Penyebab dan Solusi Bluetooth HP yang Tidak Bisa Menyala

Meskipun saat ini HP sudah memiliki fungsi yang sangat banyak, namun fitur bluetooth yang melengkapinya masih tetap dipertahankan. Bluetooth masih dibutuhkan oleh smartphone masa kini berkat peranannya yang penting. Bluetooth berfungsi sebagai media penghubung wireless. Jangkauannya sekitar 2-3 meter. Dengan memakai bluetooth, HP bisa tersambung dengan perangkat lainnya tanpa menggunakan kabel.

Cara mengaktifkan bluetooth itu mudah sekali. Anda tinggal masuk ke menu Settings, lalu pilih Connection. Geser tombol bluetooth ke posisi on sehingga fitur ini pun akan langsung menyala. Anda juga bisa mengaktifkan bluetooth dengan menekan simbol bluetooth yang ada di panel notifikasi. Sesaat setelah bluetooth HP Anda menyala, fitur ini akan langsung melakukan pencarian sinyal bluetooth dari perangkat lain yang ada di sekitarnya.

Namun suatu hari Anda dibuat terkejut dengan kinerja HP yang tiba-tiba tidak menjadi normal. Ketika Anda menekan tombol bluetooth bermaksud untuk menyalakannya, tetapi bluetooth tersebut tidak kunjung menyala. Anda sudah mencobanya beberapa kali, namun hasilnya tetap sama. Bluetooth HP Anda tetap mati, sama sekali tidak mau menyala. Kira-kira apa penyebab masalah tersebut ya?

  1. HP mengalami benturan benda-benda keras
  2. HP terjatuh dari tempat yang tinggi
  3. HP terkena air hingga mengakibatkan korsleting
  4. Cache pada bluetooth yang begitu banyak
  5. Bluetooth terlalu banyak menyimpan data
  6. Sistem bluetooth mengalami masalah/error
  7. Kondisi sistem HP yang masih terlalu sibuk

bluetooth-hp-tidak-menyala.jpg

Apabila fitur bluetooth di HP Anda tidak dapat dinyalakan, sebaiknya segera perbaiki masalah tersebut. Sebab Anda bakal sulit melakukan transfer data atau menghubungkan HP dengan speaker bluetooth jika fitur ini mati.

Solusi 1. Bersihkan Cache dan Data

Mari kita mulai dari solusi yang paling simpel terlebih dahulu. Bukan tidak mungkin penyebab bluetooth di HP tidak bisa menyala yaitu terlalu banyaknya file cache dan data tidak penting yang menumpuk di aplikasi bluetooth. Aplikasi selalu menghasilkan cache setiap kali bekerja. Sedangkan data-data sampah biasanya berupa data dari perangkat yang pernah tersambung dengan HP Anda melalui koneksi bluetooth. Anda bisa membersihkan kedua macam file tidak penting ini melalui menu pengaturan aplikasi.

Solusi 2. Instal Aplikasi Bluetooth Repair

Anda juga bisa mengatasi bluetooth yang bermasalah menggunakan aplikasi Android loh. Aplikasi yang berjenis bluetooth fix repair terbukti mampu memperbaiki error pada bluetooth dari segi sistemnya. Silakan Anda bisa mendownload aplikasi ini di Play Store secara gratis. Kemudian instal aplikasi bluetooth fix repair ini sampai selesai. Barulah kemudian Anda dapat menjalankannya. Berbagai masalah yang menimpa bluetooth dapat teratasi dengan aplikasi yang satu ini.

Solusi 3. Lakukan Reboot Smartphone

Kadang-kadang fitur bluetooth bisa tiba-tiba menghilang atau tidak dapat ditekan sama sekali. Anda tidak bisa mengaktifkan fitur tersebut. Penyebabnya bisa jadi sangat sepele, yakni sistem di HP yang terlalu sibuk. Saking sibuknya pekerjaan yang harus ditangani oleh sistem tersebut, fitur sederhana seperti bluetooth saja tidak mampu didukung dengan baik. Masalah ini sering menimpa smartphone yang memiliki RAM yang kecil. Cara memperbaikinya yaitu padamkan HP Anda, lalu cabut SIM Card, SD Card, dan baterainya. Tunggu sekitar 5-10 menit. Kemudian Anda bisa menyalakan HP kembali.

Solusi 4. Lakukan Factory Reset

Bluetooth HP juga bisa mengalami masalah akibat Anda salah dalam menyetel sistemnya. Hal ini mengakibatkan fungsi dari fitur bluetooth ini akan bentrok dengan sistem lainnya atau bahkan tidak mampu bekerja secara normal. Anda harus memperbaiki setelan yang salah. Tapi daripada pusing mencari-cari kesalahannya, lakukan saja factory reset terhadap HP tersebut. Proses ini akan membuat pengaturan HP Anda berubah menjadi kembali lagi seperti setelan awal HP yang baru. Jangan lupa untuk membuat backup data sebelum melakukan factory reset.

Solusi 5. Ganti Komponen IC Bluetooth

Pada kasus yang parah, bluetooth HP tidak bisa menyala akibat hardware yang mendukung fitur ini memang sudah rusak. Kerusakan tersebut biasanya menimpa bagian IC bluetooth yang memang berperan penuh dalam mendukung fungsi bluetooth di dalam smartphone. Bukan tidak mungkin IC ini sudah mengalami crash, error, korsleting, atau rusak. Sulit sekali bagi Anda untuk memperbaiki IC yang sudah bermasalah. Oleh sebab itu, Anda bisa melakukan penggantian IC bluetooth dengan melepaskan IC lama yang telah rusak untuk diganti dengan IC yang baru.