Kelebihan dan Kekurangan Wireless Charger

Akhir-akhir ini wireless charger begitu ramai diperbincangkan. Wireless charger ialah teknologi mutakhir yang membuat kita dapat mengisi ulang daya listrik pada baterai tanpa menggunakan kabel. Perangkat ini bekerja dengan memanfaatkan medan listrik untuk mentransfer energi listrik ke medan listrik lainnya. Prinsip kerja ini sudah lama ditemukan oleh Nicolas Tesla. Tapi pamornya semakin meningkat setelah manusia berhasil mengimplementasikannya.

Sebelum diadopsi ke telepon seluler, wireless charger sudah digunakan terlebih dahulu oleh alat pencukur jenggot dan sikat gigi elektrik sejak lama. Kedua perangkat elektronik ini memakai wireless charger untuk membuat proses pengisian ulang baterainya semakin mudah. Barulah kemudian wireless charger digunakan untuk HP. Kepopulerannya semakin meningkat tatkala charger ini diusung oleh Nokia (Lumia 920 dan Lumia 820) serta Google (Nexus 4).

kelebihan-dan-kekurangan-wireless-charger.jpg

Perlu Anda ketahui, terdapat 2 jenis wireless charger menurut modelnya. Pertama yaitu stand wireless charger yaitu wireless charger yang memiliki model berdiri tegak. Jenis ini sangat pas dipilih apabila Anda ingin meletakkannya di atas meja kerja. Model kedua yaitu plate wireless charger atau pillow wireless chager. Model ini mengharuskan HP wajib ditidurkan saat Anda ingin menge-charge baterainya. Anda bisa memilih charger ini untuk ditaruh di meja tidur.

Tentu saja wireless charger ini bukan produk yang sempurna. Faktanya yaitu perangkat ini mempunyai kelebihan dan kekurangan (pro dan kontra).

KELEBIHAN

Berikut ini kelebihan-kelebihan dari wireless charger, antara lain :

  • Pada dasarnya semua perangkat teknologi diciptakan untuk mempermudah kehidupan umat manusia. Begitu pula dengan produk wireless charger ini. Produk ini bertujuan untuk mempermudah Anda mengisi ulang daya listrik pada baterai handphone. Dan tujuan tersebut berhasil dicapai oleh wireless charger. Ketika menggunakan wireless charger, Anda hanya perlu meletakkan HP di atas produk ini. Maka proses pengisian ulang daya baterai pun seketika akan langsung berjalan secara otomatis.
  • Wireless charger dirancang dengan desain yang futuristik. Bentuknya begitu slim, rapi, bersih, dan minimalis. Namun kesan elegan tetap terlihat mendominasi. Hal ini akan membuat desain meja kerja Anda terlihat lebih menarik di mata orang lain. Ada alat masa depan bernama wireless charger yang menjadi focal point. Meja Anda tidak dipenuhi oleh kabel-kabel charger lagi yang sebelumnya berserakan di mana-mana. Hasilnya Anda pun merasa lebih gembira saat bekerja di sana.
  • Anda hanya perlu meletakkan HP di atas charger saat menggunakan wireless charger. Anda tidak perlu menancapkan kabel apapun baik di port USB pada HP maupun alat charger tersebut. Karena port USB di HP jarang digunakan, maka port tersebut jauh lebih awet daripada HP yang memakai charger biasa. Perlu Anda ketahui, port USB di HP rentan mengalami kerusakan. Apabila port ini sudah rusak, maka baterai HP tidak akan bisa diisi ulang kembali dengan aliran energi listrik.
  • Anda bisa membawa wireless charger ke mana-mana tanpa terbebani sedikit pun. Charger ini bisa diletakkan begitu saja di dalam tas atau saku celana karena tidak membutuhkan ruang yang begitu besar. Malah untuk wireless charger, Anda bisa memakainya sama seperti menggunakan powerbank. Bedanya yaitu Anda tidak perlu lagi kabel USB. Hal ini akan membuat Anda semakin nyaman saat membawanya pergi ke suatu tempat.

KEKURANGAN

Namanya juga produk keluaran terbaru, jadi wajar bisa masih banyak kekurangan yang harus dibenahi oleh wireless charger.

  1. Wireless charger bekerja dengan memanfaatkan medan listrik sebagai media untuk mentransfer energi. Sayangnya medan listrik ini menghasilkan panas yang cukup besar. HP yang memakai wireless charger akan mengalami pemanasan.
  2. Proses pengisian ulang daya listrik menggunakan wireless charger keluaran saat ini berlangsung lebih lambat daripada pemakaian charger konvensional. Salah satu hal yang menjadi penyebabnya yaitu prosesnya lebih panjang.
  3. Anda yang mengaku termasuk orang ceroboh tidak disarankan menggunakan wireless charger. Mengapa? HP yang dicas memakai wireless charger hanya ditaruh di atasnya. Jika tersenggol secara tidak sengaja, HP tersebut akan langsung terjatuh.
  4. Anda yang masih suka menggunakan HP ketika sedang di-charge sebaiknya urungkan niat untuk memakai wireless charger. Pasalnya alat ini tidak memungkinkan Anda bisa memakai HP saat dicas. Saat Anda mengangkat HP, pengisian daya pun terhenti.
  5. Harga wireless charger saat ini juga masih tergolong mahal. Bahkan untuk produk wireless charger palsu masih lebih tinggi ketimbang charger konvensional. Selisih harganya pun cukup jauh karena merupakan teknologi terbaru.