Penyebab Layar HP Berwarna Pelangi Apa Ya?

Teknologi HP berlayar sentuh (touch screen) mempermudah Anda dalam mengoperasikannya. Anda tidak perlu repot lagi saat ingin memberikan perintah kepada HP. Anda pun tidak perlu menekan tombol fisik pada keypad. Cukup dengan menyentuh layarnya, maka sistem HP akan memberikan respons sesuai dengan perintah yang Anda berikan. Mudah sekali dan praktis. Inilah kelebihan utama yang dimiliki oleh HP touch screen.

Akan tetapi layar pada ponsel touch screen juga kadang-kadang mengalami gejala error. Salah satunya yaitu timbulnya efek pelangi pada layar tersebut. Memang benar kalau efek pelangi ini tidak berpengaruh terhadap kinerja sensor layar HP dalam menangkap perintah dari sentuhan Anda. Layar tetap bisa bekerja secara normal. Tapi adanya efek pelangi ini akan mengganggu display yang ditampilkan oleh layar. Gambar menjadi tampak berantakan.

penyebab-layar-hp-pelangi.jpg

Mengapa sih layar HP Anda memunculkan efek pelangi? Apa kira-kira penyebab utamanya?

Baterai Sudah Kembung

Seiring dengan berjalannya waktu, kondisi HP akan menurun sedikit demi sedikit. Begitu pula dengan baterai yang melengkapinya. Tanda kalau baterai sudah rusak yaitu baterai tersebut membesar. Baterai kembung hingga seperti hamil. Tampak adanya pembesaran di bagian dalam HP yang disebabkan oleh kerusakan pada sel-sel elektrolitnya. Baterai yang kembung menyebabkan layar terdorong ke depan.

Tempered Glass Terlalu Rapat

Pengguna HP biasanya akan memasang tempered glass tambahan apabila handphone yang dimilikinya belum dilindungi oleh tempered glass. Harganya memang murah, tapi fungsinya begitu penting untuk melindungi layar HP agar tidak mudah rusak. Usahakan Anda membeli tempered glass yang sesuai dengan ukuran layar. Sebab kalau terlalu kecil, maka ikatannya menjadi kekencangan sehingga menimbulkan warna pelangi.

Layar Terlalu Tipis

Rata-rata produk HP buatan merek tidak ternama menggunakan layar yang terlalu tipis untuk memangkas biaya produksinya. Dengan begini, maka produsen bisa menjualnya dengan harga yang lebih murah kepada konsumen. Sebagai konsumen yang telah terlanjur membeli HP tadi, Anda harus bersiap-siap menanggung risiko layar HP yang terlalu tipis. Salah satunya yaitu timbulnya warna pelangi di permukaannya.

Layar HP Berminyak

Efek pelangi yang muncul pada HP berlayar sentuh juga bisa ditimbulkan oleh masalah sepele. Contohnya yakni lapisan minyak yang menempel di permukaan layar HP. Lapisan minyak ini menyebabkan warna yang ditampilkan oleh layar HP mengalami pembiasan. Akibatnya timbul efek pelangi. Kondisi ini biasanya terjadi lantaran Anda menggunakan HP saat sedang makan. Solusinya cukup membersihkan layar tersebut saja.

Layar Rusak Sebagian

Anda harus waspada sebab timbulnya efek berwarna pelangi juga menjadi salah satu tanda kerusakan layar handphone. Layar tersebut mengalami kerusakan hanya di beberapa bagian. Berhubung rusaknya tidak terlalu parah, maka layar tidak mampu menampilkan warna dengan benar, terutama pada bagian layar yang sudah rusak. Sebenarnya Anda boleh menggunakan layar tersebut. Namun bila Anda merasa terganggu, sebaiknya lekas diganti.