Sebenarnya, Ini 4 Penyebab Suara Speaker HP Pecah Loh!

Handphone adalah perangkat elektronik yang sangat kompleks. Ada begitu banyak kemampuan yang dimiliki oleh HP. Fungsi-fungsi dasarnya pun banyak sekali. HP mampu menerima sekaligus mengeluarkan suara. Maka tak heran, selain dilengkapi dengan mikrofon, HP juga telah ditanami speaker yang berfungsi untuk menghasilkan suara. Data yang diolah oleh sistem operasi pada HP selanjutnya akan dikeluarkan dalam bentuk suara menggunakan speaker.

Dengan kemampuan yang dimilikinya tersebut, kita bisa mendengarkan suara dari HP. Misalnya yaitu suara dari percakapan telepon atau panggilan video. Tak lupa, kita juga bisa menyetel lagu atau memutar film di HP. Memang tak dapat disangkal kalau suara speaker HP yang jernih akan sangat nyaman untuk didengarkan. Apalagi saat kita menonton film, adegan pada film tersebut akan terasa lebih hidup manakala suara HP kita terdengar jernih dan menyerupai suara aslinya.

suara-speaker-hp-pecah.jpg

Kita hanya bisa menjaga agar suara HP senantiasa terdengar jernih. Akan tetapi, kita tidak dapat mencegah supaya speaker tersebut tidak mengalami kerusakan. Salah satu dampak rusaknya speaker HP yaitu suaranya menjadi pecah. Akibatnya adalah suara yang dikeluarkannya menjadi tidak jernih dan tidak jelas. Sebenarnya apa faktor-faktor yang menyebabkan speaker tersebut mengalami kerusakan sehingga suaranya tidak jernih lagi?

Penyebab 1. Kondisi Speaker yang Kotor

Meski ukurannya kecil sekali, ternyata partikel-partikel debu bisa mengganggu kinerja speaker HP loh. Suara yang dihasilkan oleh speaker tersebut akan berisik dan menjadi pecah apabila kondisinya kotor. Debu-debu ini akan mengganggu kinerja membran speaker, terutama saat membran tersebut bergerak. Semakin banyak jumlah partikel debu yang menempel, maka semakin pecah pula suara yang dihasilkan oleh speaker HP Anda. Tidak ada solusi lain untuk mengatasinya selain membuka casing HP, kemudian membersihkannya sampai tuntas.

Penyebab 2. Membran Speaker Sudah Robek

Membran merupakan bagian speaker yang memiliki peran sangat penting dalam mengelola kualitas suara. Bagian ini pula yang akan mempengaruhi tingkat bass dan trible suara yang dikeluarkan oleh speaker. Sehingga tak mengherankan jika membran tersebut robek, maka suara speaker pun tidak bagus lagi. Sekecil apapun ukuran lubang atau robek yang menimpa pada membran pasti akan mempengaruhi kualitas suaranya. Membran yang sudah terlanjur robek tidak dapat diperbaiki. Anda harus menggantinya.

Penyebab 3. Jalur Kelistrikan Speaker Longgar

Apabila listrik yang diterima oleh speaker tidak stabil, maka suara yang dihasilkannya pun tidak akan optimal. Suara speaker tersebut akan tersendat-sendat, berisik, atau pecah. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh handphone yang sering terbentur atau terjatuh. Sehingga mengakibatkan jalur kelistrikan yang menuju ke speaker tersebut menjadi bermasalah dan tidak normal. Anda bisa mencoba mengecek kondisi jalur ini untuk memastikan kondisinya, apakah normal atau ada bagian yang sudah terputus?

Penyebab 4. Kutub di Lilitan Coil Terlepas

Tidak sedikit kasus suara speaker yang pecah disebabkan oleh kutub di lilitan coil yang sudah terlepas atau longgar. Kondisi menyebabkan aliran arus listrik tidak dapat mengalir secara normal atau lancar. Dampaknya yaitu suara speaker HP kadang-kadang bagus, namun tidak jarang pula terdengar pecah. Solusi untuk mengatasi masalah ini yaitu bagian penutup/rumah speaker tersebut harus dibuka. Lalu cek aliran listriknya menggunakan multimeter. Perhatikan pula apakah ada bagian yang sudah longgar atau terlepas. Anda bisa merapatkannya dengan melakukan solder ulang.