Masalah-masalah Pada Layar HP Touchscreen dan Solusinya

Apa sajakah masalah yang dapat menimpa layar HP touchscreen? Sebagian besar produk telepon genggam zaman sekarang dilengkapi dengan layar yang berteknologi touchscreen. Ini artinya Anda cukup menyentuh layar ponsel tersebut beberapa kali untuk mengoperasikannya. Meskipun HP tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi pintar yang memungkinkannya bisa melakukan berbagai pekerjaan, tetapi masalah tidak dapat dihindari. Smartphone terutama juga bisa mengalami masalah pada bagian layarnya.

Adapun masalah-masalah yang sering menimpa layar HP Android akan kami jabarkan sebagai berikut lengkap dengan solusi untuk mengatasinya!

Masalah I : Touchscreen Tidak Berfungsi Sebagian

Artinya beberapa bagian layar HP tidak memberikan respons terhadap sentuhan yang kita berikan. Sementara bagian layar lainnya masih berfungsi normal. Sebelumnya kita perlu mencari tahu bagian layar mana saja yang tidak bisa memberikan tanggapan. Caranya dengan mengaktifkan Pointer Location pada bagian Developer Options terlebih dahulu. Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda kerjakan.

  1. Masuk ke menu Settings, lalu pilih About.
  2. Sentuh pilihan Build Number sebanyak 5 atau 7 kali tergantung merek HP Anda sampai muncul menu Developer Options.
  3. Masuk ke Developer Options, kemudian centang pada kolom Pointer Location untuk mengaktifkannya.
  4. Sentuhlah layar HP secara merata. Jika muncul garis artinya masih bekerja. Sedangkan bila layar tidak memunculkan garis berarti bagian tersebut error.
  5. Hal ini bisa disebabkan kasus dead pixel atau layar yang sudah tidak responsif.

masalah-layar-hp-solusinya.jpg

Masalah II : Touchscreen Bergerak Sendiri

Ada kalanya layar touchscreen bergerak sendiri. Layar tersebut membuka aplikasi-aplikasi dengan sendirinya tanpa kita sentuh. Ketika kita coba untuk menyentuhnya pun layar tidak memberikan respons. Penyebabnya bisa karena settingan tingkat sensitivitas layar yang tidak tepat, layar yang sudah tidak responsif terhadap sentuhan, atau kerusakan pada hardware layar itu sendiri. Anda bisa mencoba memperbaikinya dengan melakukan kalibrasi.

  1. Masuk ke menu Settings, lalu pilih Calibration. Posisi menu ini berbeda-beda tiap HP dan sering kali tersembunyi. Anda harus bisa menemukannya.
  2. Setelah pilihan Calibration berhasil Anda temukan silakan klik pilihan Calibration tersebut. Seketika layar pun akan berubah warna menjadi putih semuanya. Kemudian akan muncul notifikasi yang berbunyi, “klik salah satu layar untuk mengatur kalibrasi”.
  3. Anda bisa menyentuh layar HP tepat di titik kalibrasi hingga muncul notifikasi selanjutnya. Silakan ikuti seluruh notifikasi yang muncul hingga proses selesai.

Masalah III : Layar HP Ngeblank Berwarna Putih

Blank screen merupakan kondisi di mana layar HP hanya menampilkan warna putih saja. Sebelum masalah ini benar-benar terjadi, gejala awalnya biasanya yaitu warna layar HP yang tiba-tiba memudar, layar tidak bisa merespons sama sekali, hingga akhirnya ngeblank. Ini merupakan kasus yang sering terjadi, khususnya pada produk smartphone lokal. Anda tidak perlu cemas sebab masih bisa mencoba memperbaikinya dengan solusi berikut ini.

  1. Matikan HP Anda secara paksa cukup dengan melepas baterainya.
  2. Khusus untuk HP dengan baterai non-removable, Anda terpaksa harus menunggu HP mati sendiri saat daya listrik di dalam baterainya sudah habis.
  3. Silakan ganti baterai Anda dengan baterai baru jika memungkinkan.
  4. Lakukan pengisian ulang daya baterai sampai terisi penuh.
  5. Coba nyalakan kembali HP tersebut menggunakan kartu SIM yang berbeda.

Masalah IV : Sentuhan Touchscreen Meleset

Pernahkah Anda mencoba menyentuh tombol tertentu di layar HP, tetapi malah tombol di sekitarnya yang justru tersentuh? Artinya sentuhan pada ponsel Anda sudah tidak tepat alias meleset. Beberapa pengguna HP touchscreen bahkan melaporkan terjadinya kesalahan sentuhan yang cukup jauh dan sering melompat. Lantas, bagaimanakah cara memperbaiki masalah ini agar HP Anda menjadi normal kembali?

  1. Anda bisa mencoba mengganti baterainya karena kemungkinan besar telah rusak.
  2. Anda juga bisa mencoba mengganti charger yang digunakan. Masalah ini kerap disebabkan oleh charger yang rusak, khususnya bila masalah hanya terjadi saat HP sedang diisi ulang baterainya.
  3. Anda mungkin terlalu lama menggunakan HP tersebut sehingga mengakibatkan kondisi layarnya terlalu panas dan bermasalah. Coba istirahatkan sejenak.
  4. Bersihkan pelindung layar HP yang mungkin kotor sehingga mengakibatkan tangkapan sentuhannya meleset.
  5. Tutup aplikasi-aplikasi yang sedang tidak digunakan untuk mengurangi beban kerja prosesor dan RAM.
  6. Coba upgrade ROM Anda ke versi yang terbaru untuk mengatasi bug yang mungkin terjadi.

Masalah V : Touchscreen Sama Sekali Tidak Merespons

Kerusakan layar yang fatal mengakibatkan touchscreen sama sekali tidak memberikan respons terhadap sentuhan yang Anda berikan. Paling parah kondisi ini bisa ditimbulkan akibat hardware layar yang sudah rusak. Namun masalah ini juga sering disebabkan akibat sistem yang bermasalah. Jadi untuk mengatasinya Anda bisa melakukan factory reset terlebih dahulu. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Matikan HP Anda terlebih dahulu.
  2. Tekan tombol home dan tombol volume secara bersama-sama hingga muncul layar pengaturan dengan latar berwarna hitam.
  3. Arahkan kursor ke pilihan wipe data atau factory reset dengan menekan tombol volume up atau volume down.
  4. Setelah kursor berada di pilihan wipe data/factory reset, silakan tekan tombol home untuk mengeksekusinya.
  5. Pilih Yes, delete all user dan biarkan proses ini berlangsung sampai selesai.