Kenapa Tidak Bisa Instal Aplikasi Play Store di HP Android?

Smartphone dengan sistem operasi Android mempunyai kemampuan yang begitu banyak. Tidak hanya berguna sebagai perangkat telepon, tapi ponsel ini juga memiliki fungsi yang lainnya. Untuk mendukung tugas tersebut Anda perlu memasang beberapa aplikasi yang dapat diunduh di Play Store. Ini merupakan toko aplikasi resmi milik Google. Setiap aplikasi mempunyai kemampuan tertentu. Anda mungkin perlu menginstal beberapa aplikasi supaya kemampuan HP Anda semakin komplit.

Di Play Store, tersedia berbagai macam aplikasi yang memiliki fungsi beraneka ragam. Ada aplikasi yang gratis, namun ada pula aplikasi yang berbayar. Untuk dapat memasangnya di HP, Anda tinggal membuka aplikasi Play Store. Lalu carilah aplikasi yang Anda inginkan. Sentuh tombol instal pada aplikasi tersebut, maka proses instalasi aplikasi pun akan berjalan secara otomatis. Selanjutnya Anda tinggal menunggu beberapa saat hingga proses ini selesai. Nantinya bakal ada notifikasi yang muncul di HP.

tidak-bisa-instal-aplikasi.jpg

Namun bagaimana jadinya ketika kalau HP Anda tiba-tiba tidak dapat menginstal aplikasi? Anda sendiri sudah mencoba menekan tombil instal pada aplikasi beberapa kali, tapi hasilnya selalu sama. Anda tetap tidak bisa menginstal aplikasi. Mengapa sih masalah ini muncul? Bagaimana pula solusinya?

Kuota Data Anda Sudah Habis

Bukan tidak mungkin penyebab gagalnya Anda mengunduh aplikasi di Play Store dikarenakan memang kuota data Anda sudah habis. Untuk dapat tersambung ke jaringan internet, kita membutuhkan kuota data seluler. Kalau diibaratkan kuota ini merupakan ongkos yang kita bayarkan. Kurang lebih kuota ini mirip seperti pulsa namun khusus untuk sambungan internet. Jadi wajar apabila kuota data telah habis, maka sambungan internet tidak dapat dilakukan. Silakan cek kembali sisa kuota data Anda.

Jaringan Internet Tidak Stabil

Kondisi jaringan internet yang tidak stabil juga dapat menjadi salah satu penyebab gagalnya Anda dalam menginstal aplikasi di Play Store. Kekuatan jaringan yang labil ini membuat sambungan internet tak bisa berjalan dengan lancar. Seharusnya aliran data di jaringan internet dapat mengalir secara lancar, tanpa mengalami hambatan. Namun apabila jaringan internet tidak stabil, bukan tak mungkin sambungannya akan terputus di tengah jalan. Bahkan sambungan internet bakal mengalami error. Misalnya jika jaringan yang tidak stabil adalah mode 4G, Anda bisa coba alihkan ke mode 3G dahulu.

Aplikasi Play Store sedang Error

Faktor lainnya yang kerap menyebabkan gagalnya menginstal aplikasi adalah kondisi aplikasi Play Store yang sedang error. Bukan server Play Store yang error, tetapi aplikasi Play Store Anda yang sedang error. Error ini memang tidak dapat dihindarkan dari aplikasi-aplikasi di ponsel Anda. Bukan tidak mungkin ada error yang menimpa aplikasi di smartphone, termasuk Play Store. Jika error ini terjadi, maka aplikasi tidak dapat berjalan dengan semestinya. Solusinya yaitu Anda tinggal menghapus cache dari aplikasi Play Store via menu Settings/Pengaturan.

Sistem HP Anda Terlalu Sibuk

HP Anda juga bisa mengalami error yaitu tidak mampu mengunduh aplikasi di Play Store akibat sistem di dalam HP tersebut yang terlalu sibuk. Masalah ini umumnya terjadi lantaran Anda tidak sabar menunggu proses instalasi pada aplikasi-aplikasi sebelumnya, Anda membuka aplikasi yang berat selama proses pemasangan aplikasi baru sedang berlangsung, atau Anda membuka banyak aplikasi yang lain daripada menunggu instalasi selesai. Akibatnya sistem HP pun tidak mampu menangani semua tugas tersebut. Untuk mengatasinya, cobalah lakukan restart HP dan instal aplikasi dari awal lagi.