Mengatasi Keyboard HP yang Lambat Respons

Kini HP telah berhasil menjelma menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia. Hal ini tampak dari ketergantungan kita pada HP. Setiap hari kita harus selalu membawa perangkat ini. Ponsel genggam ini mempermudah kita untuk terus berkomunikasi dengan orang lain yang posisinya terletak di tempat yang jauh. Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi yang tertanam di dalam HP semakin canggih. Bahkan HP pun sukses menjadi smartphone.

Smartphone berarti telepon pintar. Disebut demikian karena HP di zaman sekarang memiliki fungsi yang sangat banyak. Tidak hanya sebagai perangkat untuk berkomunikasi jarak jauh, tetapi HP juga bisa digunakan untuk keperluan lainnya. Contohnya menonton film, menyetel musik, bermain game, hingga bekerja. Kita bisa meneruskan pekerjaan yang belum selesai dikerjakan di komputer menggunakan HP melalui aplikasi yang terkait.

keyboard-hp-lama-respons.jpg

Namun meningkatnya kemampuan HP di sisi lain juga memberatkan kinerjanya. Kalau dulu, HP hanya sebatas untuk menelepon serta mengirim SMS dengan dukungan fitur berupa game, recorder, atau radio saja. Tetapi kini hampir semua pekerjaan yang berhubungan dengan dunia digital bisa dilakukan via HP. Pada akhirnya beban kerjanya pun meningkat. Jika tak diimbangi dengan hardware yang mumpuni, HP pun akan menjadi terseok-seok.

Salah satu dampaknya yaitu respons HP yang lambat daripada biasanya. Hal ini terlihat sekali pada saat Anda sedang mengetikkan suatu kata melalui keyboard, tetapi keyboard tersebut memberikan respons yang lambat. Huruf yang Anda ketikkan tidak langsung muncul, melainkan ada jeda beberapa mili detik. Bagi Anda yang membutuhkan kecepatan, tentu saja jeda tadi akan sangat mengganggu kenyamanan saat menggunakan HP.

Faktor-faktor yang dinilai menyebabkan keyboard HP lambat respons, antara lain :

  1. Isi pesan terlalu banyak, folder terlalu penuh, atau ukuran file yang terlampir terlalu besar.
  2. Kapasitas memori internal pada HP masih tersisa sedikit.
  3. Jumlah aplikasi yang berjalan di background terlalu banyak.
  4. Adanya aplikasi yang crash sehingga tidak berjalan sempurna.
  5. Aplikasi yang sedang digunakan mengalami error.

Lantas, bagaimana caranya mengatasi keyboard HP Android yang memberikan respons lambat?

  1. Bersihkan Cache secara Berkala

Cache merupakan file yang dihasilkan oleh sistem ketika Anda menjalankan suatu aplikasi. Cache akan mendukung kinerja aplikasi tersebut. Suatu aplikasi memang akan membuat file cache dalam jumlah yang sedikit. Namun lama-kelamaan, dari sedikit demi sedikit, jumlahnya akan menjadi banyak. Tugas Anda adalah membersihkan cache secara berkala agar cache tidak menumpuk menjadi sampah.

  1. Copot Aplikasi yang Tidak Penting

Di Play Store memang ada banyak sekali aplikasi yang bisa Anda instal di HP. Tetapi tidak semua aplikasi tersebut berguna bagi Anda. Pasanglah aplikasi secara bijaksana sesuai kebutuhan. Apabila Anda tak membuka suatu aplikasi lebih dari 30 hari, artinya Anda tidak membutuhkannya. Sebaiknya uninstall saja aplikasi tersebut. Aplikasi yang tidak penting atau aplikasi yang mempunyai fungsi mirip juga sebaiknya dicopot saja.

  1. Instal Keyboard Alternatif

Faktanya bukan hanya Anda seorang yang mengalami masalah keyboard yang lambat memberikan respons, tetapi ada banyak orang di luar sana yang mengalami masalah serupa. Kondisi ini lantas dimanfaatkan oleh para pengembang aplikasi Android untuk menciptakan keyboard yang dapat berjalan lebih ringan. Misalnya A.I. Type Keyboard. Silakan instal aplikasi ini untuk mengatasi masalah Anda.

  1. Hentikan Aplikasi yang Berat

Setiap aplikasi mempunyai kinerja yang berbeda-beda. Ada aplikasi yang terasa ringan sekali, sedang, hingga aplikasi yang sangat berat. Jika tidak benar-benar dibutuhkan, hentikan paksa saja aplikasi yang berat ini. Anda bisa memantau kinerja aplikasi yang telah terinstal di HP menggunakan Task Manager. Silakan hentikan paksa aplikasi yang memakai lebih dari 20 persen CPU agar tidak memberatkan.

  1. Reboot atau Restart HP

Bisa jadi HP yang keyboard-nya lambat sedang mengalami masalah pada bagian sistem internal. Ada begitu banyak perintah yang antre di dalam sistem dan harus dijalankan sesegera mungkin. Karena kemampuannya rendah, akhirnya sistem tersebut menjadi bingung sendiri untuk memutuskan mana perintah yang harus dikerjakan dulu. Pada akhirnya terjadilah error. Anda bisa mencoba restart/reboot HP guna mengatasinya.