Solusi Memperbaiki Headset yang Rusak Sebelah

Setiap orang mempunyai gaya sendiri dalam mendengarkan lagu. Ada yang suka dengan musik yang bersuara keras. Sebagian lagi lebih suka alunan lagu yang mendayu-dayu. Ada pula yang lebih senang menikmati musik seorang diri. Dia bisa menghayati isi lagu jika mendengarkannya sendiri. Nah, headset sangat berguna bagi Anda yang memang ingin menikmati alunan musik seorang diri saja tanpa perlu khawatir bakal mengganggu orang lain di sekitar Anda.

Namun pengguna headset sering merasa kesal akibat perangkat yang dimilikinya tidak dapat berfungsi dengan baik. Headset tersebut hanya mau mengeluarkan suara dari speaker sebelah saja. Sedangkan speaker yang sebelahnya lagi sama sekali tidak bersuara. Apa sih masalahnya? Apakah headset Anda benar-benar rusak? Mau membuangnya pun Anda merasa sayang sebab harganya lumayan mahal. Kalau ada waktu luang, Anda bisa memperbaikinya.

memperbaiki-headset-rusak-sebelah.jpg

Kenyataannya rata-rata kerusakan pada headset disebabkan oleh masalah yang sangat sepele. Apakah itu? Tidak lain adalah kabel headset tersebut yang terputus di bagian tengah sehingga mengakibatkan aliran listrik tidak sampai ke bagian speaker. Putusnya kabel headset ini paling banyak terjadi akibat kesalahan pengguna itu sendiri. Pengguna menyimpan headset secara asal-asalan. Kabel tersebut dilipat begitu saja. Maka tak heran, kabel pun terputus.

Anda bisa mengikuti panduan di bawah ini untuk memperbaikinya!

  1. Pasanglah headset Anda pada ponsel. Kemudian coba mainkan musik agar suaranya keluar melalui speaker headset.
  2. Dengarkan suara musik menggunakan headset. Suara hanya terdengar dari salah satu speaker. Sedangkan speaker yang sebelahnya mati.
  3. Lepaskan bagian headset yang speaker-nya masih berbunyi. Jadi sekarang Anda hanya mengenakan bagian headset yang speaker-nya tidak berbunyi.
  4. Cobalah gerak-gerakkan kabel headset tersebut. Anda juga bisa menekuk, melipat, menarik, atau cara yang lain. Lakukan sampai headset tersebut kembali berbunyi.
  5. Jika setelah Anda mencoba langkah keempat di atas tiba-tiba headset mengeluarkan suara artinya kabel di dalamnya memang terputus.
  6. Tapi bila Anda sudah berusaha mencoba menggerak-gerakkan kabel beberapa kali dan headset tersebut tetap mati, berarti kondisinya memang sudah rusak.
  7. Lokasi tepat di mana ketika Anda menekuk, melipat, atau menarik kabel kemudian headset berbunyi adalah titik putusnya kabel headset. Anda bisa menandainya.
  8. Guntinglah kabel headset tepat di titik putusnya. Lalu gunting lagi masing-masing potongannya sepanjang 1-2 cm untuk menghilangkan bagian kabel yang terputus.
  9. Kupaslah masing-masing kabel ini. Lalu sambungkan sesuai dengan jalurnya. Bila perlu, perkuat ikatan sambungannya menggunakan solder.
  10. Setelah kabel sudah tersambung kembali dengan kuat, selanjutnya Anda bisa memasang selotip sebagai isolasi untuk melindunginya dari luar.

Seharusnya dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kini headset Anda akan bekerja secara normal kembali!