Penyebab HP Tiba-tiba Mati dan Hidup Sendiri

Apakah penyebab HP tiba-tiba mati dan hidup dengan sendirinya? Sebagai pengguna HP, Anda harus siap dengan segala kemungkinan buruk yang dapat menimpa ponsel tersebut. Tidak selamanya kondisi HP Anda akan baik-baik saja. Ada kalanya ponsel tadi juga akan mengalami masalah. Misalnya HP yang tiba-tiba mati dan hidup sendiri semaunya. Padahal Anda sama sekali tidak menekan tombol power ponsel. Lantas mengapa masalah ini bisa terjadi? Terus bagaimana pula cara mengatasinya?

Faktanya masalah HP yang bisa mati dan hidup dengan sendirinya tidak hanya menimpa Anda seorang. Sudah banyak pengguna ponsel lainnya yang mengalami kasus serupa seperti Anda. Ada kalanya HP tersebut tiba-tiba akan mati sendiri lalu menyala beberapa saat kemudian. Dengan kata lain, HP sering mengalami restart. Namun tidak sedikit pula pengguna HP lainnya yang mengalami kasus, di mana HP yang telah mati sendiri tadi tidak menyala lagi. Dia harus menekan tombol power agar HP dapat hidup kembali.

penyebab-hp-mati-dan-hidup.jpg

Setidaknya terdapat 3 faktor utama yang menyebabkan HP tiba-tiba mati dan hidup sendiri, di antaranya yaitu :

  1. Sistem Tidak Kompatibel dengan Hardware

Perusahaan HP terus melakukan pengembangan terhadap perangkat yang dibuatnya. Tidak hanya dari segi hardware saja, software ponsel pun terus dikembangkan supaya lebih baik lagi. Tujuannya tentu untuk membuat pengguna merasa semakin nyaman dan terlindungi privasinya. Namun harus Anda sadari bahwa software versi terbaru pasti membutuhkan dukungan hardware yang lebih canggih. Jika hardware di HP lama dipaksa menjalankan sistem versi terbaru, salah satu akibatnya ponsel akan bermasalah.

  1. Sisa Kapasitas Memori Tinggal Sedikit

Pada saat Anda ingin membeli ponsel baru, ada baiknya Anda memperhatikan info spesifikasinya dengan teliti. Baca baik-baik informasi tentang kapasitas memori dan RAM yang dimilikinya. Sebab hal ini akan berpengaruh besar terhadap performa HP Anda. Kapasitas memori yang lapang memungkinkan Anda bisa menginstal aplikasi serta menyimpan data yang banyak. Apabila ruang penyimpanan data yang tersisa tinggal sedikit, kinerja HP menjadi berat sehingga sering mengalami restart sendiri.

  1. Ada Salah Satu Aplikasi yang Crash

Apabila kejadian HP yang mati dan hidup sendiri hanya terjadi ketika Anda membuka suatu aplikasi, maka kemungkinan terbesarnya adalah aplikasi tersebut telah crash. Masalah yang terjadi bisa disebabkan adanya salah satu file aplikasi yang rusak, data menumpuk terlalu banyak, atau HP tidak bisa memproses perintah dari aplikasi ini. Anda bisa menghapus aplikasi tadi, kemudian menginstalnya kembali. Jika tetap crash, silakan instal versi yang lebih lama dari aplikasi tersebut.

SOLUSI

Di bawah ini solusi untuk mengatasi HP yang mengalami masalah mati dan hidup sendiri :

  1. Cobalah lepaskan kartu SIM, kartu memori eksternal, dan baterai HP. Tunggu selama 5 menit, lalu pasang kembali semuanya dan nyalakan ponsel.
  2. Bersihkan kapasitas memori internal HP dengan menghapus cache yang tersimpan di dalamnya secara berkala.
  3. Hapus aplikasi-aplikasi yang tidak penting, tidak bermanfaat, dan jarang digunakan agar kapasitas memori kembali lapang.
  4. Lakukan instalasi ulang pada sistem operasi HP Anda. Trik ini akan membuat kondisi ponsel Anda seperti baru pertama kali digunakan.
  5. Jika semua trik di atas sudah dilakukan tetapi HP tetap mati dan hidup sendiri, kemungkinan besar ada masalah yang menimpa bagian hardware-nya.