Mengatasi Penyimpanan Tidak Memadai Saat Download Aplikasi

Apa gunanya mempunyai handphone yang pintar kalau HP tersebut tak bisa melakukan tugas yang Anda inginkan? HP di zaman sekarang memang memiliki kemampuan yang banyak sekali sehingga pantas disebut smartphone. Tidak hanya berfungsi sebagai telepon, namun HP juga memiliki kegunaan lain seperti perangkat multimedia, alat untuk menyelesaikan pekerjaan, hingga mengetahui kondisi di daerah tertentu. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya aplikasi yang bisa diinstal di dalamnya.

Ada berbagai aplikasi yang dapat dipasang di dalam handphone. Aplikasi-aplikasi ini tersedia secara gratis dan berbayar tergantung kebijakan pengembangnya. Bagi pengguna HP Android, Anda bisa mendownload aplikasi ini di Play Store. Sedangkan bagi pengguna HP dengan sistem operasi iOS, aplikasi-aplikasi ini dapat diunduh di Apple Store. Anda tinggal mencari nama aplikasi yang dimaksud, lalu menekan tombol install untuk memasangnya. Setelah menunggu beberapa saat, aplikasi tersebut pun berhasil dipasang di HP.

mengatasi-penyimpanan-tidak-memadai.jpg

Tapi kadang-kadang muncul pemberitahuan kalau Anda harus menghapus aplikasi yang lama terlebih dahulu sebelum dapat menginstal aplikasi yang baru. Mengapa notifikasi ini muncul? Berikut ini faktor-faktor yang menjadi penyebab utamanya, antara lain :

  1. Kapasitas memori internal sudah hampir penuh
  2. Kinerja memori RAM sudah terlalu sibuk
  3. Sistem tidak dapat menangani aplikasi baru

Anda tidak perlu khawatir karena masalah ini dapat diatasi dengan mudah. Berikut ini kiat-kiat yang bisa Anda coba untuk mengatasinya!

Kiat I. Pindahkan Aplikasi ke SD Card

Masalah ini biasanya terjadi karena memori internal sudah penuh. Tidak ada ruang kosong lagi di memori internal tersebut yang dapat menampung file-file aplikasi baru. Untungnya HP pada zaman sekarang tidak hanya memakai memori internal, tetapi juga memori eksternal berupa SD Card. Anda bisa mencoba memindahkan beberapa aplikasi yang telah terpasang ke SD Card agar kapasitas memori internal menjadi lapang kembali. Sayangnya tidak semua aplikasi dapat dipindahkan. Biasanya aplikasi bukan bawaan HP yang bisa dipindahkan ke SD Cad ini.

Kiat II. Hentikan Paksa Semua Aplikasi

Sistem handphone yang sudah terlalu sibuk dalam melayani perintah mengakibatkannya tidak mampu mendukung lagi aplikasi yang baru. Lalu lintas data di HP tersebut sudah terlalu penuh. Anda harus menghentikan beberapa aplikasi yang sedang tidak digunakan supaya RAM tetap dapat melayani lalu lintas data pada aplikasi baru. Bagaimana solusinya? Anda bisa menekan tombol Forced Close atau Hentikan Paksa di menu Pengaturan (Settings) Aplikasi. Kalau bisa, hentikan paksa saja semua aplikasi yang terinstal di HP, kecuali aplikasi sistem.

Kiat III. Hapus Cache Beberapa Aplikasi

Memang masalah memori internal yang penuh ini dapat menyebabkan berbagai masalah yang sangat merepotkan. Dari mulai HP yang terasa lemot atau lamban, HP tiba-tiba restart, hingga Anda tidak bisa menginstal aplikasi yang baru. Untuk melapangkan kembali kapasitas memori internal, cobalah menghapus file-file cache yang dihasilkan oleh aplikasi di HP Anda. Beberapa file cache ini sama sekali tidak berguna dan hanya akan menjadi file sampah. Cara menghapus cache aplikasi yaitu pilih menu Pengaturan, lalu Aplikasi, klik aplikasi yang dimaksud, kemudian tekan tombol Hapus Cache.

Kiat IV. Hapus Aplikasi yang Tidak Perlu

HP yang menggunakan sistem operasi Android maupun iOS sudah dilengkapi dengan beberapa aplikasi bawaan yang bisa mendukung kinerjanya. Namun faktanya, tidak semua aplikasi ini bermanfaat bagi kita sebagai pengguna HP. Bahkan tidak sedikit aplikasi bawaan ini yang tidak pernah dibuka sama sekali karena memang tidak ada fungsinya. Sebaiknya Anda hapus saja aplikasi-aplikasi yang memang tidak diperlukan ini supaya tidak memenuhi memori internal. Dengan dihapusnya aplikasi-aplikasi sampah ini, maka ruang memori internal pun menjadi lapang lagi. Solusi ini lebih bijaksana daripada menghapus aplikasi yang penting.

Kiat V. Instal Aplikasi Versi Lite

Pengembang aplikasi biasanya sudah paham kalau tidak semua calon pengguna aplikasinya mempunyai smartphone dengan spesifikasi yang tinggi. Mereka sudah mengerti betul jika banyak calon penggunanya yang menggunakan ponsel dengan kemampuan yang terbatas. Itu sebabnya, beberapa developer menyediakan aplikasi khusus untuk HP dengan spesifikasi yang menengah ke bawah. Aplikasi ini biasa disebut sebagai versi lite. Aplikasi lite ini lebih ringan ketimbang aplikasi yang sesungguhnya karena memang fitur-fitur di dalamnya lebih sederhana.