Ini 7 Penyebab HP Cepat Panas yang Sebenarnya

Mengapa HP Anda bisa cepat panas? Kini telepon pintar telah menjelma menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia berkat kecanggihannya. Hanya dengan bermodalkan sebuah gadget berukuran 5 inci, Anda bisa melakukan beragam aktivitas. Mulai dari bertelepon dengan orang lain, mencari informasi lewat internet, mendengarkan musik, menonton film, sampai menjadi dokter pribadi Anda. Pokoknya HP adalah perangkat elektronik terbaik abad ini sebab memiliki kegunaan yang sangat banyak.

Tetapi HP bukanlah perangkat elektronik yang sempurna. Alat ini bisa mengalami masalah dan mempunyai beberapa kekurangan. Salah satunya ialah mesin di dalam HP yang cepat panas saat kita bawa sehari-hari. Tentu saja Anda merasa tidak nyaman sebagai pengguna ketika HP yang dipegang begitu panas. Di samping kinerja sistemnya menjadi lambat, ponsel yang tiba-tiba menjadi panas ini juga sangat berbahaya. Bukan tidak mungkin ponsel genggam  tersebut meledak sewaktu-waktu karena suhunya terlalu tinggi.

tips-agar-hp-tidak-panas.jpg

Tahukah Anda, apa sih sebenarnya faktor-faktor yang menyebabkan HP Anda cepat panas?

  1. Baterai sudah Lowbat

Semua baterai memiliki masa pemakaian yang berbeda-beda. Masa pemakaian baterai ini dipengaruhi oleh frekuensi Anda mengisi ulang daya listriknya. Setiap kali Anda mengecas HP, maka usia baterainya akan berkurang satu level. Lama-kelamaan performa baterai juga akan mengalami penurunan. Jika dipaksa bekerja keras, baterai yang kondisinya sudah menurun akan menghasilkan panas berlebihan.

  1. Casing Terlalu Rapat

Casing yang digunakan sebagai pembungkus mesin HP sebaiknya jangan terlalu rapat. Casing tersebut harus memiliki celah-celah sebagai lubang ventilasi udara. Apabila casing HP Anda terlalu rapat, panas yang dihasilkan oleh mesin sukar dinetralisir oleh udara yang seharusnya bisa memasukinya. Akibatnya kondisi mesin pun terus bertambah panas dan semakin panas.

  1. Casing dari Logam

Beberapa ponsel zaman sekarang banyak yang menggunakan casing berbahan dasar aluminium atau logam lainnya. Selain berguna untuk menimbulkan kesan futuristik, pemilihan casing dari logam ini juga berguna untuk membantu mempercepat proses pendinginan mesin. Suhu panas di dalam mesin cepat teralirkan melalui casing. Namun sebagai pengguna, Anda kadang merasa risih karena HP cepat memanas.

  1. Kondisi Sinyal Jelek

Smartphone pada umumnya sudah diatur sedemikian rupa untuk mencari sinyal setiap periode waktu tertentu. Sinyal telepon ini harus ditemukan. Kalau tidak, maka sistem di HP akan terus berusaha mencarinya. Ketika Anda berada di tempat terpencil yang sulit mendapatkan sinyal, mesin HP akan bekerja lebih keras daripada saat Anda berada di pusat kota. Salah satu dampaknya ialah HP menjadi cepat panas.

  1. Serangan Spam dari Internet

HP Android sebetulnya sama sekali tidak bisa terserang virus. Jadi data-data sistemnya akan senantiasa aman. Namun bukan berarti HP yang diinstal sistem operasi Android ini benar-benar bebas dari serangan. Serangan terhadap ponsel android umumnya muncul ketika Anda terkoneksi dengan jaringan internet. Misalnya Anda tiba-tiba mendapatkan pemberitahuan yang banyak, HP menginstal suatu aplikasi sendiri, dan lain sebagainya.

  1. Terlalu Banyak Aplikasi

Kini sudah banyak aplikasi menarik yang menggoda Anda sebagai pengguna telepon pintar. Tanpa sadar Anda pun menginstal aplikasi terlalu banyak hingga membuat kinerja mesin HP semakin terbebani. Sebenarnya tak masalah bila Anda menginstal aplikasi tersebut semaunya asalkan jangan pernah menggunakannya bersama-sama. Pastikan Anda menutup kembali aplikasi yang sudah tidak dipakai agar mesinnya tidak panas.

  1. Kondisi Cuaca Panas

Jangan lupakan faktor eksternal seperti kondisi cuaca yang sedang panas pun dapat mengakibatkan HP Anda gampang memanas. Jika Anda menggunakan ponsel di bawah terik matahari langsung, maka secara praktis suhu ponsel pun cepat naik. Selain itu, Anda pun perlu menghindari tempat-tempat tertutup untuk menyimpan HP. Pastikan HP tetap bisa teraliri udara dengan lancar untuk mendinginkan mesinnya.