Mengatasi HP Banyak Iklan Pop Up yang Sangat Mengganggu

Jangan sampai kalah pintar dengan smartphone Anda ya! Smartphone masa kini memang sudah dibekali dengan teknologi yang sangat canggih sehingga mampu melakukan berbagai pekerjaan. Tidak cuma untuk menelepon saja, HP juga bisa digunakan untuk memutar film, menyetel musik, memainkan game, hingga berinternet ria. Sayangnya masalah HP kini juga semakin bertambah. Salah satunya yaitu kemunculan iklan yang sangat mengganggu.

Bagaimana tidak mengganggu? Iklan ini biasanya muncul secara mendadak. Saat Anda sedang asyik mengerjakan sesuatu di HP, tiba-tiba muncul iklan yang mengganggu entah dari mana datangnya. Apalagi jika iklan tersebut merupakan jenis iklan pop up atau iklan melayang yang menutupi seluruh layar ponsel, pasti Anda akan langsung merasa kesal dan marah sendiri. Anda tidak bisa meneruskan aktivitas karena layar ponsel tertutupi oleh iklan.

agar-hp-bebas-iklan.jpg

Kini Anda tidak perlu risau lagi sebab kami mempunyai trik-trik yang jitu untuk mengatasi iklan-iklan yang sangat mengganggu tersebut. Dijamin deh HP Anda bakal langsung bersih dan bebas dari iklan.

Matikan Sambungan Internet

Perlu Anda ketahui, iklan yang tiba-tiba muncul di HP bersumber dari internet. Iklan ini tayang atas permintaan kode berbahaya yang disisipkan secara sembunyi. Kode tersebut akan terus berusaha menghubungi server iklan. Nah saat sambungan internet menyala, kode ini berhasil tersambung dengan server. Sehingga server pun memberikan respons sesuai perintah kode yang diterimanya yaitu menampilkan iklan. Dari sinilah ikan yang tidak diinginkan bisa muncul di HP. Kalau Anda tidak mau ada iklan yang muncul, cukup matikan saja sambungan internet pada ponsel.

Masuklah ke Mode Aman

Anda bisa melakukan bersih-bersih perangkat ponsel secara berkala supaya bebas dari iklan. Proses ini sebaiknya dilaksanakan di dalam mode aman sehingga hasilnya pun memuaskan. Untuk dapat masuk ke mode aman, Anda bisa menyentuh opsi matikan perangkat (power off) dan menahannya beberapa saat. Lantas HP pun akan melakukan restart, kemudian secara otomatis akan menyala kembali dalam mode aman. Nampak di bagian bawah layar terdapat notifikasi mode aman/safe mode. Setelah itu, Anda bisa mulai membersihkan ponsel dari semua data yang mencurigakan.

Hapus Aplikasi Mencurigakan

Sebaiknya Anda hanya menginstal aplikasi resmi yang berasal dari Play Store atau App Store. Jangan pernah memasang aplikasi dari sumber lain meskipun katanya aplikasi terebut sama saja. Bukan tidak mungkin ada oknum yang telah menyisipkan kode berbahaya ke dalam aplikasi tersebut sehingga smartphone Anda akan banyak menampilkan iklan-iklan pop up yang mengganggu setelah menginstal aplikasi tadi. Jalan keluar satu-satunya yaitu Anda harus menghapus aplikasi mencurigakan tersebut beserta file cache yang telah dibuatnya.

Hentikan Notifikasi dari Situs

Bukan cuma aplikasi saja yang dapat menayangkan iklan, tetapi juga website pun bisa melakukannya. Memang benar kalau iklan tersebut merupakan sumber pendapatan pemilik website. Namun bila jumlah iklannya sangat banyak dan penempatannya tidak tepat, Anda sebagai pengguna akan merasa sangat terganggu. Cara menghentikan notifikasi dari situs yaitu melalui menu pengaturan yang ada di dalam browser. Anda bisa membuka aplikasi browser internet terlebih dahulu. Lalu masuk ke pilihan notifikasi. Geser opsinya ke mode off. Maka situs tersebut pun akan berhenti mengirimi Anda pemberitahuan lagi.

Lindungi Smartphone Anda

Sebenarnya Anda tidak usah menginstal aplikasi antivirus apapun ke dalam smartphone. Sebab Google sebagai pembuat sistem operasi Android sudah menyediakan fitur khusus untuk melindungi perangkat ponsel Anda. Namanya yaitu Play Protect. Fitur akan melindungi ponsel pintar Anda dari aplikasi-aplikasi yang bermasalah. Anda bisa mengaktifkan opsi pindai ancaman dan keamanan di perangkat pada menu Play Protect. Kalau mau mendapatkan perlindungan yang lebih maksimal lagi, Anda bisa memasang aplikasi yang berbasis anti-malware sehingga smartphone Anda akan terbebas dari iklan yang mengganggu.