Seribu Satu Cara agar HP Tidak Bisa Disadap

Saat ini marak dilakukan upaya penyadapan HP, baik untuk tujuan kebaikan maupun kejahatan. Ponsel dengan sistem operasi android memang bisa disadap. Proses penyadapan ini biasanya dilakukan melalui sambungan internet. Jadi selama HP tidak terhubung ke jaringan internet, seharusnya Anda tidak perlu takut disadap oleh orang lain. Namun tak menutup kemungkinan upaya penyadapan telepon dan SMS dilakukan melalui jaringan telepon oleh operator seluler dengan perintah dari instansi keamanan. Kalau untuk penyadapan tipe ini, kami tidak bisa memberitahukan cara menghalanginya.

Jadi sebelumnya kami ungkapkan terlebih dahulu bahwa trik menangkal penyadapan yang akan dibahas kali ini yaitu mencegah penyadapan HP yang dilakukan oleh orang-orang jahat untuk tujuan kejahatan. Upaya penyadapan HP memang tidak terlalu sulit. Trik yang paling mudah yaitu mendapatkan nomor HP target kita. Asalkan kita telah berhasil memegang nomor HP orang tersebut, walaupun sebentar saja, maka penyadapan bisa langsung dilasanakan. Tetapi kami tidak akan memberitahukan detail caranya menyadap HP. Justru topik yang akan dibahas ialah mencegah penyadapan tersebut.

agar-hp-tidak-disadap.jpg

Berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mencegah seseorang menyadap HP kita, antara lain :

Gunakan Nomor Khusus untuk Aktivasi

Smartphone saat ini tidak hanya dilengkapi dengan 1 slot tempat kartu SIM saja, melainkan ada 2-3 slot kartu SIM. Sehingga Anda pun dapat memiliki lebih dari satu nomor HP meskipun hanya menggunakan sebuah smartphone saja. Manfaatkan fitur HP ini dengan baik. Salah satunya yaitu menyediakan nomor khusus untuk keperluan aktivasi dan login berbagai akun sosial media Anda. Rahasiakan nomor ini dari orang lain. Pastikan hanya Anda saja yang mengetahuinya.

Jangan Pernah Meminjamkan HP

Bersikap baik memang sangat dianjurkan. Tetapi jangan sampai sikap baik Anda dimanfaatkan sebagai peluang untuk melakukan sesuatu yang buruk kepada Anda. HP pada dasarnya merupakan barang yang bersifat sangat privasi. Hanya Anda saja yang boleh menggunakan dan mengoperasikannya. Usahakan jangan pernah meminjamkan HP Anda ke orang lain untuk alasan apapun. Jika ada orang lain hendak meminjam HP tersebut, tolaklah secara halus. Kalau dia mengaku ingin meminjam HP untuk mengirim pesan ke orang lain, sebaiknya Anda sendiri yang mengetikkan pesan tersebut.

Pastikan Nomor HP Anda Cuma Ada Satu

Maksudnya di sini ialah Anda perlu memastikan nomor HP milik Anda hanya ada satu karu SIM saja yaitu kartu yang Anda gunakan sendiri. Tidak ada kartu lain yang mempunyai nomor yang sama seperti nomor HP Anda. Selain itu, tidak ada pula upaya penggandaan dari nomor HP Anda. Sebab jika nomor HP Anda digandakan, Anda pasti bakal disadap dengan mudah. Curigalah terhadap masuknya SMS notifikasi yang berisi tentang konfirmasi kode keamanan akun sosial media Anda atau pemberitahuan akun Anda telah login dari perangkat baru, sementara Anda tidak melakukannya. Anda dapat melakuan pengecekan di kantor layanan provider terdekat.

Update Aplikasi Chat di HP secara Rutin

Pengembang aplikasi akan menerbitkan versi terbaru dari aplikasi buatannya ketika ada pembaharuan mengenai fitur-fitur aplikasi tersebut. Selain itu, update juga biasanya dilakukan kalau ada bug di dalam aplikasi tersebut yang sudah berhasil ditangani. Jadi ketika ada pemberitahuan di HP Anda untuk segera melakukan update aplikasi sosial media, sebaiknya Anda segera melakukannya. Hindari terus memakai aplikasi yang lawas meskipun lebih ringan, sebab ada banyak celah keamanan yang dimilikinya. Dengan rutin melakukan update aplikasi, Anda bakal terhindari dari upaya nakal tukang penyadap HP.

Aktifkan Otentikasi Dua Tahap di Aplikasi

Kini sudah banyak pengembang aplikasi yang menyadari kalau password tidak cukup mampu melindungi akun penggunanya dari serangan penyadap. Lantas diluncurkanlah fitur otentikasi dua tahap apabila Anda ingin login ke dalam aplikasi tersebut. Otentikasi ini bekerja dengan dikirimnya kode oleh server ke nomor HP kita melalui SMS atau telepon. Kemudian kita tinggal memasukkan kode tersebut di kolom yang ada. Otentikasi model ini membuat akun Anda benar-benar aman. Sebab cuma Anda di sini yang memegang nomor HP sebagai kunci tahap kedua untuk mengonfirmasi login ke akun tersebut.