Penyebab Layar HP Menjadi Berwarna Merah

Apakah penyebab layar HP menjadi berwarna merah? Anda pasti menyadari kalau HP sebagus apapun pasti akan mengalami kerusakan suatu hari nanti. Salah satu kerusakan yang paling tidak diinginkan oleh pengguna HP ialah layar ponselnya yang tiba-tiba berubah warna menjadi merah. Sebenarnya bukan merah secara keseluruhan, tetapi warna kemerah-merahan yang hanya ada di salah satu sudut layar HP. Kalau boleh memilih lebih baik kerusakan yang lain deh daripada layar HP menjadi merah seperti ini.

Apa sebabnya? Karena kerusakan semacam ini hampir tidak mungkin diatasi. Berubahnya layar HP menjadi berwarna kemerah-merahan termasuk kerusakan yang cukup fatal. Setidaknya Anda harus melakukan penggantian komponen untuk memperbaikinya. Bahkan tidak menutup kemungkinan kalau layar HP tersebut yang telah rusak sehingga praktis Anda wajib membeli layar ponsel baru yang harganya tentu tidak murah. Ada baiknya Anda segera melakukan langkah antisipasi ketika melihat HP menunjukkan gejala perubahan warna.

penyebab-layar-hp-berwarna-merah.jpg

Di bawah ini penyebab-penyebab layar HP menjadi berwarna merah :

  1. Kesalahan Pengaturan Tampilan

Smartphone model baru biasanya sudah dibekali dengan menu khusus agar pengguna bisa menentukan sendiri tampilan layar perangkat. Anda bisa mengatur komposisi antara warna merah, biru, dan hijau sesuka hati. Pilihan ini biasanya ada di bagian Display pada menu Settings. Untuk kasus yang Anda alami, bukan tidak mungkin ada orang iseng yang sengaja mengerjai Anda membuat tampilan layar HP berwarna merah. Cara mengatasinya yakni silakan atur kembali di bagian Color Temperature.

  1. IC Display sudah Rusak

Layar HP disokong oleh sebuah IC yang bertugas untuk menunjang kinerjanya. IC ini berperan penting dalam menentukan tampilan yang dihasilkan oleh layar tersebut. Beberapa fungsi dasarnya mengatur tingkat kecerahan layar, komposisi warna, ketajaman piksel, dan lain-lain. Jika HP Anda tiba-tiba menampilkan grafik berwarna kemerah-merahan, bisa jadi IC display ini mengalami kerusakan. Anda harus meminta bantuan teknisi HP untuk menggantinya.

  1. Layar itu Sendiri yang Rusak

Jangan salah sangka atau terbujuk rayuan gombal para produsen HP. Sebagus apapun merek HP yang Anda miliki saat ini, layarnya pasti bisa rusak. Penyebabnya sendiri bisa disebabkan oleh cacat bawaan produksi, kesalahan Anda saat menggunakannya, atau memang sudah masanya. Layar HP yang sudah rusak tidak mungkin bisa diperbaiki. Mau tidak mau Anda harus membeli produk layar HP baru untuk menggantikannya. Belilah layar LCD yang orisinal agar kualitasnya terjamin.