Langkah-langkah Cara Membersihkan Kamera HP

HP yang Anda miliki harus dirawat sebaik mungkin agar performanya tetap terjaga. HP yang jarang mendapatkan perawatan lama-kelamaan akan bermasalah. Hal ini juga berlaku pada kamera yang tertanam di dalam HP tersebut. Anda harus merawat kamera HP secara berkala. Jika tidak, maka hasil jepretan kamera ini tidak akan maksimal. Gambarnya tampak buram meskipun cahayanya sudah pas. Penyebabnya tidak lain karena Anda terlalu malas untuk membersihkan kamera HP sehingga dipenuhi kotoran.

HP memang wajib dibersihkan secara rutin, termasuk pula bagian kameranya. Apalagi kinerja kamera HP tersebut sangat bergantung dengan kejernihan. Ada kotoran sedikit saja di depannya, maka hasil fotonya akan tampak jelek sebab partikel-partikel kotoran tadi juga akan turut tertangkap kamera. Namun Anda tidak perlu khawatir karena masalah ini gampang diatasi cukup dengan membersihkannya saja. Proses pembersihan sangat efektif menghilangkan debu dan kotoran di kamera sehingga gambarnya menjadi jernih kembali.

cara-membersihkan-kamera-hp.jpg

Ada beberapa bahan pembersih yang dapat digunakan untuk membersihkan kamera HP, antara lain :

  1. Cairan Pembersih Kacamata

Untuk dapat membersihkan lensa kacamata, Anda membutuhkan cairan khusus. Nah, cairan inilah yang juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan lensa kamera HP. Anda hanya perlu meneteskan cairan tersebut sebanyak 2-3 tetes di selembar kertas tisu. Kemudian gunakan kertas tisu tadi dengan menggosokkannya ke permukaan kamera HP. Usapkan secara perlahan-lahan sampai seluruh kotorannya hilang.

  1. Cairan Pembersih Motor

Cairan yang biasa digunakan untuk membersihkan dan mengkilapkan bodi sepeda motor ternyata bagus juga loh dipakai untuk membuat kamera HP menjadi bersih. Cairan ini mampu mengangkat partikel kotoran dan noda membandel hingga tidak tersisa. Untuk menggunakannya, Anda tinggal meneteskan cairan ini ke kain microfiber yang lembab. Lalu gosokkan secara lembut pada permukaan lensa kamera HP.

  1. Pasta Gigi

Siapa sangka pasta gigi yang biasa kita gunakan untuk merawat gigi juga bisa dipakai untuk membersihkan kamera? Tetapi di sini Anda harus menggunakan pasta gigi yang berbentuk pasta berwarna putih, bukan yang gel. Anda juga perlu menyiapkan cotton bud untuk meratakan pasta gigi nantinya. Caranya yaitu oleskan pasta gigi secukupnya ke permukaan kamera HP, kemudian ratakan menggunakan cotton bud sampai bersih.