Mengencangkan Karet Case HP yang Sudah Longgar, Kendor, dan Kembang

Smartphone merupakan perangkat yang sangat penting bagi kehidupan manusia sekarang. Maka tidak heran, semua orang kini mempunyai HP sendiri. Untuk melindungi smartphone Anda dari goresan, Anda bisa memasang casing tambahan. Casing ini bisa Anda pasang di bagian belakang HP. Sehingga pada saat ponsel terjatuh, casing ini akan melindungi perangkat dari risiko lecet atau rusak. Selain itu, casing juga mampu membuat smartphone lebih menarik berkat tampilan yang dimilikinya.

Menurut strukturnya, case HP dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu hardcase dan softcase. Kalau mau case HP yang empuk dan nyaman di genggaman tangan, Anda bisa memilih softcase. Softcase HP biasanya terbuat dari karet, silikon, atau plastik sehingga teksturnya begitu fleksibel. Softcase tersedia dengan beragam model dari yang biasa-biasa saja sampai model yang paling unik. Anda dapat membeli softcase ini dan merawatnya dengan baik.

cara-mengencangkan-case-hp.jpg

Namun bagaimana solusinya apabila case HP kita menjadi longgar, kendor, atau kembang sehingga tidak dapat terpasang sempurna degan smartphone?

Perlu Anda ketahui, kebanyakan produk softcase itu terbuat dari material TPU Rubber (Thermoplastic Polyurethane Elastomer Rubber). Sehingga fenomena casing ini melar merupakan fenomena yang wajar terjadi. Penyebabnya tidak lain karena level tensile strength dari case tersebut sudah berkurang banyak akibat terpapar oleh panas. TPU rubber pasti akan mengalami deformasi setelah terkena paparan panas dan friksi dalam waktu yang cukup lama.

Solusi yang paling mudah untuk mengatasi softcase HP dari karet yang telah longgar atau melar yaitu menggantinya dengan softcase yang baru. Karena pada dasarnya softcase tersebut telah rusak sehingga sudah waktunya bagi case HP ini untuk dimuseumkan. Anda bisa membeli softcase smartphone yang baru sebagai penggantinya. Kalau mau mendapatkan harga yang murah, belilah di marketplace dan sortir menurut harganya. Namun kalau mau softcase yang awet dan tidak mudah melar, beli saja produk buatan merek ternama.

Kalau mau repot sedikit, Anda bisa mencoba mengikuti kiat-kiat di bawah ini untuk mengembalikan tekstur softcase yang sudah terlanjur melar agar kembali seperti semula.

  1. Bersihkan softcase secara menyeluruh dari partikel-partikel kotoran yang menempel.
  2. Rendamlah softcase di air yang telah dicampur sabun cuci piring selama semalaman.
  3. Anda juga bisa merendam softcase di air yang telah diberi sitrun atau asam sitrat.
  4. Coba letakkan softcase yang bermasalah ke dalam freezer agar menjadi kaku kembali.
  5. Anda bisa membersihkan seluruh bagian softcase menggunakan minyak kayu putih.