Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J2 Prime

Samsung Galaxy J2 Prime termasuk salah satu smartphone yang paling populer di sepanjang tahun ini. Bagaimana tidak? Sebab ponsel pintar yang termasuk dalam kategori low-entry hingga middle-high ini memiliki spesifikasi yang sangat mumpuni. Desainnya begitu menarik, terutama yang berwarna gold terlihat menyerupai smartphone level high. Maka tak heran kalau banyak konsumen yang tertarik membeli ponsel ini.

Namun Anda harus menyadari bahwa tidak ada handphone yang sempurna di dunia ini. Pasti semua smartphone mempunyai kekurangan di balik semua kelebihan yang dimilikinya. Begitu pula dengan Samsung Galaxy J2 Prime. Harganya yang terjangkau, desainnya yang sungguh menarik, serta spesifikasi mesin yang mumpuni tidak lantas menobatkannya sebagai HP yang sempurna. Sebab HP ini juga mempunyai kelebihan dan kekurangan.

kelebihan-kekurangan-samsung-galaxy-j2-prime.jpg

KELEBIHAN

Berikut ini kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J2 Prime.

  1. Samsung Galaxy J2 Prime mempunyai desain yang benar-benar menggoda. Desain HP ini dibuat dengan sepenuh hati. Orang awam bukan tidak mungkin akan mengiranya sebagai HP kelas premium. Padahal J2 Prime sendiri termasuk HP level low-end sampai medium. Jadi Anda akan terlihat sangat mewah.
  2. Ada tiga pilihan warna casing yang tersedia pada produk Samsung Galaxy J2 Prime. Di antaranya yaitu gold, metalic, dan black. Berdasarkan hasil survei di pasaran, produk dengan warna emas yang paling laku dibandingkan warna silver atau warna hitam. Casing berwarna emas dianggap mampu mengangkat nilai suatu produk.
  3. Anda tak perlu takut untuk membeli Samsung Galaxy J2 Prime karena harganya sangat terjangkau kok. Kisaran harganya yaitu antara Rp 1-1,3 jutaan. Harga ini tentu jauh lebih murah jika kita membandingkan produk-produk HP lain yang mempunyai spesifikasi sepadan tapi harganya lebih mahal.
  4. Kamera yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J2 Prime juga bisa dikatakan mempunyai kualitas yang bagus untuk HP dengan harga Rp 1 jutaan. Smartphone ini dilengkapi kamera 8 MP di bagian belakang dan 5 MP di bagian depan. Bukan kamera abal-abal, tetapi kamera dengan kualitas tinggi dan fitur-fitur yang lengkap.
  5. Waktu pengisian ulang daya listrik ke dalam baterai yang melengkapi Samsung Galaxy J2 Prime juga tidak terlalu lama. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam lebih sedikit untuk mengisi baterai dari 30 persen ke 100 persen. Bagi Anda yang tidak bisa terlepas dari HP tentu sangat membutuhkan fitur ini.

KEKURANGAN

Sementara itu, Samsung Galaxy J2 Prime juga mempunyai kekurangan antara lain :

  1. Samsung Galaxy J2 Prime dilengkapi dengan memori internal yaitu 8 GB. Angka ini mungkin akan terdengar begitu besar. Namun kenyataannya sebagian besar dari memori internal tersebut sudah habis digunakan untuk menyimpan file-file sistem operasi. Hingga memori internal yang tersisa hanya sekitar 1 GB saja.
  2. Ponsel J2 Prime juga hanya dipersenjatai dengan baterai dengan kapasitas 2.600 mAh saja. Tentu kapasitas baterai tersebut benar-benar sangat kurang. Jika Anda memaksa diri tetap menggunakannya, maka baterai pada HP Anda akan cepat habis. Anda pun dituntut untuk terus melakukan charging berulang-ulang kali.
  3. Sistem operasi yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J2 Prime adalah Android OS 6.0 atau disebut Android Marshmallow. Padahal di tahun peluncurannya ini, sistem operasi Android sudah berkembang sampai ke versi 9 alias Android Pie. Jadi tak mengherankan kalau ada beberapa aplikasi yang tidak bisa diinstal di HP ini.
  4. Ghost touch merupakan momok yang paling menakutkan bagi pengguna HP berlayar sentuh. Sebab masalah ini menyebabkan HP akan membuka aplikasi sendiri. HP tadi juga acap kali memberikan respons yang salah terhadap sentuhan Anda. Sayangnya ghost touch adalah masalah yang paling sering menimpa Galaxy J2 Prime.
  5. Body Samsung Galaxy J2 Prime terbuat dari material plastik. Hal ini membuat nilainya berkurang jika didekatkan dengan produk handphone masa kini yang umumnya dibuat memakai bahan logam. Namun kekurangan ini sedikit bisa teratasi karena Galaxy J2 Prime didesain dengan sangat apik.
  6. Tidak adanya lapisan tempered glass yang melapisi permukaan layar Samsung Galaxy J2 Prime membuat Anda harus berhati-hati saat menggunakan dan membersihkannya. Kesalahan sedikit saja bisa menimbulkan goresan permanen yang tak bisa dihilangkan. Kami sarankan segera pasang tempered glass tambahan.
  7. Samsung Galaxy J2 Prime juga dilengkapi dengan RAM yang sangat terbatas. Kapasitas penyimpanan RAM tersebut hanya mencapai 1,5 GB saja. RAM 1,5 GB ini tentu sangat kurang untuk kebutuhan penyimpanan aplikasi-aplikasi jaman sekarang. Kasus hang akan sering terjadi manakala Anda memaksakan diri menjalankan aplikasi yang berat.