Saat Menelepon Tidak Ada Suara, Apa Penyebabnya?

Fungsi utama handphone adalah sebagai alat komunikasi jarak jauh. Kita bisa menghubungi seseorang yang berada di kejauhan menggunakan perangkat yang satu ini. Anda tidak perlu bertemu langsung untuk sekadar bercakap-cakap. Cukup gunakan saja telepon seluler ini. Maka Anda sudah dapat berkomunikasi dengan orang lain tanpa harus bertatap muka secara langsung. Sangat praktis, efisien, dan tidak memerlukan banyak biaya.

Namun apa jadinya kalau fungsi utama telepon tersebut justru tidak dapat berfungsi dengan baik? Misalnya saja Anda bisa menerima telepon dari orang lain. Akan tetapi, suara Anda sendiri tidak terdengar oleh lawan bicara Anda. Akibatnya yaitu Anda tidak bisa melakukan sambungan telepon dengan lancar. Anda bahkan sudah mencoba mematikan telepon tersebut lalu menyalakannya kembali, namun hasilnya masih sama saja.

telepon-tidak-ada-suara.jpg

Jangan langsung mengambil kesimpulan bahwa HP Anda sudah rusak. Pasalnya masalah ini juga dapat disebabkan oleh faktor-faktor yang lain. Di antaranya yaitu :

Kesalahan Sistem Operasi

Sama halnya seperti manusia, jika seseorang mendapatkan pekerjaan yang terlalu banyak, maka kemungkinan besar dia akan melakukan kesalahan. Begitu pula pada sistem operasi. Bila tugas yang harus dilaksanakan oleh sistem tersebut begitu banyak, akibatnya sistem pun harus bekerja keras untuk menyelesaikannya. Namun masalah akan terjadi kalau RAM dan memori internal tidak mampu menampung semua file perintah yang terbentuk. Dampaknya yaitu sistem akan mengalami error dan bekerja tidak sesuai semestinya.

Banyaknya Sampah di Aplikasi

Pada ponsel berbasis sistem operasi Android, setiap pekerjaan yang akan dilakukan oleh HP memiliki aplikasi tersendiri. Termasuk untuk keperluan menelepon pun sudah ada aplikasinya. Perlu Anda ketahui, smartphone akan menciptakan file cache setiap kali melakukan suatu pekerjaan. Jika jumlah file cache di aplikasi telepon sudah terlalu banyak hingga melebihi kapasitas memori yang dapat ditampungnya, maka fungsi telepon pun akan bermasalah. Anda harus menghapus file-file sampah tersebut dari aplikasi telepon.

Aplikasi Bawaan Rusak

Di atas sudah kami sebutkan bahwa smartphone sudah dilengkapi dengan aplikasi khusus untuk melaksanakan setiap tugas. Termasuk untuk urusan menelepon pun, HP Anda sudah dibekali dengan aplikasi telepon bawaan. Tapi kadang-kadang aplikasi telepon bawaan ini juga dapat mengalami masalah. Misalnya aplikasi tersebut sudah rusak atau ada file pendukungnya yang hilang. Hal ini mengakibatkan fungsinya tidak bisa berjalan dengan normal. Anda bisa mencoba mendownload aplikasi telepon lainnya di Play Store.

Kondisi Mikrofon Kotor

Jangan pernah memandang remeh partikel-partikel debu. Jika debu tersebut mengotori mikrofon hingga menutupi permukaannya, maka mikrofon HP Anda bisa kehilangan fungsinya. Suara Anda tidak dapat ditangkap oleh sistem handphone. Jadi wajar saja bila kemudian lawan bicara Anda di telepon sama sekali tidak bisa mendengar suara Anda. Oleh sebab itu, Anda harus rajin membersihkan HP, tidak hanya menggunakannya saja. Jangan lupa bersihkan pula bagian mikrofon HP tersebut.

Kerusakan Sistem Operasi

Kerusakan pada smartphone tidak hanya terjadi pada hardware saja, namun bagian software HP tersebut juga bisa mengalami kerusakan. Kerusakan pada software dapat mengakibatkan berbagai masalah serius yang berhubungan dengan fitur HP tersebut. Jika dilihat dengan mata, HP tampak normal-normal saja seperti tidak mengalami masalah. Padahal fungsinya seperti untuk menelepon pun tidak bekerja sebagaimana mestinya. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan melakukan reset ulang sistem operasi ke pengaturan awal.

Mikrofon Memang Sudah Rusak

Bukan tidak mungkin masalah tidak terdengarnya suara Anda saat menelepon disebabkan oleh kerusakan pada hardware. Tidak lain yaitu mikrofon HP tersebut memang sudah rusak. Jadi wajar saja apabila sistem HP sama sekali tidak mampu menangkap suara yang diterimanya. Untuk memastikannya, Anda bisa mencoba merekam suara memakai aplikasi Perekam Suara. Apakah suara Anda berhasil terekam atau tidak? Jika tidak, berarti memang mikrofon HP telah rusak. Anda harus mengganti mikrofon tersebut. Sebagai solusi awal, Anda bisa menggunakan earphone saat melakukan sambungan telepon.