Inilah 11 Ciri-ciri Baterai HP Samsung Ori yang Asli

Smartphone menggunakan baterai sebagai sumber tenaganya. Namun sayangnya baterai HP tersebut belum dilengkapi dengan teknologi yang cukup canggih. Hal ini membuatnya cepat rusak. Kasus kerusakan pada baterai smartphone umumnya terjadi akibat kesalahan pengguna dalam melakukan proses charging. Dampaknya yaitu sel-sel elektronik yang menyusun baterai tersebut bakal pecah sehingga tidak dapat diisi dengan energi listrik secara normal.

Rusaknya baterai sangat mengganggu Anda dalam memakai smartphone. HP Anda menjadi lowbat alias ngedrop. HP tersebut sering mati secara tiba-tiba padahal indikatornya sendiri masih menunjukkan kalau kapasitasnya masih banyak. Baterai yang rusak tersebut membuat indikator di dalam HP tidak mampu membaca kapasitasnya dengan benar. Jalan keluar satu-satunya yaitu segera ganti dengan baterai yang baru. Disarankan pakailah baterai yang asli.

ciri-ciri-baterai-samsung-ori.jpg

Bagi Anda yang kebetulan ingin membeli baterai dengan merek Samsung yang original, Anda dapat mengidentifikasi keaslian baterai tersebut dengan memperhatikan ciri-ciri di bawah ini!

  1. Strukturnya Padat dan Berbobot Berat

Baterai Samsung yang asli selalu mempunyai struktur yang padat. Sebab bahan baku untuk membuat baterai tersebut memang benar-benar berkualitas tinggi. Samsung tak mau main-main dengan produk yang dibuatnya. Sehingga sel-sel penyusun baterai pun diisi secara penuh supaya baterai tersebut dapat bekerja secara maksimal. Maka tidak heran kalau bobotnya pun terasa berat.

  1. Dilengkapi Hologram Samsung SEIN

Semua produk Samsung yang ori selalu dipasangi dengan hologram yang menampilkan logo Samsung SEIN. Bukan stiker hologram abal-abal, melainkan stiker yang berkualitas tinggi. Umumnya stiker ini menempel dengan kuat di permukaan baterai sehingga sulit bagi Anda untuk melepaskannya. Stiker ini cukup tebal dan menampilkan gambar logo dengan jelas.

  1. Ada Cetakan Gembor dan Samsung SDI

Cuma Samsung yang mau repot-repot melindungi keaslian produk buatannya. Salah satu upaya dari pihak Samsung untuk membantu pengguna dalam mengidentifikasi produk baterai yang ori buatannya adalah membuat cetakan gembor dan Samsung SDI di baterai tersebut. Lokasi cetakan ini cukup tersembunyi. Jadi Anda harus sedikit membongkar kertas pembungkus baterai untuk menemukannya.

  1. Dilengkapi Serial Number yang Unik

Produk baterai asli Samsung juga dilengkapi dengan serial number yang bersifat unik. Dikatakan unik sebab setiap serial number hanya ditujukan untuk satu produk baterai saja. Jadi tidak ada baterai ori yang mempunyai serial number yang sama. Jangan lupa ketika Anda hendak membeli baterai, perhatikan dengan baik serial number beberapa baterai yang dijual. Kalau informasinya sama atau ada yang sama, kemungkinan besar baterai tersebut palsu.

  1. Dilindungi Segel Resmi dari Samsung

Ciri-ciri baterai Samsung ori yang berikutnya yaitu ada tidaknya segel resmi di kemasan baterai tersebut. Perlu Anda ketahui, setiap baterai asli merek Samsung dilindungi oleh segel. Bukan hanya pada baterainya saja, tetapi segel tersebut juga ada pada kemasan baterai. Sehingga baterai tadi benar-benar terlindungi dari oknum jahil. Apabila tidak ada segel di kemasan baterai, jangan beli baterai tersebut.

  1. Cetakan Tulisannya Terlihat Jelas

Samsung merupakan perusahaan elektronik yang telah berhasil memproduksi berbagai produk. Bukan hanya smartphone atau baterai, tetapi ada pula printer, LED TV, laptop, AC, dan masih banyak lagi. Sehingga kemampuan perusahaan ini dalam mengemas produknya tak perlu diragukan lagi. Coba Anda perhatikan dengan baik tulisan yang ada di kertas pembungkus baterai, kalau nampak samar-samar dan kurang jelas, maka tandanya itu baterai palsu.

  1. Informasi Tanggal Pembuatan yang Sah

Tidak mungkin Samsung melakukan kesalahan untuk pekerjaan yang sepele. Misalnya mencetak informasi tanggal pembuatan baterai tersebut. Info tanggal pembuatan ini mesti sama antara data yang tercetak di baterai maupun pembungkusnya. Jika infonya berbeda, dapat dipastikan kalau baterai tersebut palsu. Informasi tanggal pembuatan ini selalu tertulis di baterai Samsung dan kemasannya dengan jelas.

  1. Terdapat Chip NFC yang Ditanamkan

Samsung juga sengaja menanamkan chip khusus di setiap produk baterai yang telah diproduksinya. Chip ini semata-mata berguna untuk membantu pengguna mengenali baterai Samsung yang original. Chip NFC tersebut ditanamkan ke dalam baterai asli. Namun Anda harus melepaskan kertas pembungkus baterai untuk menemukannya. Sedangkan baterai yang palsu tidak mungkin memiliki chip ini.

  1. Memiliki Permukaan yang Rapi Sekali

Sebenarnya cukup dengan melihatnya saja, Anda bisa langsung membedakan antara baterai ori dan baterai palsu. Sebab dari bentuk cetakannya saja sudah terlihat jelas perbedaan dari kedua produk baterai ini. Baterai Samsung yang orisinal mempunyai bentuk yang rapi. Desainnya jelas dibuat dengan penuh pertimbangan, baik bagian baterai yang datar, cekung, maupun cembung ke atas.

  1. Kemasannya Padat dan Sangat Rapi

Jika Anda teliti dalam memperhatikan baterai smartphone, maka Anda seharusnya sudah mampu membedakan antara baterai ori dan palsu dari kemasannya saja. Ingat, kemasan baterai Samsung yang asli mempunyai struktur yang padat, kokoh, dan kuat. Bahan mika yang dipakai untuk membungkus baterai adalah mika yang berkualitas tinggi. Selain itu, balutan kemasannya pun sangat rapi. Tak ada bagian yang tidak terpasang dengan sempurna sehingga baterai terlindungi dengan baik.

  1. Info Baterai Terdeteksi dengan Tepat

Baterai Samsung yang ori selalu bisa melakukan sinkronisasi secara sempurna dengan smartphone Samsung itu sendiri. Begitu pula saat Anda mengecek kondisi baterai yang terpasang melalui layar smartphone. Maka informasi yang muncul benar-benar sesuai dengan kondisi HP yang sebenarnya. Anda bisa menghubungi *#*#4636*#*#. Lantas perhatikan temperatur baterai tersebut. Suhu baterai yang ori berkisar antara 24-45 derajat celsius. Sedangkan suhu baterai palsu akan selalu berada di angka 24 derajat celsius.