Inilah 8 Kelebihan dan Kekurangan iPhone Refurbished

Kalau Anda ingin membeli iPhone dengan harga yang terjangkau, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli produk iPhone refurbished. Apa itu iPhone refurbished? iPhone refurbished adalah perangkat iPhone bekas pakai yang kemudian dijual lagi oleh Apple. Bagaimana bisa? Produk iPhone refurbished ini sebelumnya ditarik dari pengguna karena memiliki kecacatan atau hasil klaim garansi. Setelah diperbaiki sedemikian rupa oleh Apple, iPhone tersebut lantas dijual kembali dengan label refurbished.

Walaupun merupakan produk bekas pakai, Anda tak usah khawatir soal jaminan kualitas produk ponsel tersebut. Sebab setiap unit iPhone refurbished telah melalui pengujian ulang secara menyeluruh. Produk ini telah diperbaiki oleh pihak resmi Apple serta dilakukan penggantian komponen bila perlu. Setelah itu, produk akan diperiksa untuk memastikan mampu berfungsi dengan baik. Tidak lupa juga iPhone ini akan dibersihkan secara menyeluruh dan dilakukan packing ulang. Semuanya terjamin oleh standar Apple.

kelebihan-iphone-refurbished.jpg

Berikut ini ciri-ciri iPhone refurbished yang mesti Anda ketahui :

  • iPhone refurbished dilengkapi dengan kardus berwarna putih berlogo Apple yang bertuliskan Apple Certified Pre-Owned.
  • iPhone refurbished disertai dengan nomor serial yang baru dan nomor keterangan bagian-bagian yang mengalami refurbished.

Anda harus tahu kalau iPhone refurbished itu terdiri atas 3 grade yaitu :

  1. iPhone refurbished grade A merupakan perangkat yang kualitasnya paling baik. iPhone ini tidak memiliki cacat fisik yang terlihat jelas. Kalau pun ada goresan ukurannya sangat tipis bekas dari penggunaan yang ringan.
  2. iPhone refurbished grade B ialah perangkat yang mempunyai cacat fisik yang ringan akibat dari penggunaan sehari-hari. Contohnya seperti cat yang sedikit mengelupas, goresan halus, serta penyok tipis di belakang atau samping ponsel.
  3. iPhone refurbished grade C adalah perangkat iPhone refurbished yang kondisinya paling buruk. Terdapat cacat fisik yang cukup berat serta kondisi ponsel seperti kurang terawat oleh pemilik yang sebelumnya. Bisa dibilang perangkat jauh dari kata mulus.

kekurangan-iphone-refurbished.jpg

KELEBIHAN

iPhone refurbished mempunyai sejumlah kelebihan yang meliputi :

  1. Harganya Lebih Murah

Selama ini iPhone dikenal sebagai perangkat smartphone yang harganya mahal. Harga iPhone selalu jauh lebih mahal dibandingkan produk smartphone dari merek yang lainnya. Bahkan di awal kemunculannya, iPhone sempat begitu menggegerkan dunia. Tapi dengan adanya iPhone refurbished ini, Anda bisa membeli iPhone dengan harga yang lebih murah. Ini merupakan opsi yang sangat tepat dipilih jika anggaran Anda terbatas.

  1. Originalitasnya Terjamin

Mengapa Anda sebaiknya membeli iPhone refurbished daripada iPhone bekas pakai yang dijual oleh counter ponsel atau seseorang yang Anda kenal? Sebab keaslian produk iPhone yang Anda beli benar-benar terjamin. iPhone refurbished dijual secara resmi oleh Apple. Produk yang dijual merupakan iPhone asli, bukan tiruan, dan juga bukan iPhone abal-abal. Anda tidak perlu cemas bakal terkena tipu karena telah membeli iPhone palsu.

  1. Garansi 1 Tahun Resmi

Layaknya seperti produk iPhone baru, iPhone refurbished juga dilengkapi dengan garansi resmi dari Apple selama 1 tahun. Garansi ini merupakan garansi internasional ya. Sehingga Anda dapat menggunakan perangkat iPhone refurbished tadi dengan lebih nyaman tanpa merasa khawatir. Sebab kalau ponsel iPhone tersebut mengalami kerusakan, Anda bisa melakukan klaim garansi ke Apple secara langsung. Pelayanannya dijamin memuaskan deh.

  1. Dilengkapi Aksesori Baru

Saat membeli iPhone refurbished, Anda memang akan mendapatkan produk iPhone yang bukan baru. Akan tetapi, semua aksesori yang melengkapi produk ponsel tersebut baru kok. Aksesori ini meliputi earphone, charger, dan kabel USB. Ketiga-tiganya merupakan produk aksesori yang dijamin baru. Tentunya ini sangatlah menguntungkan Anda pribadi. Membeli iPhone refurbished jauh lebih menguntungkan daripada membeli iPhone bekas dari orang lain.

  1. Harga Jual Kembali Tinggi

iPhone merupakan produk telepon genggam dengan kualitas yang premium. Harga produknya yang mahal membuat nilai smartphone yang satu ini begitu tinggi. Ada banyak sekali orang yang ingin memiliki iPhone sendiri. Namun apa daya, harga produknya yang mahal membuat mimpi tersebut tetaplah mimpi. Maka tak heran kalau ada seseorang yang menjual iPhone bekas pakai, maka pembelinya bejibun. Hal ini membuat harga jual kembalinya tetap tinggi.

KEKURANGAN

iPhone refurbished juga memiliki kekurangan di antaranya :

  1. Merupakan Versi Lawas

Sayang sekali karena iPhone refurbished ini hanya berlaku untuk versi lawas saja. Biasanya sih iPhone refurbished merupakan versi iPhone dari dua generasi sebelumnya. Contohnya sekarang versi iPhone yang paling tinggi adalah iPhone 9. Anda tak akan bisa menemukan iPhone 8 dan 9 versi refurbished. Adanya yaitu iPhone 7 ke bawah. Akibatnya adalah produk iPhone yang Anda beli sudah ketinggalan zaman.

  1. Stocknya Sangat Langka

Produk iPhone refurbished merupakan produk yang sangat langka. Walaupun ini merupakan produk yang berbeda dari iPhone baru, tetapi peminatnya tak pernah sepi. Kalau pun tersedia produk iPhone refurbished di suatu toko Apple, pasti akan habis dalam waktu yang singkat. Terang saja karena banyak orang yang berminat membeli iPhone asli dengan harga yang lebih murah. Anda harus berusaha memburunya.

  1. Harus Pintar Memilihnya

Sekali lagi kami ingatkan bahwa iPhone refurbished berbeda dengan iPhone baru. Ini merupakan produk bekas pakai yang sudah diperiksa kembali secara teliti oleh tim Apple dengan standar yang tinggi untuk memastikan kualitasnya tetap terjamin. Namun saat membelinya, Anda harus memeriksa lagi kondisi iPhone tersebut dengan cermat. Meskipun ada jaminan garansinya, tapi repot juga kan kalau iPhone refurbished tersebut tiba-tiba mengalami kerusakan?