Mengatasi File yang Tidak Bisa Dipindahkan ke SD Card

Handphone memang kini sudah berhasil berkembang dari sekadar telepon genggam sebagai alat komunikasi jarak jauh menjadi perangkat pintar serba bisa. Hampir semua pekerjaan bisa dilakukan menggunakan HP. Dari mulai menonton TV, membaca berita, mendengarkan radio, memotret foto, merekam video, bermain game, sampai memesan barang dari luar negeri pun dapat dikerjakan memakai perangkat telepon genggam ini.

Canggihnya HP zaman sekarang sudah sepatutnya didukung oleh kapasitas penyimpanan data yang besar. Untungnya selain memori internal, pengguna pun dapat menambahkan memori eksternal sesuka hatinya untuk meningkatkan kapasitas memori pada HP. Tapi kadang-kadang memori eksternal ini mengalami masalah yang membuat kinerjanya terganggu. Misalnya yaitu file yang tidak bisa dipindahkan ke memori eksternal tersebut.

Memori internal pada HP memang mempunyai kapasitas yang terbatas. Sayangnya Anda juga tidak bisa meningkatkan kapasitas memori tersebut. Anda hanya bisa menambah kapasitas memori pada HP dengan memasang memori eksternal. Keberadaan memori eksternal ini akan membantu memori internal dalam mencukupi kebutuhan tempat penyimpanan data pada HP. Anda pun bisa lebih leluasa dalam menyimpan data di dalam HP.

file-tidak-bisa-dipindah.jpg

Besarnya kapasitas penyimpanan yang dimiliki oleh memori eksternal membuat pengguna handphone lebih suka menyimpan data di memori ini daripada memori internal. Beberapa data yang telah terlanjur disimpan di dalam memori internal juga sengaja dipindahkan ke memori eksternal untuk membuat kapasitasnya lebih lega. Namun apa yang harus Anda lakukan jika suatu saat semua data di memori internal sama sekali tidak bisa dipindahkan ke memori eksternal?

Pastikan Kapasitas Memori Eksternal Masih Lapang

Memori eksternal berada di lokasi yang berbeda dengan memori internal. Sehingga pengguna HP bisa memeriksa kapasitas ruangan yang masih tersisa di dalam memori ini dengan mudah. Anda hanya perlu masuk ke menu settings, lalu pilih device maintenance. Pada kolom storage, Anda bisa menemukan informasi berapa kapasitas memori yang masih tersisa, baik device storage maupun SD card. Anda tentu tidak akan bisa memindahkan file ke SD Card kalau kapasitas memorinya sudah penuh.

Cobalah Lakukan Restart Pada Handphone Anda

Bukan tak mungkin Anda akan mengalami kegagalan dalam memindahkan file ke SD card saat kondisi HP sedang mengalami hang. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh banyaknya tugas yang harus dikerjakan oleh sistem pada suatu waktu sedangkan performanya terlalu lemah untuk melaksanakan semua tugas tersebut dengan cepat. Maka sistem pun akan mengalami hang atau diam tak merespons. Solusinya Anda bisa mencoba melakukan restart HP atau mematikan HP secara paksa lalu menyalakannya lagi.

Lepaskan SD Card dari Slotnya, Lalu Pasang Lagi

Ada kalanya suatu perangkat mengalami gagal dalam melaksanakan tugasnya dikarenakan oleh kesalahan pada hardware, tidak hanya disebabkan oleh sistem. Oleh sebab itu, Anda perlu mengecek kondisi fisik SD card. Bisa jadi posisinya berubah akibat slot yang sudah kendur atau Anda terlalu keras dalam menggerakkan HP. Akibatnya yaitu chip pada SD card pun tidak terbaca dengan baik oleh HP. Cobalah Anda padamkan HP, lalu lepaskan SD card dari slotnya. Bersihkan chip SD card ini memakai penghapus pensil, kemudian pasang seperti semula.

Lakukan Format Ulang Menggunakan Komputer

Gagalnya SD card dalam menyimpan file yang dipindahkan dari memori internal juga dapat disebabkan kondisi ruang penyimpanan datanya sudah acak-acakan. Kondisi ini umumnya dikarenakan Anda sudah terlalu lama menggunakan SD card tersebut. Data baru terus datang menggantikan data yang lama. Pada akhirnya ruang penyimpanan pun menjadi tak beraturan. Anda bisa mengatasi kondisi ini dengan melakukan proses formatting ulang menggunakan PC. Namun jangan lupa untuk melakukan backup data terlebih dahulu.