternyata belum diaktifkan, atau malah pengguna tanpa sengaja mematikan fitur tersebut. Sehingga pantas saja HP tak bisa terkoneksi dengan WiFi. Atau kemungkinan yang lainnya yaitu mode pesawat (airplane mode) pada smartphone ternyata sedang aktif sehingga HP pun tidak dapat menerima sinyal apapun, termasuk sinyal WiFi.

Kiat 2. Pastikan Nama dan Password Benar

Penyebab lainnya yang mungkin menjadi alasan HP Anda sulit terhubung dengan WiFi yaitu smartphone tersebut mencoba melakukan koneksi dengan jaringan yang salah. Pasalnya tak jarang nama perangkat modem Anda mirip atau bahkan sama dengan modem lainnya. Sehingga ketika mencoba menyambung dengan modem tersebut, akses HP Anda pun ditolak karena salah memilih jaringan. Sedangkan faktor lainnya yaitu Anda salah dalam mengetikkan password. Perlu diketahui, password WiFi ini bersifat case-sensitive sehingga harus benar dalam penulisannya, baik huruf besar atau huruf kecil.

hp-sulit-terhubung-wifi.jpg

Kiat 3. Lakukan Restart di Kedua Perangkat

Kalau Anda yakin sudah melakukan langkah-langkah yang tepat untuk menyambungkan smartphone ke WiFi namun hasilnya tetap nihil, maka Anda bisa mencoba melakukan restart terhadap kedua perangkat tersebut, baik smartphone maupun modem atau router yang digunakan. Sebab bisa jadi perangkat ini terlalu sibuk mengolah data sehingga mengalami blank atau error yang menyebabkannya tidak mampu menerima perintah dengan baik. Restart pasti akan langsung memulihkan kondisinya.

Kiat 4. Bersihkan Memori WiFi di Ponsel

Kalau beberapa solusi di atas belum mampu mengatasi masalah yang sedang Anda alami, cobalah Anda membersihkan memori WiFi yang ada di ponsel. Hapuslah data-data WiFi yang dulu pernah terhubung dengan smartphone Anda, khususnya WiFi yang sulit dihubungkan tadi. Cobalah menghapus jaringan yang ingin dihubungkan lagi. Caranya yaitu ketuk nama jaringan yang ingin dihapus, kemudian pilihlah forget. Lantas lakukan restart. Setelah HP menyala kembali, coba Anda sambungkan lagi smartphone dengan WiFi tersebut.

Kiat 5. Factory Reset Sebagai Jalan Terakhir

Seharusnya HP Anda sudah bisa tersambung dengan jaringan WiFi setelah menerapkan solusi-solusi di atas. Namun kalau smartphone tersebut tetap belum bisa terkoneksi dengan WiFi, maka kemungkinan besar fitur WiFi pada smartphone sedang mengalami masalah. Berharap saja kalau masalahnya ringan dan hanya menimpa pada bagian software saja. Untuk mengatasinya, Anda tinggal melakukan factory reset untuk mengembalikan kondisi smartphone seperti baru pertama kali digunakan. Namun kalau trik terakhir ini belum mampu mengatasi masalah Anda, berarti perangkat WiFi di HP tersebut memang sudah rusak. Anda bisa mencoba menggantinya.